Terdapat berbagai macam sistem keamanan yang bisa Kamu pilih agar nyaman dan merasa tetap aman. Selain dengan bantuan satpam, penjaga keamanan dan lain sebagainya, memasang CCTV juga dapat menjadi pilihan yang sempurna. Terlebih bagi Kamu yang sedang banyak pengeluaran dan mengalokasikan keuangan ke hal lain, sehingga tidak bisa membayar jasa penjaga rumah Kamu bisa beralih dengan CCTV. Tapi, gimana cara pasang CCTV murah hingga cara mengontrolnya?

Zaman modern seperti sekarang ini tentu memunculkan banyak teknologi canggih sehingga orang lain dapat berpindah dari pekerjaan manual menjadi elektronik termasuk salah satunya penjagaan rumah. Selain dapat membantu Kamu memperhatikan setiap sudut rumah yang rawan, penggunaan CCTV juga banyak dipilih karena punya nilai positif lain yang bisa diperoleh. Ingin memasang CCTV tapi enggan membayar jasa teknisi? Tidak masalah!

Artikel kali ini akan memberikanmu tips memasang CCTV dengan mudah serta menentukan lokasi yang tepat agar CCTV dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Simak ulasannya berikut ini yuk!

Memperhatikan Budget

Hal pertama yang harus menjadi perhatian Kamu adalah budget. Jika memiliki budget yang cukup maka Kamu dapat memilih jenis kamera CCTV apa yang bisa Kamu pasang nantinya. Tipsnya, pisahkan budget pembelian CCTV dengan kebutuhan yang lainnya terlebih jika nantinya Kamu menargetkan membeli CCTV yang berspek tinggi.

Target Pengawasan

Setelah budget, Kamu harus menentukan target pengawasan CCTV yang nantinya akan Kamu pasang. Misalnya saja orang asing, bayi hingga lansia yang rentan akan pengawasan. Memasang CCTV ini tentu akan memudahkan pengawasan targetmu

Tentukan Lokasi Peletakan

Ketika sudah menentukan target yang akan diawasi, menentukan lokasi pemasangan CCTV menjadi perhatian berikutnya agar elektronik ini dapat bekerja dengan maksimal dan dapat memantau dengan sangat baik kedepannya. Pastikan juga agar pencahayaan yang diterima CCTV baik atau tidak backlight agar berfungsi dengan sangat baik.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Setelah itu, perhatian berikutnya tertuju ke arah kebutuhan Kamu. Jika telah menentukan target pengawasan dan lokasi peletakan, otomatis Kamu akan mengetahui berapa banyak CCTV yang Kamu butuhkan kedepannya. Hal ini sekaligus juga bisa membantu Kamu menentukan berapa banyak uang yang harus disiapkan untuk membeli CCTV

Pilih Jenis CCTV yang Tepat

Tahapan berikutnya ialah memilih jenis CCTV yang akan Kamu pasang apakah berjenis permanen maupun dapat dipindahkan ke beberapa tempat. Hal ini juga biasanya disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja untuk bayi, Kamu bisa memilih CCTV yang tidak permanen sehingga Kamu bisa menempatkannya di manapun sang bayi berada.

Perhatikan Spesifikasi Kamera

Sebelum memutuskan membeli sebuah CCTV, Kamu juga perlu memperhatikan spesifikasi kamera yang dimilikinya. Hal ini juga bisa dikaitkan dengan peletakan CCTV. Misalnya saja pada bagian depan rumah, sehingga Kamu perlu membeli CCTV yang resolusi gambarnya baik, dayanya tahan lama hingga menghasilkan rekaman yang baik.

Garansi CCTV

Tidak sedikit bukan dari Kamu yang memasang CCTV agar bisa mengawasi seluruh bagian rumah 24 penuh? Sehingga ada baiknya jika Kamu memeriksa terlebih dahulu apakah calon CCTV yang Kamu beli ini memiliki garansi atau tidak mengingat pekerjaan CCTV ini akan sangat berat sehingga hal ini akan membantu Kamu jika kemudian hari CCTV dilanda masalah.

Pelajari CCTV (Koneksi dan Power Source)

Tidak boleh terlewat! Kamu juga perlu mempelajari bagaimana cara CCTV yang akan Kamu beli ini bekerja. Hal yang menjadi perhatian utama adalah koneksi dan power source. Apakah kamera CCTV tersebut menggunakan jaringan WIFI atau tidak, sehingga hal ini akan berhubungan dengan jarak CCTV dengan power source agar bisa bekerja dengan maksimal. Dengan demikian, Kamu juga dirasa perlu tau cara pasang CCTV wifi hingga cara pasang CCTV online dengan benar

Tempat Penyimpanan Data

Hal lain yang perlu Kamu ketahui adalah tempat penyimpanan data CCTV. Ada CCTV yang bisa dipantau dari Handphone sehingga tempat penyimpanan datanya alias rekaman CCTV karena biasanya kamera CCTV dapat menyimpan rekaman selama 30 hari sebelum akhirnya nanti di hapus. Oleh karena itulah, Kamu perlu mempelajari bagaimana kerja penyimpanan data CCTV yang Kamu punya.

Mengamankan Jalur Kabel CCTV

Tidak hanya caranya bekerja, Kamu juga perlu memperhatikan dan mengamankan jalur kabel CCTV sehingga dapat meminimalisir kerusakan kabel akibat hewan yang menggigit kabel sehingga hal berbahaya seperti tegangan pendek arus listrik dapat diminimalisir.

Perawatan CCTV

Terakhir, setelah mengetahui berbagai macam informasi terkait spesifikasi, cara kerja, peletakan, garansi, koneksi hingga jalur kabel, Kamu juga perlu tahu bagaimana cara merawat CCTV dengan baik terlebih jika letaknya di luar ruangan yang bisa menyebabkan lensa kotor maupun pemantauan terhalang karena jaring laba-laba.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Kamu ikuti sebelum, saat hingga sesudah memasang CCTV di rumah. Pastikan untuk tidak melewatkan berbagai tips pentingnya. Ingatlah untuk tetap merawat CCTV terutama membersihkan lensa kamera agar tangkapan atau video yang direkam oleh CCTV tetap jernih dan menghasilkan rekaman yang bagus serta memuaskan. Mudah bukan? Kini, Kamu pun bisa memasang CCTV tanpa bantuan teknisi! Selamat mencoba.