Terlepas dari apakah Anda seorang ibu baru atau ibu yang berpengalaman dan berpengalaman, menyusui sering menimbulkan pertanyaan. Berikut adalah jawaban dari beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan oleh para ibu (baru atau veteran) pada diri mereka sendiri.

Bagaimana cara menyimpan ASI saya?

Anda dapat membekukan dan / atau mendinginkan susu yang diperah. Simpan dalam Botol Susu Terbaik bening dengan tutup ulir, gelas plastik keras dengan tutup yang rapat, atau dalam kantong untuk ASI (kantong khusus yang telah disterilisasi).

Sebaiknya beri label pada setiap wadah dengan tanggal ASI dikeluarkan (dan nama anak Anda jika susu akan ditinggalkan di tempat penitipan anak). Anda dapat menambahkan susu segar dan susu yang didinginkan ke susu yang sudah dibekukan, tetapi jangan menambahkan lebih dari yang sudah ada di dalam wadah. Misalnya, jika Anda memiliki dua ons susu beku, Anda dapat menambahkan hingga dua ons susu dingin lagi.

Berapa lama tepatnya saya bisa menyimpan ASI?

Untuk bayi cukup bulan yang sehat:

Anda dapat menyimpan susu pada suhu kamar:

selama 6 hingga 8 jam (suhu tidak boleh melebihi 77 ° F atau 25 ° C)

Anda dapat menyimpannya di lemari es:

hingga 5 hari pada 32–39 ° F (0–3,9 ° C)

Anda dapat menyimpannya dalam keadaan beku (pastikan ada jarak sekitar satu inci di bagian atas wadah atau botol untuk memungkinkan susu mengembang saat dibekukan):

hingga 2 minggu dalam freezer biasa (kompartemen freezer terletak di dalam kulkas)

selama 3 hingga 6 bulan dalam freezer yang berdiri sendiri dan terpasang di atas atau di samping lemari es, dan disimpan pada suhu 0 ° F (–18 ° C). Simpan susu di bagian belakang freezer, bukan di pintu

selama 6 hingga 12 bulan dalam freezer suhu rendah (selalu disimpan pada –4 ° F [–20 ° C])

Untuk mencairkan susu beku, Anda dapat memasukkannya ke dalam lemari es (membutuhkan waktu 24 jam untuk mencair), lalu panaskan dengan mengalirkan air hangat di atas tas atau wadah dan gunakan dalam waktu 24 jam. Jika Anda membutuhkannya segera, setelah mengeluarkannya dari freezer, tuangkan air hangat di atas wadah sampai susu berada pada suhu kamar. Jangan dibekukan kembali. Setelah bayi Anda mulai minum dari botol, Anda harus menggunakan susu dalam satu jam berikutnya.

Anda dapat membaca rekomendasi lain tentang berapa lama Anda dapat menyimpan ASI pada suhu kamar, di lemari es, dan di dalam freezer / freezer. Jika Anda memiliki keraguan atau pertanyaan, konsultasikan dengan dokter Anda.

Berapa banyak susu yang harus saya simpan di freezer?

Sementara beberapa wanita mungkin memilih untuk memeras susu dalam jumlah besar untuk dibekukan, ada baiknya untuk menyimpan 2-4 oz (59-118 ml) porsi ASI agar tidak terbuang sia-sia. Beri label pada botol, cangkir, atau tas dengan tanggal, lalu bekukan.

 

Anda juga dapat menempatkan susu dalam pendingin yang telah dicuci bersih dengan air panas. Bekukan susu sampai keras dan simpan dalam kantong freezer. Kemudian hitung jumlah kubus yang Anda butuhkan untuk mengisi botol.

ASI beku saya berubah warna. Tidak apa-apa?

ASI yang dibekukan atau didinginkan mungkin terlihat berbeda dari ASI segar, tetapi ini tidak berarti ASI tersebut rusak. Adalah normal jika ASI pada awalnya tampak berwarna oranye dan ASI matang tampak sedikit kebiruan, kuning, atau coklat saat didinginkan atau dibekukan. Selain itu, ada kemungkinan bahwa itu terpisah menjadi dua lapisan: yang lebih kental dan yang lebih ringan, lebih mirip dengan susu. Jika ini terjadi, cukup aduk perlahan untuk mencampurnya kembali.

Susu yang dicairkan mungkin memiliki bau atau rasa sabun karena pemisahan lemak dalam susu. Susu masih aman untuk diminum dan kebanyakan bayi tidak akan mempermasalahkannya. Jika bayi Anda tidak menyukainya, Anda bisa memanaskan susu hingga mendidih pertama (gelembung di sekitar tepinya) segera setelah diperas dan kemudian dengan cepat mendinginkan dan membekukannya. Ini membunuh enzim yang memecah lemak dalam susu.

Bagaimana cara membersihkan botol dan bagian pompa ASI?

Sebelum menggunakannya untuk pertama kali, cuci dan sterilkan puting, botol, dan bagian pompa payudara yang dapat dicuci (misalnya, bantalan payudara dan bagian lain yang bersentuhan dengan payudara atau susu Anda) dengan merebusnya selama 5 hingga 10 menit. Periksa instruksi pabrik untuk berapa lama merebus komponen.

Anda juga dapat mensterilkan komponen dengan pensteril microwave, tetapi merebusnya memiliki efek yang sama dan tidak memerlukan biaya. Selanjutnya dan setelah digunakan, cuci botol, dot, dan bagian pompa dengan air sabun (atau masukkan ke dalam mesin pencuci piring). Jika Anda tidak membersihkannya dengan benar, mereka dapat menularkan bakteri.