Topik investasi saham saat ini sedang ramai diperbincangkan oleh berbagai kalangan. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat tertarik untuk berinvestasi pada alat-alat selain investasi tradisional, seperti emas dan real estate.

Tidak seperti investasi tradisional, investasi saham atau reksa dana membutuhkan perantara perusahaan sekuritas terbaik dalam proses perdagangannya. Nah, jika Anda tertarik untuk mulai berinvestasi saham atau investasi, silahkan tentukan dulu daftar perusahaan sekuritas terbaik yang bisa Anda pilih di masa depan.

Apa Itu Perusahaan Sekuritas?

Perusahaan efek adalah perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual beli saham (perdagangan saham), reksa dana, dan alat perdagangan efek pasar modal. Perusahaan efek harus mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelum melakukan kegiatan usaha.

Secara umum, perusahaan sekuritas memiliki tiga jenis kegiatan: manajer investasi, penjamin emisi, dan perantara pedagang efek. Secara umum, tugas perusahaan efek sebagai manajer investasi adalah mengelola portofolio investasi efek nasabah sesuai dengan perjanjian dan peraturan yang berlaku.

Kemudian peran perusahaan efek sebagai penjamin emisi adalah membantu perusahaan kuasi (emiten) dalam penawaran umum (IPO). Peran perantara perdagangan efek adalah melakukan perdagangan efek atau perdagangan efek yang dilakukan untuk kepentingan nasabah atau perusahaan.

8 Perusahaan sekuritas terbaik Indonesia

  1. Indo Premier Sekuritas

Kami kutip dari website nomercallcenter.com, Indo Premier Sekuritas adalah perusahaan sekuritas swasta yang menyediakan kegiatan perdagangan efek untuk individu dan perusahaan. Pada awal 2019, volume perdagangan obligasi mencapai 10 triliun dong, menjadikan Indo Premier sebagai perusahaan sekuritas teratas dalam persaingan pasar obligasi.

Kode perusahaan adalah PD, dan menyediakan berbagai produk dan layanan, termasuk investasi di saham, reksa dana, perbankan investasi perusahaan, perencanaan keuangan, penjualan dan perdagangan ekuitas, dan penjualan perusahaan dan perdagangan pendapatan tetap.

Beberapa keunggulan Indo Premier antara lain biaya pendaftaran awal serendah Rp100.000. Selain itu, tersedianya rekening dana investor (RDI) di beberapa bank besar, biaya perdagangan saham yang kompetitif, dan tersedianya aplikasi perdagangan efek bernama IPOT (Indo Premier Online Trading).

  1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Mirae Asset Sekuritas Indonesia merupakan perusahaan sekuritas terbaik sejak berdiri pada tahun 1994 dan dinobatkan sebagai perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia pada tahun 2018.

Beberapa produk dan layanan ini termasuk pembelian dan penjualan saham, obligasi, reksa dana, perencanaan dan penelitian perusahaan, membantu proses akuisisi atau merger, dan mencatatkan saham perdana. Beberapa keunggulan Mirae Asset Sekuritas Indonesia antara lain tersedianya aplikasi online trading, tidak ada biaya manajemen bulanan, layanan dukungan 24 jam, dan biaya perdagangan saham yang kompetitif, mulai dari 0,25% untuk penjualan dan 0,15% untuk pembelian.

  1. Mandiri Sekuritas

Perusahaan sekuritas berikutnya adalah Mandiri Sekuritas yang merupakan bagian dari induk perusahaan Bank Mandiri. Perusahaan sekuritas terbaik ini berdiri sejak tahun 2000 dan memiliki lebih dari 40 kantor pelayanan yang tersebar di berbagai daerah.

Salah satu keunggulan layanan Mandiri Sekuritas adalah adanya fasilitas online trading yang dapat diakses melalui aplikasi atau desktop bernama MOST. Saat ini calon nasabah telah mendapatkan kemudahan melalui sistem registrasi online dengan setoran awal yang terjangkau. Selain itu, jika menggunakan Mandiri Sekuritas, biaya transaksi yang dikenakan juga sangat kompetitif, yaitu 0,28% (plus Rp 5.000) untuk penjualan saham dan 0,18% (plus Rp 5.000) untuk pembelian saham.

  1. Phillip Sekuritas Indonesia

Berdasarkan catatan bursa, modal kerja bersih (MKBD) Phillip Sekuritas saat ini mencapai Rp179 miliar.

Saat ini Phillip Sekuritas juga menyediakan layanan transaksi online untuk sistemnya, yaitu POEMS (Phillip’s Online Electronic Mart System). Sistem online ini dinilai sebagai transaksi online terbaik di tahun 2015.

  1. BNI Sekuritas

Beberapa layanan yang mendapat izin dari OJK antara lain perdagangan efek dan reksa dana, serta layanan penjaminan emisi efek.

Beberapa keunggulan BNI Sekuritas antara lain reputasi yang baik, ketersediaan produk syariah dan konvensional, setoran awal yang terjangkau (mulai dari Rp 1.000.000,00), ketersediaan fasilitas online trading, dan biaya jual beli yang kompetitif. Saat ini, biaya pembelian dan penjualan surat berharga adalah 0,27% dari biaya penjualan dan 0,17% dari biaya pembelian layanan online.

  1. NH Korindo Sekuritas Indonesia

Beberapa layanan yang disediakan oleh NH Korindo meliputi perdagangan online, pendapatan tetap, perbankan investasi, manajemen kekayaan, dan layanan penelitian. Untuk membuat rekening efek di NH Korindo bisa dilakukan secara online, dan setoran awal yang dibutuhkan adalah Rp 1.000.000. Saat ini, pendaftaran online hanya tersedia untuk bank BCA.

  1. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia merupakan perusahaan sekuritas terbaik hasil merger CGS (China Galaxy Securities Co., Ltd.) dan CIMB Group. Fokus pada layanan dan produk seperti perdagangan saham, obligasi, investasi dan pembiayaan. Beberapa keunggulan CGS-CIMB Sekuritas Indonesia antara lain dukungan panduan investasi dan ketersediaan tim riset regional dan internasional, kemudahan pembukaan rekening secara online, dan kerjasama dengan bank-bank besar untuk rekening dana nasabah (RDN).

    1. Deutsche Sekuritas Indonesia

Sejak 2018, Deutsche Sekuritas Indonesia menduduki peringkat ke-9, dengan volume transaksi tertinggi di antara broker Indonesia. Namun, pada 17 April 2020, karena restrukturisasi bisnis domestik dan global, Deutsche Sekuritas Indonesia meminta penarikan keanggotaan bursa.