Fintech Indonesia adalah salah satu inovasi digital dalam bidang ekonomi. Perkembangan inovasi ini bisa dimanfaatkan di berbagai bidang termasuk sektor pertanian. Sebelum melakukan kegiatan agrikultur, tentu dibutuhkan modal. Bagi petani khususnya yang mempunyai lahan kecil maka akses untuk mendapatkan pinjaman modal akan sulit.

Perusahaan Fintech yang Berinovasi di Sektor Agrikultur

Pengajuan pinjaman di lembaga perbankan wajib melalui administrasi serta membutuhkan jaminan. Tidak jarang petani memilih mencari modal dari lembaga lain misalnya fintech. Berikut ini beberapa perusahaan fintech yang berinovasi di sektor agrikultur.

  1. Tanihub

Tanihub merupakan bagian Tanigroup, perusahaan rintisan yang didirikan oleh Pamitra Wineka dan Ivan Arie. Perusahaan fintech ini menawarkan berbagai program yang menyasar pasa usaha mikro, UMKM bidang Food and Baverages serta ritel fresh goods dengan program Juicepreneur, Restopreneur, dan Storepreneur.

  1. iGrow

iGrow adalah sebuah platform yang membanti petani lokal. iGrow memberikan fasilitas pada para petani agar bisa mendapatkan modal. Adapun modal yang diberikan didapatkan dari orang yang berinvestasi di iGrow.

Fasilitas keuangan yang diberikan iGrow sangat aman serta sudah terdaftar dan diawasi OJK. Selain modal, perusahaan fintech ini juga didukung dengan berbagai fitur lain yang sangat bermanfaat demi menambah wawasan sektor pertanian.

  1. Eragano

Berdiri sejak tahun 2015 silam, Eragano membangun sektor pertanian melalui sistem pemberdayaan. Adapun fasilitas yang ditawarkan perusahaan fintech ini yakni budidaya, pendanaan serta penjualan panen lewat teknologi. Di segi pendanaan, Eragano berupaya membantu petani supaya terhubung dengan berbagai fasilitas pinjaman skala mikro.

  1. Crowde

Crowde hadir sebagai salah satu platform permodalan untuk mengelola dana masyarakat. Sebenarnya Crowde memberikan pinjaman yang didapatkan dari investor. Keunggulan yang dimiliki oleh Crowde salah satunya nominal investasi yang cukup rendah, sehingga  siapa saja bisa berinvestasi di perusahaan ini.

Demikian beberapa perusahaan fintech yang berinovasi di sektor agrikultur yang mungkin bisa membantu menambah informasi digital masa kini bagi anda. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan informasi fintech terkini lainnya dari laman Dunia Fintech. Dengan berbagai informasi tersebut, maka anda bisa meningkatkan wawasan anda lebih luas.