Perawatan Wajah Pria – Untuk mendapat wajah yang cantik dan cerah alami, ternyata tidak harus selalu mengeluarkan biaya besar atau menggunakan berbagai brand yang sudah dikenal namanya. Bahkan kita bisa melakukannya di rumah dengan cara yang mudah. Untuk itu, di pembahasan kali ini, kita akan membahas beberapa tips merawat wajah tanpa harus datang ke salon kecantikan.

Merawat wajah memang diperlukan, selain agar wajah tetap cerah dan ternutrisi, berbagai masalah pada wajah yang kerap kita alami seperti jerawat, komedo, noda hitam, dan juga keriput dapat diatasi.
Tips Merawat Wajah dengan Cara Mudah
Dilansir dari website kesehatan , untuk mendapatkan kulit wajah yang terjaga kesehatannya, kita bisa melakukan beberapa hal, yaitu:
1. Pilih Jenis Sabun yang Sesuai Jenis Kulit
Kondisi wajah seseorang, pada dasarnya memang dipengaruhi beberapa hal, seperti usia, kondisi medis tertentu, faktor lingkungan, dan lain sebagainya, hingga akhirnya membentuk jenis atau karakter kulit wajah seperti kulit normal, berminyak, kering maupun kulit yang sensitif.

Karena keadaan yang satu dengan lainnya berbeda, maka sabun pencuci muka yang dibutuhkannya pun akan berbeda. Misalnya bagi pemilik kulit kering atau sensitif, bisa menggunakan sabun yang memang berbahan dasar kimia yang lembut, bisa melembabkan kulit, tanpa alkohol dan wewangian.

Untuk kulit berminyak, kita bisa menggunakan sabun pencuci yang berbahan dasar lembut dan tidak menyebabkan komedo, tanpa menambah kadar minyak yang ada pada wajah. Salah satu contohnya, bisa menggunakan sabun yang mengandung gliserin.
2. Cuci Muka dengan Rutin

Hal yang satu ini terdengar mudah dilakukan. Namun pada kenyataannya, butuh komitmen dan konsistensi yang baik. Rutin mencuci muka dengan sabun muka, menjadi tips merawat wajah yang utama. Kita sebaiknya mencuci muka minimal dua kali sehari. Pagi hari tentunya, dan malam hari sebelum tidur.

Mencuci muka di pagi hari bisa menghilangkan kotoran yang menempel di wajah ketika kita tidur. Sedangkan pada malam hari sebelum tidur, kita harus membersihkan wajah agar tidak ada sisa make up, debu jalanan, dan berbagai polusi lain yang mungkin saja menempel di wajah dan mampu menyebabkan masalah.

Kita bahkan disarankan untuk membersihkan wajah ketika telah selesai beraktivitas yang menyebabkan keringat, yang tujuannya untuk mengurangi terjadinya masalah pada kulit wajah seperti komedo maupun jerawat.
3. Pahami Cara Mencuci Muka yang Benar
Memilih sabun wajah yang cocok sudah, rutin mencuci muka juga sudah, maka tips selanjutnya adalah ketahui cara mencuci wajah yang benar itu seperti apa. Mengapa demikian? Agar kegiatan membersihkan muka ini menjadi efektif dan kemudian membawa dampak yang baik pula.

Caranya seperti ini: pertama, basuh wajah dengan air hangat, selanjutnya gunakan sabun wajah dengan cara memijat lembut secara melingkar dengan ujung jari, setelah itu kita bisa membilasnya dengan air dan mengeringkannya menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk wajah secara perlahan.