main image

Lenovo telah menghadirkan laptop yang dibekali AMD Ryzen 3 yaitu Ryzen 3 3200U sehingga membuat kinerjanya tetap tangguh yang dibernama Lenovo Ideapad S340. Meski mengusung prosesor handal tetapi laptop Lenovo ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Prosesor tersebut memiliki kinerja tangguh serta tidak boros daya meski digunakan bermain game sekalipun. Meski bukan laptop gaming, namun dukungan dua channel membuat kinerja laptop gaming ini lebih maksimal dengan kartu grafis yang terintegrasi. 

Meski dibandrol dengan harga murah sekitar Rp. 6 jutaan, namun spesifikasi Lenovo Ideapad S340 tidaklah murahan. Laptop tipis ini memiliki berbagai teknologi canggih didalamnya. Lalu spesifikasi dan teknologi canggih yang dimiliki Lenovo Ideapad S340 itu seperti apa? 

  • Desain

Lenovo Ideapad S340 memiliki desain tipis dan ringan, serta bobotnya hanya 1,55 kg. Sosoknya sangat ringkas dengan ukuran dimensi 323,6 mm x 28 mm x 17,9 mm, sehingga nyaman saat dibawa berpergian. Penampilan laptop ini tampak cantik dengan warna Abyss Blue, serta logo Lenovo mungil di pinggiran cover atasnya. Menggunakan layar berukuran 14 inci dengan bezel yang sangat tipis dibagian sampingnya. Pada bingkas atasanya ada kamera yang memiliki shutter atau switch untuk menutup kamera. 

  • Grafis

Lenovo Ideapad S340 menggunakan satu kartu grafis yang terdeteksi, yaitu AMD Radeon Vega 3. Prosesor tersebut adalah solusi grafis yang terintegrasi dari AMD serta diluncurkan pada Februari 2018. Teknologi prosesor grafis tersebut menggunakan proses 14 nm serta dibangun berdasarkan arsitektur Raven Ridge. AMD Radeon Vega 3 telah mendukung penggunaan DirectX 12.00 serta memiliki fitur fitur hemat daya. Prosesor grafisnya mengkonsumsi daya yang tergolong rendah, sehingga sangat cocok diterapkan pada laptop yang tipis dan ringan. Saat digunakan untuk memainkan game Call of Duty 4, maka tampilan animasinya itu akan tampak sangat mulus dan lancar. Begitu juga saat digunakan untuk menyunting foto. 

  • Baterai Dan Konektivitas 

Adanya kombinasi prosesor AMD Ryzen 3 dan prosesor grafis AMD Radeon Vega 3 yang konsumsi dayanya rendah membuat Lenovo Ideapad S340 ini lebih awet baterainya. Kemampuan baterainya bisa bertahan hingga sekitar 7 jam dari kondisi penuh. Saat laptop dimatikan atau dalam kondisi shutdown, maka bisa cepat dinyalakan serta membuka aplikasi dengan kondisi sebelum dimatikan. 

Lenovo Ideapad S340 menyediakan port untuk konektivitas yang cukup lengkap. Dibagian kirinya ada port daya DC, port HDMI, port USB type-C, serta jack headphone atau mikrofon kombo. Beralih kekanan ada dua port USB 3.1 type-A serta satu slot SD card. Secara nirkabel, laptop ini mengandalkan koneksi berupa Wi-Fi 802.11 ac serta Bluetooth 4.2. 

Berdasarkan penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa Lenovo Ideapad S340 memiliki beberapa kelebihan seperti :

  • Laptop ini memiliki layar berukuran 14 inci dengan bezel tipis, sehingga membuat bodinya tampak ringkas. Dimensinya juga tipis serta bobotnya ringan. 
  • Laptop ini juga hemat daya karena menggunakan prosesor AMD Ryzen 3 dan prosesor grafis AMD Radeon Vega 3. Kinerja prosesornya mendapat dukungan RAM 8 GB dan media penyimpanan SSD 512 GB. Sehingga membuat proses yang berjalan pada laptop ini terasa mulus dan lancar. 
  • Laptop ini bisa memainkan game dengan cukup lancar dan grafisnya juga berjalan dengan mulus. Begitu juga saat digunakan untuk menyunting foto dan video.