Cerita fabel begitu populer saat ini, dimana ini adalah sebuah cerita  yang sangat digemari oleh anak anak.  Cerita fabel dari sisi genre juga sangat banyak. Ada yang genre romantika, tragedi, sampai dengan lucu dan semuanya memiliki sisi kelebihan masing masing yang membuat pembacanya ketagian membaca cerita fabel ini.

Maka dalam hal ini buat adik adik yang ingin belajar dalam menulis sebuah fabel dan belum paham banget kami akan mencoba pandu trik dalam menulis fabel yang mudah dan berkualitas langsung saja yuk disimak.

  1. Pencarian judul

Ingat kalian harus menggunakan judul nama hewan entah itu hewan air, darat dan udara. Dimana semua hewan ini memiliki watak masing masing. Apakah kalian ingin menceritakan dengan watak aslinya juga bisa atau mengganti wataknya secara terbalik juga bisa karena ini ada dalam jenis jenis fabel yakni fabel alami dan adaptasi.

Misalkan kalian ingin menggunakan judul dengan patokan fabel adaptasi maka judul yang kira kira cocok adalah “ Si kera yang tidak bisa memanjat dan Si Ikan yang Pintar Berlari”. Kemudian kalau kalian menggunakan fabel alami  maka judul yang kira kira cocok misalkan “ Ikan Lumba Lumba yang Penyanyang dan Se Ekor Tikus yang Rakus.

  1. Tentukan ide cerita yang akan kalian angkat

Nah ini penting dalam sebuah fabel banyak sekali kemungkinan cerita cerita yang bisa kalian angkat berdasarkan jenis fabel.

Misalkan dari kisah kisah loka, kemudian tragedi, jenaka, koda dan non koda semuanya bisa kalian pilih. Ide cerita sendiri sangat mudah sekali kalian temukan dengan memposisikan diri kalian atau manusia dalam watak penokohan peran pemain fabel tersebut.

  1. Cari pesan moral

Kemudian pikirkan dengan ringkas kira kira dari cerita yang kalian susun tadi apakah pesan moral yang akan kalian slipkan. Dalam fabel ada dua model pesan moral apakah tersurat dengan jelas atau tersirat keduanya sama bagusnya namun bagi pemula kebanyakan menggunakan pesan moral tersurat sedangkan yang sudah ahli bisa keduanya.

Bagaimana ? dengan menggunakan tiga patokan ini sekarang kalian akan lebih mudah menulis cerita fabel sendiri. Selamat mencoba ya ?