tanda tanda kanker usus

Tanda tanda kanker usus tidak mudah dikenali pada awalnya. Padahal ketika berada di stadium awal, prognosis atau potensi hidupnya di atas 80%. Mengutip dari laman deherba.com, berikut adalah sejumlah gejala dari penyakit kanker usus yang perlu Anda waspadai.

Memahami Penyakit Kanker Usus

Kanker usus adalah pembentukan sel kanker dari sel sel pada dinding usus halus. Kebanyakan kasus kanker usus berkaitan dengan tingginya kadar toksin yang mengendap pada usus. Bisa disebabnya oleh kebiasaan sembelit atau karena gangguan fungsi pencernaan yang berkelanjutan seperti efek peradangan karena infeksi Helicobacter pylori atau paparan enzim tertentu yang berlebihan.

Semua kondisi tersebut menyebabkan dinding usus dipenuhi endapan toksin. Dan setelah berjalan bertahun-tahun, toksin ini merusak dinding usus, menyebabkan polip dan kemudian berubah menjadi sel kanker.

Kanker usus bisa berbahaya karena menyebabkan fungsi penyerapan tubuh dan pembuangan toksin menurun drastis. Pasien bisa mengalami mal nutrisi dan kasus overtoksin akibat ini.

Tanda-tanda Kanker Usus Stadium Awal

Itu sebabnya penting untuk mengenali apa saja tanda tanda kanker usus sejak dini. Supaya pasien bisa memeriksakan diri lebih awal dan kanker terdiagnosa lebih cepat. Adapun tanda tanda kanker usus tersebut antara lain :

Nyeri pada perut

Seperti kebanyakan kasus kanker, kanker usus bisa menimbulkan keluhan inflamasi pada saluran usus. Sedang pembentukan massa kanker bisa memberi efek tekanan pada usus yang juga dapat memicu nyeri. Inilah yang kemudian menyebabkan pasien mengeluhkan rasa nyeri dan rasa tertekan pada perut. Biasanya rasa nyeri terpusat di tengah perut dan pada kondisi tertentu bisa memicu serangan kolik atau kram perut hebat.

Perut membengkak

Perut yang membusung bisa jadi merupakan gejala kanker usus. Meski tidak selamanya kasus perut yang membusung atau tampak bengkak adalah gejala kanker usus. Anda bisa waspada bila perut tampak buncit dengan bentuk tidak simetris, tampak membusung di sisi tengah dan terasa sedikit keras di saat ditekan.

Diare

Karena pasien mengalami kanker pada ususnya, maka keseimbangan biota dan enzim dalam usus akan terganggu. Ini akan menyebabkan pasien mengeluhkan masalah diare yang datang terus menerus.

Sembelit

Kadang pasien tidak mengalami diare, tetapi justru gejala kanker usus lain yakni keluhan sembelit. Gangguan inflamasi pada usus akibat perkembangan kanker akan menurunkan komposisi air dalam usus dan mengganggu proses cerna makanan. Makanan yang tidak tuntas dicerna dan kekurangan kadar air akan sulit dikeluarkan dan memicu masalah sembelit.

Perdarahan pada feses

Perdarahan pada anus dan feses adalah tanda tanda lain dari kanker usus. Hal ini biasanya memang terjadi bila usus mengalami peradangan baik karena infeksi atau perkembangan kanker. Tanda-tanda kanker usus stadium awal biasanya berupa perdarahan kecil yang larut pada feses. Jumlahnya tidak cukup banyak tetapi cukup sering terlihat. Ditandai dengan warna kemerahan atau jingga pada feses.

Perut kembung

Terbentuknya massa kanker pada usus menyebabkan gangguan pada fungsi pencernaan dan memicu pasien mengalami peningkatan kadar gas dalam perut. Inilah yang menyebabkan pasien kerap kembung. Biasanya gas juga bisa naik ke area eksofagus dan menyebabkan efek nafas tidak sedap dan mulut yang terasa pahit.

Kehilangan selera makan

Mulut yang terasa pahit, perut yang terus menerus terasa begah dan kembung, pencernaan yang berjalan tidak lancar dan gangguan enzim yang membuat Anda mudah mual adalah alasan pasien kanker usus akan kehilangan selera makan. Tanda tanda kanker usus ini dapat memicu pasien juga mulai mengalami penurunan berat badan.