Pada masa ini dunia sudah mulai berkembang dengan cepat, tak terkecuali dunia pendidikan. Beberapa tahun terakhir, semenjak adanya wabah Covid-19 membuat dunia pendidikan menjadi berkembang, hal ini didukung juga oleh teknologi. Salah satunya adalah metode Blended Learning. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan sistem pembelajaran tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Metode Pembelajaran 

Metode pembelajaran ini adalah metode belajar yang cukup baru, dimana metode tersebut menggabungkan pembelajaran metode tatap muka atau luring dengan metode pembelajaran dalam jaringan atau daring. Kedua metode tersebut tentunya digabungkan menjadi satu untuk tujuan belajar yang inovatif dan untuk meningkatkan suatu mutu pendidikan dalam siswa.

Pembelajaran ini merupakan pembelajaran campuran dimana menggunakan beberapa media pada suatu kurikulum dan menggunakan kombinasi pembelajaran formal dan informal. Seperti contoh segala aktivitas belajar pada metode tatap muka atau secara dalam jaringan. Dan aktivitas belajar diluar ruangan seperti lapangan dan lainnya. Itulah pengertian dari metode belajar Blended Learning.

Bagaimana Tahapan Dalam Menerapkannya?

Tahapan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan adalah meninjau dalam pelaksanaan suatu metode tersebut seperti mengecek sarana dan prasarana. Sudah lengkap atau belum, jika dirasa belum lengkap maka pastikan fasilitas tersebut sudah tersedia. Hal ini perlu dan memang dibutuhkan dalam pelaksanaanya. 

Langkah kedua adalah merancang metode tersebut, dengan menentukan apa yang digunakan seperti penunjang pendidikan teknologi. Contohnya sebuah website atau aplikasi sebagai pelengkap metode tersebut. Hal ini tentunya penting dipersiapkan terlebih dahulu, agar siswa jika suatu saat tidak bisa pergi ke sekolah.

Langkah ketiga adalah memberi sosialisasi kepada para orang tua siswa. Sosialisasi tersebut dapat berupa suatu kebijakan yang harus diterapkan, karena biasanya masih banyak orang yang tidak begitu pengenal dengan pembelajaran Blended Learning ini. Persiapan ini tentunya tidak berlaku bagi para tenaga pendidik atau sekolah saja, melainkan para orang tua juga wajib untuk siap metode tersebut.

Manfaat Penerapan Metode Tersebut

Sekolah yang menerapkan pembelajaran dengan metode ini, para siswa dapat merubah waktunya menjadi fleksibel, dimana biasanya mewajibkan muridnya pergi ke sekolah maka hal ini tidak berlaku lagi. Kemudian, siswa menjadi terlatih akan teknologi karena pembelajaran ini menggunakan sistem dalam jaringan yang berbasis teknologi. Tidak hanya itu, minat belajar siswa juga akan meningkat. 

Dengan adanya kombinasi dua metode belajar tersebut, tentunya Anda para orang tua diharapkan dapat memilih dengan baik sekolah yang menerapkan metode tersebut. Salah satunya adalah Sekolah Murid Merdeka. Sekolah ini menerapkan sistem pembelajaran tersebut, dimana siswa dapat merasakan seperti apa pengalaman belajar dengan metode tersebut.