Tips Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Yang Menguntungkan – Bisnis Jual Beli Mobil Bekas sebenarnya sudah ada sejak lama, namun belakangan ini semakin banyak orang di Indonesia yang melakukannya. Salah satu penyebabnya mungkin karena pandemi Covid-19 yang semakin parah dan merusak kondisi keuangan banyak orang. Pemilik mobil yang ekonominya terpengaruh memilih menjual kendaraannya untuk menutupi berbagai kebutuhan pokok.

Sementara itu, masyarakat yang ekonominya tidak terlalu terpengaruh, memanfaatkan momen ini untuk membeli mobil dengan harga murah, baik untuk dipakai sendiri maupun untuk dijual kembali. Kondisi ini membuat banyak orang tertarik dengan bisnis Jual Beli Mobil Bekas. Namun, dibutuhkan modal material yang besar dan pengetahuan otomotif yang baik untuk memulai bisnis ini dengan lancar. Dibawah ini merupakan tips memulai bisnis jual beli mobil bekas yang menguntungkan.

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Yang Menguntungkan

Pilih Mobil Yang Disukai Pasar

Syarat pertama dan mungkin yang paling penting adalah memilih mobil bekas yang peminatnya banyak. Tentu ini penting, karena sebuah mobil bekas yang Anda beli akan dijual kembali. Cari mobil yang banyak digunakan orang, yang pembuatannya relatif baru, dan mobil yang suku cadangnya mudah ditemukan. Contohnya saja mobil Brio yang kini banyak dicari oleh banyak orang.

Karena Harga Brio Bekas relatif murah, maka banyak orang yang ingin membeli mobil ini. Selain itu, Brio juga sudah mengisi segmen urban car atau city car melalui Brio RS yang mempunyai tampilan lebih sporty. Baik mobil Brio RS maupun Satya mengusung sebuah mesin 1200 cc 4 silinder segaris SOHC dengan 88 tenaga kuda dan torsi puncak 110 Nm.

Semua tipe Honda Brio memakai sebuah mesin yang sama yaitu mesin 1.2 Liter SOHC 4 Silinder Inline dengan 16 katup dan dilengkapi dengan teknologi i-VTEC dan Drive By Wear. Perpaduan sebuah teknologi tersebut membuat konsumsi bahan bakar Honda Brio sangat irit, dan tenaga yang dikeluarkan cukup besar.

Dimana tenaganya mencapai 90 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan didukung torsi maksimal 110 Nm pada 4.800 rpm. Lalu ada juga teknologi PGM-FI untuk mengoptimalkan sistem pembakaran mesin. Berikut Daftar Harga Mobil Brio Bekas.

  • Honda Brio E 1.3 Matic 2012 Rp. 102.000.000
  • Honda Brio S 1.3 Matic 2012 Rp. 95.000.000
  • Honda Brio E 1.3 Manual 2012 Rp. 97.000.000
  • Honda Brio E Satya Manual 2013 Rp 100.000.000
  • Honda Brio Satya S Manual 2013 Rp 98.000.000
  • Honda Brio E 1.3 Matic 2013 Rp 110.000.000
  • Honda Brio Satya E Manual 2014 Rp 105.000.000
  • Honda Brio E Matic 2014 Rp 115.000.000

Perbaikan mobil

Memperbaiki mobil bekas yang baru saja Anda beli, berpotensi meningkatkan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Tentunya orang lebih tertarik untuk membeli mobil yang masih berfungsi dengan baik dan memiliki tampilan yang mulus. Periksa mesin mobil bekas yang ingin Anda beli untuk dijual kembali, perbaiki bagian body jika ada kerusakan, dan lakukan hal yang sama pada interior mobil. Dengan begitu, Anda bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi dari sebelumnya.

Cek kelengkapan suratnya

Sama seperti dua poin sebelumnya, pengecekan kelengkapan surat mobil bekas yang ingin dibeli untuk dijual kembali sangatlah penting. Calon pelanggan Anda tentu tidak akan tertarik dengan mobil yang tidak mempunyai dokumen lengkap. Jadi, pastikan surat STNK dan BPKB mobil bekas yang Anda jual tersedia.

Perluas jaringan

Dalam membangun bisnis apapun, jaringan merupakan hal yang sangat penting. Begitu juga pada saat Anda memulai bisnis jual beli mobil bekas. Selain menjaga jaringan yang sudah Anda miliki, Anda juga harus memperluas jaringan. Karena dalam membangun bisnis ini, kekuatan jaringan masih menjadi modal utama.

Perhatikan manajemen keuangan

Mengelola keuangan juga perlu diperhatikan untuk memulai bisnis jual beli mobil bekas. Tentukan modal awal Anda dan targetkan profit yang ingin Anda capai. Jika bisnis berjalan lancar, coba tingkatkan modal dan target keuntungan Anda. Dengan suatu pengelolaan keuangan yang baik, bisnis jual beli mobil bekas yang Anda geluti pasti akan berkembang dengan pesat.

Demikian ulasan tentang Tips Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Yang Menguntungkan semoga bermanfaat.