coworking space jakarta pusat

Banyak sekali orang beranggapan bahwa manager dan leader adalah sama. Pada umumnya, memang mereka serupa dalam hal teknis, namun bila dibedah lebih jauh, mereka memiliki perbedaan. Seorang manager di coworking space Jakarta memiliki fokus yang berbeda dengan mereka yang memiliki jabatan manager.

Hal yang sangat tersorot pada perbedaan keduanya adalah dalam hal pendekatan manajemen tim. Pada umumnya, manager berorientasi pada teknis kerja, sedangkan leader jauh lebih kompleks dan banyak yang perlu diperhatikan.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan di antara keduanya:

·       Seorang manager cenderung mengarahkan karyawan mereka dengan pekerjaan dan tugas guna mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Sedangkan, seorang leader cenderung memotivasi para karyawan untuk melakukan yang terbaik Sehingga dapat disimpulkan, bahwa karyawan mengikuti arahan dari manager mereka karena itulah hakikat. Perlakuan kepada leader akan berbeda dimana karyawan memiliki potensi lebih besar untuk mengikuti secara sukarela dan setia

·       Seorang manager memastikan bahwa sistem dan struktur yang telah tertata di coworking space Jakarta pusat diikuti dengan baik dalam proses mencapai tujuan. Sedangkan, seorang leader lebih menekankan kepercayaan dan pemberdayaan antar anggota. Seorang leader tidak terpaku dengan sistem yang sudah dibuat. Bila ada cara lain yang lebih mudah, maka akan ditempuh oleh mereka

·       Terkait dengan poin ke dua, manager sangat berhati – hati untuk meminimalisir resiko sekecil mungkin. Untuk leader adalah kebalikannya, dimana mereka berani mengambil resiko. Resiko disini bukan berarti melanggat peraturan, namun cendering memperluas sudut pandang guna menemukan potensi yang lebih besar.

·       Manager hanya berfokus pada tujuan yang sekarang saja, yakni berjangka pendek. Namun, seorang leader secara naluri melihat pandangan yang lebih jauh. Mereka sudah merancang rencana lain yang akan dilakukan setelah menyelesaikan tugas yang sekarang. Bahkan, ketika memimpin para anggota dalam menyelesaikan tugas tersebut, leader sudah menentukan cara terbaik yang saling berkesinambungan dengan tujuan berikutnya.

 

Secara garis besar, manager berfokus pada perencanaan, pengorganisasian, dan koordinasi sumber daya dalam mengerjakan sebuah target dan menyampaikan hasilnya. Seorang leader lebih cenderung pada hubungan yang terbentuk antar anggota dalam menyelesaikan suatu target. Mereka membentuk pribadi anggotanya sejalan dengan target yang hendak dicapai. Mereka juga secara konstan memberikan inspirasi, motivasi dan pengaruh yang baik. Bahkan, saat sedang menuntun target yang sekarang, leader sudah mengatur target yang lebih besar lagi.