Promosi bisnis online adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan penjualan yang maksimal. Dikelola oleh banyak pebisnis Indonesia, mungkin anda salah satunya. Di antara sekian banyak layanan yang sering dipilih, pemasaran email adalah salah satu yang paling populer dan dianggap efisien.

Pemasaran email tidak hanya lebih hemat biaya, tetapi juga dapat mencapai tujuan yang lebih tepat dan ramah bisnis untuk memudahkan Anda mencapai angka penjualan.

Tapi, seperti produk promosi lainnya, Anda perlu melakukan pemasaran email yang benar dan sesuai dengan kepentingan bisnis. Ini memudahkan Anda untuk mencapai tujuan promosi bisnis Anda.

Pemasaran email harus menarik dan dapat menghasilkan penjualan di perusahaan. Karenanya, penting untuk mengambil langkah yang tepat.

Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diingat saat membuat pemasaran email:

1. Mulailah dengan kata “mengapa”

Mengapa mengirim email ini? Mengapa orang harus membaca email yang Anda kirim? Mengapa orang harus membeli produk Anda?

Pertanyaan seperti ini merupakan poin penting yang perlu dipahami sejak awal agar Anda bisa membuat email yang benar-benar menarik yang akan memberikan respon positif kepada penerimanya. Anda harus dapat menyampaikan kebutuhan dan keinginan penerima untuk membuka email dalam beberapa detik pertama setelah menerimanya.

2. Menyampaikan pesan dengan jelas dan sederhana

Pembaca tidak tertarik pada email yang panjang dan membosankan. Anda harus menghindarinya. Tulis email dengan pesan yang detail tapi juga menarik untuk dibaca. Komunikasikan poin-poin penting dengan jelas agar tujuan Anda bisa cepat tercapai.

Ini dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana, mis. Misalnya: menggunakan paragraf pendek, menggunakan kata kunci tebal, menggunakan gambar atau gambar pendukung, dll.

3. Gunakan frase aktif

Jangan gunakan bahasa pasif di email Anda karena akan mengurangi peluang Anda untuk sukses dalam pemasaran ini. Gunakan suara yang aktif dan mudah dipahami untuk membantu menyampaikan pesan. Hal ini memudahkan Anda membangun kepercayaan pembaca, termasuk respon yang lebih besar berupa pembelian dari mereka.

4. Gaya naratif

Berkomunikasi dengan hangat melalui email. Gunakan gaya naratif di email Anda seolah-olah Anda sedang berhadapan langsung dengan pembaca. Ini akan memudahkan Anda untuk memengaruhi pembaca Anda dan mendapatkan respons positif melalui email.

5. Jangan gunakan jargon

Bahasa bisnis tidak cocok untuk Anda mempromosikan pemasaran email termasuk berbagai istilah asing lainnya. Usahakan untuk selalu menggunakan kata-kata yang familiar dan mudah dipahami banyak orang agar pesan dapat tersampaikan dengan lebih mudah.

6. Buat desain yang menarik

Jangan lupa untuk membuat desain email semenarik mungkin tanpa kehilangan tampilan profesionalnya. Ini akan membuat tanggapan penerima lebih positif dan tertarik untuk membacanya secara mendetail.

Anda ingin belajar bisnis online khusus pemula? Jika iya, silahkan bisa kunjungi artikel belajar peluang bisnis online tanpa modal pada tautan tersebut.