Saat berada di kelas 12 SMA adalah waktu yang benar- benar perlu dipikirkan apakah akan lanjut kuliah atau tidak. Beberapa pasti membawa pilihannya masing-masing. bagi Anda yang berniat untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi pasti saja pilihan perguruan tinggi terfavorit adalah perguruan tinggi negeri terutama Universitas Indonesia. Bahkan sampai tersedia yang perlu berkenan turut les khusus sehingga dapat ikuti ujian seleksi bersama dengan baik dan lolos.

Khusus untuk Universitas Indonesia kesempatan terbesar untuk lolos berada di jalur review UI atau jalur mandiri. Tidak sedikit lembaga yang sediakan bimbel review ui garansi. Perguruan tinggi negeri sebenarnya terlalu diminati dikarenakan biayanya yang relatif terjangkau daripada swasta dan sistem pendidikannya bersama dengan reputasi baik.

 

namun tentu saja persaingannya akan sangat ketat. Berikut beberapa tips lolos perguruan tinggi negeri antara lain:

  • Rencanakan jauh-jauh hari 

keberhasilan tujuan tentu tidak bisa didapatkan dalam waktu yang singkat dan tanpa persiapan yang matang. Sebaiknya sejak SMA Anda sudah mempersiapkan tujuan masuk universitas misalnya jurusan apa dan perguruan tinggi apa yang dipilih. Sehingga Anda bisa fokus belajar. Jika Anda merasa kesulitan Anda bisa mengikuti bimbel masuk UI garansi.

  • Terus mengembangkan diri 

Jika Anda sudah menentukan jurusan  yang akan diambil, sambil menunggu waktunya Anda harus tetap terus mengembangkan kemampuan diri sehingga peluangnya akan semakin besar. selain mengikuti bimbel, Anda juga bisa mengikuti les privat yang pengajarnya adalah alumni dari universitas yang Anda minati. Sebab alumni tersebut akan lebih memahami seluk beluk perguruan tinggi yang pernah dialaminya.

  1. Terus update kondisi terkini 

Saat ini berbagai informasi dapat diketahui dengan mudah melalui internet. Maka jika Anda masih di bangku SMA manfaatkan waktu sebaik mungkin dalam mencari informasi seputar perguruan tinggi negeri. Biasanya dari tahun ke tahun jalur masuk atau pelaksanaan ujian akan selalu berubah.

  1. Siap strategi 

Strategi akan sangat berguna dalam mengalahkan lawan. Anda bisa menyiapkan strategi misalnya dari cara belajar dan jurusan yang dipilih. Misalnya saat mengerjakan soal sebaiknya kerjakan soal-soal yang dirasa mudah terlebih dahulu dan lanjutkan mengerjakan soal yang mempunyai nilai tinggi. Barulah terakhir kerjakan soal yang sulit atau dirasa membutuhkan waktu lama untuk mengerjakannya.

  1. Jangan menyerah 

Akan ada banyak sekali yang memperebutkan bangku perguruan tinggi, sehingga persaingannya akan semakin ketat. Bahkan akan ada banyak orang yang tersisihkan. Akan tetapi saat gagal sebaiknya jangan menyerah.