Furnitur kayu terkenal dengan perawatannya yang mudah. Sayangnya bahan ini sering menjadi incaran koloni rayap. Apalagi jika kayu yang digunakan berkualitas buruk dan cenderung berlubang. Meskipun rayap tidak makan sepenuhnya, perangkat lebih rentan terhadap jamur karena lubang dan kelembapan.

Sebelum furnitur berlubang, bersihkan rayap dengan cara berikut. Tidak rumit, dan Anda bisa menggunakan banyak bahan di rumah!

1. Keringkan furnitur yang dikunyah di bawah sinar matahari langsung

Rayap juga tidak menyukai udara hangat dan cahaya terang. Saat cuaca panas, segera keringkan furnitur kayu dengan rayap di depan rumah. Jika malas mengangkat dan mengangkat, buka jendela atau pintu di sekitar furniture agar suhu luar yang hangat bisa masuk dengan normal.

2. Nyalakan AC dan setel dengan suhu rendah agar rayap langsung mati. Atau gunakan es batu

Rayap menyukai udara lembab, tetapi tidak terasa terlalu dingin. Coba nyalakan AC dengan suhu rendah atau letakkan es batu di area yang banyak rayap. Setelah beberapa saat, koloni rayap langsung mati.

3. Anda bisa membuat jebakan karton untuk mengelabui rayap

Cara ini bisa dilakukan jika Anda sudah mengetahui di mana rayap membuat sarangnya. Trik melembabkan karton dengan air adalah dengan meletakkannya di area sekitar sarang rayap. Biasanya rayap mengelilinginya karena suka memakan selulosa dalam kotak. Jika rayap sudah menumpuk, segera keluarkan kotak karton tersebut dan bakar agar rayap mati. Sedikit sadis ya ~

4. Buat semprotan rayap dari air yang biasa digunakan untuk mencuci beras

Jika ingin lebih efektif, Anda bisa mencampurkan air yang digunakan untuk mencuci beras dengan minyak tanah. Cukup semprotkan cairan ini ke furnitur yang terinfeksi. Memang tidak mati, tapi setelah beberapa saat rayap akan pergi.

5. Tidak hanya untuk berkumur, Anda juga bisa menggunakan air garam untuk mengusir rayap

Letakkan kapur barus pada furnitur yang dikelilingi rayap sebelum menyemprotkan air garam. Agar lebih efektif, gunakan semprotan air garam paling asin. Semakin asin, semakin cepat rayap melemah dan mati.

Padahal, selain menggerogoti kayu, rayap juga bisa menggerogoti barang lain seperti kertas dokumen bahkan uang. Untuk meminimalkan hal tersebut, bersihkan furnitur lebih teratur. Jika perlu, Anda juga bisa mengeringkannya agar tidak lembap dan menjadi incaran rayap.

Lagi butuh jasa anti rayap batam? Anda bisa gunakan layanan dari Fumida yang sudah trusted di berbagai kota besar Indonesia.