Bisnis di Bidang Pengelolaan Jasa Makanan memiliki prospek yang sangat menjanjikan karena terus tumbuh dan berkembang di era industri 4.0. Kebutuhan tenaga kerja dalam sektor bisnis jasa makanan yang ahli dan tersertifikasi juga mengalami peningkatan.

Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Jasa Makanan baik yang mengikuti kuliah online atau kuliah karyawan mampu menjawab kebutuhan tersebut dengan membekali lulusan dengan kompetensi yang komprehensif sehingga mampu mencetak lulusan yang unggul dan siap menghadapi persaingan di dunia kerja.

Tujuan Pendidikan

Tujuan dari pendidikan Program D4 Bisnis Jasa Makanan adalah sebagai berikut:

  1. Tercapainya lulusan yang baik, memiliki kompetensi unggul di bidang bisnis jasa makanan dan berkualitas global
  2. Tercapaianya peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang baik, memiliki kompetensi unggul dan berkualitas global
  3. Terlaksananya peran sivitas akademika dalam pengembangan dan penerapan inovasi di bidang bisnis jasa makanan yang memenuhi aspek kehalalan dan kesehatan.
  4. Tercapainya peningkatan hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang relevan dengan kebutuhan masyarakat lokal, nasional dan internasional di bidang bisnis jasa makanan
  5. Tercapainya hasil penelitian yang dapat disebarluaskan dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik di bidang bisnis jasa makanan.
  6. Tercapainya peningkatan dan penguatan kerjasama strategis antara akademisi, masyarakat, pemerintah, serta sektor industri di bidang jasa makanan baik nasional maupun internasional
  7. Terwujudnya bisnis jasa makanan yang memperhatikan aspek kehalalan dan kesehatan

 Kompetensi Lulusan

Kompetensi utama

  1. Mampu merancang strategi, kebijakan, dan model bisnis, struktur organisasi, SDM dan keuangan bisnis dalam menjalankan manajemen bisnis jasa makanan
  2. Mampu merancang macam-macam hidangan harian, buffet dan prasmanan,  memproduksi makanan, dan mengaplikasikan teknologi pengolahan makanan dengan mempertimbangkan aspek kesehatan dan kehalalan.
  3. Mampu mengelola usaha jasa makanan (produksi, pemasaran, sumber daya manusia, keuangan, dan strategi bisnis) di berbagai bisnis jasa makanan.
  4. Mampu menganalisis dan memecahkan masalah di bidang bisnis jasa makanan, baik dari sisi produksi, pengelolaan dan pemasarannya.
  5. Mampu menerapkan konsep mutu, kehalalan makanan serta penyajiannya

Kompetensi pendukung :

  1. Mempunyai kepribadian dan integritas terhadap kepentingan nasional, keterampilan akademik, jujur, bermoral, inovatif dan berjiwa mandiri.
  2. Mampu mengembangkan diri dan mampu berfikir secara logis dan analitis dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi di dunia kerja.
  3. Mampu bekerjasama dan menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja
  4. Mampu mengaplikasikan prinsip kewirausahaan dalam pengelolaan bisnis jasa makanan.

Profesi dan Karir Lulusan

1.            Juru Masak di Hotel, Restoran, Kafe

2.            Juru Fotografi Makanan

3.            Jurnalis Pangan

4.            Pemerhati Makanan

5.            Presenter Acara Demo Memasak

6.            Ahli Nutrisi

7.            Konsultan Restoran

8.            Ahli Coasting Makanan

9.            Kepala Dapur