making biodiesel with ethanol review

Mengurangi Sisa Pokok KPR

Beban cicilan KPR dan beban bunga dapat diatasi dengan mengurangi sisa pokok. Caranya adalah dengan menambah simpanan tabungan Anda menjadi dua kali lipat. Jika biasanya Anda menyisihkan sepertiga dari penghasilan untuk membayar cicilan KPR, kali ini coba sisihkan dua per tiga untuk mengurangi sisa pokok KPR.

Namun, patut diingat bahwa ketika menerapkan hal ini Anda harus merelakan beberapa biaya hidup yang terpotong, seperti makan siang di luar, tabungan, serta investasi. Jika cara ini diterapkan secara rutin, maka cicilan KPR Anda akan lebih cepat lunas rumahimpian.id/.

Take Over (Pindah Tangan)

Cari bank lain yang menawarkan bunga lebih rendah atau sedang melakukan promosi potongan bunga. Hal ini biasa disebut sebagai take over. Dengan begini maka kita bisa mendapatkan pengurangan total hutang dan selisih bunga yang ditawarkan. Proses take over biasanya dikenai biaya dan Anda juga akan dikenakan penalti sebesar 1% dari sisa pokok.

Kombinasi Mengurangi Sisa Pokok dan Take Over

Pengurangan sisa pokok berimbas pada turunnya jumlah angsuran atau lebih cepatnya masa kredit. Sementara take over menjelaskan bahwa bila Anda cermat mengamati suku bunga KPR dan marjin banklain, Anda akan mendapatkan keuntungan dengan cara pindah tangan (take over). Jika kedua cara ini Anda gabungkan maka Anda akan mendapatkan keuntungan berupa Angsuran yang lebih ringan, masa kredit lebih cepat, serta beban bunga lebih kecil

Angsuran Ekstra

Anda bisa menghemat biaya yang harus dibayarkan di dalam angsuran bulanan serta mengurangi tenor kredit Anda dengan cara pembayaran angsuran ekstra. Angsuran ekstra mempunyai ketentuan baku. Misal, minimal angsuran adalah 5x cicilan bulanan dan dilakukan secara periodik,seperti 5 bulan sekali.

KPR Refinancing

Mengajukan perhitungan kembali harga jual rumah dan bunga pada bank yang sama. Dengan cara ini maka Anda bisa mendapat pengurangan utang KPR atau jika harga rumah sudah naik maka bisa mendapatkan dana tunai yang bisa digunakan sebagai modal usaha, biara renovasi rumah, dan lain sebagainya.