Kini semakin banyak pilihan untuk notebook budget 4 jutaan. Salah satunya adalah HP 14S DK1524AU yang kini bahkan sudah turun harganya. Menariknya, laptop ini memiliki spesifikasi yang relatif kuat, termasuk SSD NVMe yang cepat dan berkapasitas tinggi.

penasaran? Baca lebih lanjut di bawah ini.

HP 14S DK1524AU: Apa yang kita ketahui sejauh ini

Dilansir dari sumber abduweb.com, Dukungan mobilitas laptop ini adalah salah satu yang terbaik, dan desainnya nyaman. Selain tampilannya yang tidak berat, bobot notebook ini hanya sekitar 1,47 kg. Jadi tidak apa-apa untuk mengeluarkannya, dan itu pasti tidak rumit.

Meski pilihan warna untuk laptop ini mungkin terbatas, logo HP yang muncul tentu memberikan kesan tersendiri. Sampel silver yang kami pakai sendiri, rasanya cukup elegan, hanya casingnya saja yang kurang bagus dan harus disesuaikan dengan budget.

Spesifikasi Inti

Spesifikasi inti yang menjadi magnet utama laptop ini adalah prosesor AMD Athlon Silver 3050u. Ini dianggap sebagai varian terendah dalam seri 14-an, tetapi itu masih sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Athlon Silver 3050u bisa dibilang salah satu CPU low-end paling kuat, bahkan lebih baik daripada Celeron N4020.

Fitur dual-core, dual-thread yang dibawa CPU ini mungkin terbatas pada pekerjaan biasa dan tidak terlalu menuntut, seperti pekerjaan kantor, browsing, menonton video atau game kasual atau esports. Kecepatan clock yang ditawarkan sebenarnya cukup tinggi, hingga 3.2Ghz, dengan cache L3 4MB. Tapi sekali lagi, jangan berharap lebih banyak kinerja multitasking, misalnya.

 

Namun, jenis CPU ini dapat memberikan efisiensi yang baik. Terlebih lagi, ini dibangun di atas node proses 14nm dan TDP default 15W. Oleh karena itu, konsumsi daya akan lebih rendah, membuat kinerja baterai lebih positif.

Hal yang menarik dari Athlon Silver 3050u adalah adanya GPU terintegrasi yang dibangun ke dalam CPU, yaitu Radeon Graphic. Anda dapat mengandalkan GPU untuk memuat dengan kinerja grafis yang layak, baik mengedit, video, atau bermain game ringan. Kartu grafis Radeon sendiri mengusung jumlah Core 2 dan frekuensi kartu grafis hingga 1100 Mhz. Meskipun bukan yang terbaik, GPU ini setidaknya jauh lebih nyaman daripada Intel.

Kami menguji sendiri dua game antara DOTA 2 dan CS: Go, dan kinerja grafis radeon pada 720p pada pengaturan rendah sebenarnya masih oke. Rata-rata fps adalah 34 dan 36 masing-masing. Tapi ini lagi-lagi dipengaruhi oleh RAM sistem. Performa akan lebih baik dengan saluran ganda, karena saluran tunggal 4GB default mungkin tidak terlalu menarik.

 

Memori default untuk laptop ini adalah 4GB DDR4 pada 2400 Mhz. RAM sistem bisa sangat terbatas, dan dapat menghabiskan cukup banyak kapasitas untuk sistem operasi saja. Tapi untungnya ada slot RAM ekstra, jadi bisa upgrade memori ke opsi yang lebih besar. Selain itu, kinerja iGPU juga akan bergantung pada memori sistem. Jadi kemampuan saluran ganda pasti mempengaruhi kinerja.

Sedangkan untuk storage, kehadiran NVMe SSD menjadi solusi terbaik untuk laptop ini dengan budget di bawah 5 jutaan. Baik itu transfer data atau loading aplikasi, performanya sangat cepat. 512GB juga banyak, dan kalaupun bisa, tidak perlu upgrade storage lagi. Ini berarti Anda dapat menambahkan SSD SATA 2,5″ ke laptop Anda dan Anda hanya perlu caddy untuk menginstalnya.

Meskipun kinerjanya mungkin bukan yang terbaik, namun masih lebih tinggi daripada SSD SATA rata-rata, dengan kecepatan baca berurutan hingga 898 MB/s dan kecepatan tulis hingga 809 MB/s.

konektivitas

 

Konektivitas dianggap lengkap, meskipun jumlah port USB terbatas pada total 3, di suatu tempat antara USB 3.0 dan USB Tipe C. Port HDMI dan LAN juga tersedia, termasuk jack audio kombo 3,5mm. Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan jaringan nirkabel menggunakan kombinasi WirelessRealtek RTL8821CE 802.11a/b/g/n/ac (1×1) Wi-Fi® dan Bluetooth® 4.2.

pameran

Monitor HP 14S DK1524AU sangat luas, berukuran 14″ Micro Edge, BrightView, 220 nits. Hanya resolusi yang dapat dibatasi oleh nilai HD (1366 x 768). Tetap saja, ini adalah nilai terbaik untuk uang, dan harganya lebih nyaman di saku Anda.

 

Nah, panel TN saat ini agak dibatasi oleh kualitas visual yang ditawarkannya, dan juga dari sudut pandang. Sehingga tanda minus bisa saja muncul di layar, apalagi saat menggunakannya di area yang lebih terang, Anda perlu mengatur posisinya terlebih dahulu. Tapi sekali lagi, harga yang ditawarkan pasti membutuhkan pengorbanan.

Hadiah tambahan

 

Audio dan webcam juga siap, meski bukan yang terbaik. Tapi kalau dilihat dari harganya, masuk akal. Faktanya, touchpadnya responsif dan mencakup keyboard ukuran penuh dan kemampuan lampu latar.

 

Dan jangan khawatir tentang kebutuhan OS, OS Windows 10 Home yang asli sudah selesai. Bahkan termasuk dalam Office 2019 Home Student Pack. Hanya aktivasi tambahan yang diperlukan.

kinerja baterai

Baterai laptop ini menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 3213 mAh. Meski kapasitasnya tergolong kecil, namun sebenarnya cukup bandel untuk dipakai santai.

 

Misalnya, kami mencoba menjelajah dan menonton video menggunakan kecerahan default, dan laptop bertahan hingga 7 jam 35 menit.

 

Sementara itu, untuk game atau aplikasi yang menuntut, turun menjadi 4 jam 52 menit. Bahkan masih memungkinkan, dan waktu pengisian cukup nyaman, hingga 1 jam 32 menit.

 

Laptop juga tetap aman, rata-rata hingga 72° saat bermain game atau memuat aplikasi yang cukup berat. Jadi jangan khawatir untuk menggunakannya dalam waktu yang lama, karena suhunya aman dan stabil. Juga tidak mempengaruhi kinerja.

Kesimpulannya

Jadi, apa yang Anda pikirkan sejauh ini? Kami pikir HP 14S DK1524AU adalah salah satu rekomendasi kami untuk laptop yang solid dengan anggaran di bawah $5 juta. Nilai harga sekitar 4,8 juta jelas merupakan area yang ramah anggaran, di sisi lain Anda memiliki spesifikasi yang cukup cepat seperti penyimpanan dengan SSD NVMe 512GB.

Performa CPU oke, meski bukan yang terbaik. Meskipun grafis akan dipengaruhi oleh RAM sistem. Jadi, langkah besar berikutnya saat membeli laptop ini adalah mengupgrade RAM.