Desain kemasan terbaik tidak hanya sekedar menampung sebuah produk. Kemasan juga harus berhubungan dengan konsumen, memberikan informasi penting, dan masih banyak lagi

Setelah Anda melakukan segala daya Anda untuk menciptakan produk yang akan menyenangkan pelanggan Anda, hal terakhir yang Anda inginkan adalah produk itu tidak terlalu mencolok.

Di dunia modern, di mana ada banyak sekali produk yang bersaing untuk mendapatkan ruang rak, kemasan adalah bagian penting dari produk Anda seperti apa yang ada di dalamnya. Anda tidak ingin produk Anda tersesat di keramaian, karena desain kemasan yang salah. Itulah sebabnya kami membuat panduan desain kemasan ini untuk membantu Anda membuat kemasan yang layak untuk produk Anda.

Jika dilakukan dengan benar, pengemasan akan memikat pelanggan untuk memilih produk Anda dari rak. Ini menjadi tenaga penjual untuk produk.

  1. Desain Kemasan Terbaik Sesuai Merek

Kemasan yang bagus adalah bagian penting dari strategi merek Anda. Ini membantu produk Anda menonjol di rak, meningkatkan pengenalan merek, dan membuat pelanggan Anda bersemangat tentang apa yang ada di dalamnya.

Itu harus menceritakan kisah Anda dan memberi merek Anda narasi. Anda perlu menentukan gaya dan estetika branding secara keseluruhan sebelum merancang kemasan produk individual.

Beberapa elemen merek yang harus Anda pertimbangkan saat membuat desain kemasan adalah:

Warna : Warna apa yang Anda gunakan untuk logo, situs web, brosur, kartu nama, dll.? Coba gunakan palet warna yang konsisten ini untuk kemasannya.

Logo : Logo Anda harus ada pada kemasan, sehingga pelanggan dapat mengenali produk sebagai bagian dari merek Anda.

Font : Sudahkah Anda memilih font khusus untuk merek Anda? Jika tidak, font apa yang Anda pilih untuk situs web Anda? Ini harus konsisten pada semua yang Anda keluarkan, termasuk kemasan produk Anda.

Anda dapat membuat panduan desain kemasan yang dapat dikonsultasikan oleh desainer Anda untuk memastikan semuanya sesuai merek.

  1. Sesuaikan Kemasan dengan Target Pasar Anda

Anda mungkin dengan hati-hati merancang produk Anda untuk disesuaikan dengan target pasar tertentu, dan Anda harus melakukan hal yang sama dengan kemasan Anda.

Ini adalah bagian penting yang harus diperhatikan, termasuk model dan ukuran yang digunakan. Ada banyak model kemasan yang digunakan, salah satunya adalah plastik standing pouch, ini digunakan oleh untuk produk seperti makanan ringan dan sejenisnya.

Itu harus dibuat dengan mempertimbangkan selera, kebutuhan, dan preferensi konsumen. Desain kemasan terbaik mewakili apa yang ada di dalamnya dan sama menariknya dengan audiens target Anda seperti produk itu sendiri. Jika Anda menjanjikan sesuatu pada kemasan Anda, Anda harus dapat memenuhi apa yang Anda janjikan, atau Anda akan kehilangan pelanggan. Ungkapan pada kemasan harus menarik bagi audiens target Anda.

Sebelum berpikir dari sudut pandang seorang desainer, Anda harus mempertimbangkan apa yang akan menguntungkan pelanggan. Misalnya, jika Anda memiliki produk yang tidak langsung habis setelah dibuka, Anda harus mempertimbangkan untuk merancang kemasan yang dapat ditutup kembali agar produk tetap segar.

Ini mungkin akan membuat produk Anda lebih diminati. Jika Anda dapat membuat pengalaman unboxing produk Anda lebih menyenangkan atau mewah (tergantung pada branding Anda) untuk pelanggan Anda dengan beberapa detail kecil, itu akan membuat produk lebih berkesan.

  1. Buat Desain Kemasan Anda Menarik dan Menarik

Anda ingin produk Anda menonjol dari kemasannya. Bahkan jika tidak ada produk yang serupa dengan Anda di pasaran (beruntung!), Anda ingin produk Anda menarik perhatian. Bahkan setelah konsumen memilikinya di rumah, mereka akan lebih cenderung membicarakan produk Anda dan merekomendasikannya kepada orang lain jika tidak menyatu dengan latar belakang. Warna harus meningkatkan produk, bukan melawannya.

Tipografi harus khas tetapi dapat dibaca, dan sesuai dengan logo produk. Menggabungkan elemen desain yang tidak terduga akan membuat kemasan memiliki dampak visual. Tidak ada yang salah dengan melanggar aturan untuk membuat kemasan lebih unik, tetapi Anda harus berhati-hati saat melakukannya, beberapa aturan tidak dimaksudkan untuk dilanggar.

Desain dengan berbagai tujuan dalam pikiran. Kemasan Anda harus terlihat bagus di rak, dan juga fotogenik. Ini membuatnya terlihat bagus di Internet, dalam katalog, dan dalam pers. Gambar harus terlihat bagus di layar komputer dan perangkat seluler.

  1. Instruksi Harus Disertakan

Jika orang membutuhkan sedikit bantuan untuk menggunakan produk Anda dengan aman atau benar, itu harus ada di kemasan Anda. Bahkan jika Anda memiliki detail menyeluruh di dalamnya, berikan semacam petunjuk dasar pada kemasan eksterior.

Membuat produk tampak mudah digunakan atau disatukan mungkin penting karena orang menyukai kemudahan, dan ini dapat mendorong beberapa penjualan.

  1. Periksa Persyaratan Hukum

Anda harus memberi tahu orang-orang apa yang ada di dalam kemasan, dan jenis informasi yang Anda berikan bervariasi menurut jenis produk. Bergantung pada barangnya, informasi pada kemasan – dan bagaimana kata-kata dan formatnya – dapat diamanatkan oleh undang-undang. Bisa konsultasi dengan salah satu ahlinya di patenku.id

Periksa detail ini sebelum Anda menyelesaikan desain paket Anda untuk memastikan Anda memiliki semua informasi penting yang disertakan dengan cara yang tepat untuk pasar yang ditargetkan. Tidak memeriksa ini sebelumnya dapat menyebabkan pencetakan ulang yang mahal, denda, atau tuntutan hukum.