Perlu anda ketahui bahwa Buku adalah sumber ilmu. Selain itu, ini merupakan yang sangat baik bagi anak-anak untuk membiasakan membaca buku sejak usia dini. Karena buku tidak hanya membekali anak dengan pengetahuan, tetapi juga memberikan pelajaran, hiburan dan menumbuhkan imajinasi. Oleh karena itu, di bawah ini kami telah memilih 15 buku untuk anak-anak untuk direkomendasikan kepada mereka untuk dibaca sebelum mereka memasuki usia remaja.

Rekomendasi Buku Untuk Anak

Pra-remaja merupakan masa dimana anak sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia remaja yang penuh dengan petualangan baru. Masa ini tidak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga penting untuk menentukan karakter anak ketika ia tumbuh dewasa.

Dengan membaca buku, ini bisa mengembangkan kebiasaan membaca sejak kecil juga akan menumbuhkan kemampuan mereka dalam menganalisis masalah.

  1. Little Prince

Buku “The Little Prince” ditulis oleh pilot Prancis Antoine de Saint-Exupery. Buku ini menceritakan kisah imajinatif Antoine yang jatuh saat menerbangkan pesawat sendirian dan terjebak di padang pasir. Tak disangka, di padang pasir, ia bertemu dengan seorang anak laki-laki yang mengaku tinggal di sebuah planet kecil.

Melalui buku ini, Antoine menceritakan tentang kesepian sang protagonis, pangeran kecil, dan usahanya untuk mencari teman. Kisah-kisah dalam buku ini akan mengajarkan anak-anak Anda untuk mandiri dan berani. Tersedia dalam bahasa Inggris dan Indonesia.

  1. Coraline

Novel Neil Gaiman “Coraline” menceritakan kisah seorang gadis muda yang terperangkap di dunia lain untuk menyelamatkan ayah, ibu, dan dirinya sendiri. Dia harus melawan serangga mengerikan dan hal-hal aneh lainnya untuk keluar dari tempat ini.

  1. Diary Of A Wimpy Kid

Ironisnya, Greg memiliki saudara yang sangat terkenal yang sering di-bully oleh saudaranya. Greg juga memiliki orang tua yang sangat baik, tetapi terkadang mereka tidak dapat memahami apa yang diinginkan anak-anak mereka.

“Little Kid’s Diary” seperti buku harian, merekam pengalaman sehari-hari Greg. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi. Sekalipun menggambarkan keluarga yang tidak sempurna, buku lucu ini akan membuat anak Anda tertawa.

  1. Matilda

“Matilda” Ludal adalah kisah klasik tentang keberanian seorang gadis muda. Berisi kisah Matilda berjuang untuk pergi ke sekolah, dan juga mengandung telepati, Matilda suka menggunakan kekuatan super untuk menyelamatkan yang lemah.

  1. Resep Membuat Jagat Raya

Puisi selalu identik dengan orang dewasa. Tapi bagaimana jika ada puisi yang ditujukan untuk anak-anak dan penulisnya juga anak-anak?

“Rahasia Menciptakan Alam Semesta” adalah kumpulan puisi yang ditulis oleh gadis 8 tahun Abinaya Ghina Jamela. Buku puisi ini akan membantu anak-anak Anda memahami bagaimana perasaan mereka tentang dunia di sekitar mereka.

  1. Aku Radio Bagi Mamaku

Naya, panggilan akrab Abinaya Ghina Jamela, tidak hanya menulis puisi, tetapi juga menulis cerita pendek. “Radio Ibu Saya” adalah kumpulan cerita pendek pertama yang diterbitkan pada tahun 2018.

Ini menceritakan kehidupan seorang karakter bernama Alinka, seorang gadis kecil yang masih duduk di kelas satu sekolah dasar.

  1. Aku, Meps, Dan Beps

Tampaknya tidak ada kekurangan penulis buku anak-anak di negara kita sendiri. Penulis buku anak-anak veteran Reda Gaudiamo telah menerbitkan ulang sebuah karya berjudul “Saya, Peta, dan Bip”.

Buku ini ditulis bersama putranya Soca Sobhita dan menceritakan kisah masa kecil Soca yang polos dan imajinatif. Buku ini disertai dengan ilustrasi Soca dan sangat cocok untuk dibaca bersama anak Anda. Penuh humor nakal khas anak-anak.

  1. Na Willa

Masih dari Reda Gaudiamo, buku rekomendasi selanjutnya adalah “Malvorlagen Ostern“, buku ini menceritakan tentang seorang gadis kecil bernama Na Willa yang tinggal di sebuah gang kecil di Surabaya. Ada cerita bahwa Navera berlari mengejar kereta dan pergi ke pasar bersama Mai. Ada juga cerita tentang Xiaona Vera yang memikirkan bagaimana orang bernyanyi dari radio.

  1. Pintu Harmonika

Buku anak-anak lain oleh penulis lokal. Piano pintu ditulis oleh Clara Ng dan Icha Rahmanti.

Dalam buku ini, terdapat sebuah tokoh bernama Rizal Lee yang merupakan mahasiswa populer, juga seorang blogger dan selebriti remaja. Juni adalah korban bullying, setelah menguasai seni bela diri, ia menjadi anggota geng yang suka menggertak teman sekelasnya. David adalah penggemar buku komik Detektif Conan. Dia adalah satu-satunya anak dari seorang ibu tunggal yang memiliki toko kue.

Mereka bertiga tinggal di mall sebelah. Mereka bertiga disatukan oleh sebuah tempat bernama surga, yaitu tempat bermain mereka. Suatu hari, datang berita bahwa tempat ini akan dijual oleh pemiliknya. Ketiga remaja itu kemudian menyusun berbagai strategi agar “surga” mereka tidak dikuasai orang lain.

  1. Good Night Stories

Rekomendasi buku berikut berisi kisah hidup para wanita hebat dari seluruh dunia. Berisi profil wanita hebat seperti Malala Yousafzai, Serena Williams dan Ratu Elizabeth I.

Sangat cocok untuk dibaca sebagai cerita pengantar tidur. Ajari para gadis bahwa mereka bisa menjadi siapa saja, termasuk wanita hebat dalam buku ini.

Itu diceritakan dalam bahasa anak-anak dan diilustrasikan. Buku ini ditulis oleh Elena Favili dan Francesca Cavallo, telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dan dapat dibeli di toko buku favorit Anda.

  1. Little Woman

Buku ini ditulis oleh Louisa May Alcott dan menceritakan kisah empat bersaudara yang semuanya perempuan. Mereka berasal dari keluarga sederhana dan berusaha keras untuk mewujudkan impian mereka.

Buku ini penuh dengan konflik dan kehangatan keluarga yang sering muncul dalam hubungan saudara kandung. Cocok dibaca untuk memahami hubungan antar anggota keluarga.

  1. Dua Garis Biru

Novel “Dua Garis Biru” diadaptasi dari skenario dengan judul yang sama yang disutradarai oleh Gina S. Knoll. Layaknya sebuah film, novel ini bercerita tentang sepasang remaja Bima dan Dara yang sedang dimabuk cinta.

Namun, ketika Dara tiba-tiba hamil di usia yang belum cukup umur, keduanya terjerumus ke dalam masalah yang sangat pelik. Kisah ini menceritakan kepada anak-anak bahwa setiap tindakan yang kita lakukan akan memiliki konsekuensi.