Artikel aku pada peluang kali ini menimpa TCP dan UDP yang ialah protokol yang bersama terletak di lapis ke 4 baik di OSI Layer ataupun Model dari DARPA. Saat sebelum lanjut ke perbedaannya saja hendak jelaskan terlebih dulu tentang penafsiran dari kedua protokol tersebut.

TCP( Transmission Control Protocol) ialah protokol yang membolehkan kumpulan pc buat berbicara serta silih bertukar informasi dalam sesuatu jaringan. Protokol tcp terletak dilapisan transport( baik dalam itu dalam osi layer ataupun model dari DARPA) yang berorientasi koneksi( connection- oriented) serta bisa diandalkan( reliable).

TCP biasanya digunakan kala protokol susunan aplikasi memerlukan layanan transfer informasi yang bertabiat andal, yang layanan tersebut tidak dipunyai oleh protokol susunan aplikasi tersebut. contoh dari protokol yang memakai TCP merupakan HTTP serta FTP.

UDP( User Datagram Protocol) ialah salah satu protokol susunan transport TCP/ IP yang menunjang komunikasi yang tidak profesional( unreliable), tanpa koneksi( connetionless) antara host- host dalam jaringan yang memakai TCP/ IP.

Dari penafsiran tersebut kita telah menciptakan sebagian perbandingan antara tcp dengan udp, salah satunya ialah TCP lebih andal serta udp tidak profesional.

Proses pembuata koneksi TCP

Di dalam pembuatan koneksi TCP ataupun diucap pula dengan Three- way Handshake. Tata cara ini bertujuan supaya bisa melaksanakan sinkronisasi terhadap no urut serta no acknowledgement yang dikirimkan oleh kedua pihak serta silih bertukar dimensi TCP window. Prosesnya bisa ditafsirkan selaku berikut:

Host awal( yang mau membuat koneksi) hendak mengirimkan suatu segmen TCP dengan Flag SYN diaktifkan kepada host kedua( yang hendak diajak buat berbicara).

Host kedua hendak meresponsnya dengan mengirimkan segmen dengan acknowledgment serta pula SYN kepada host awal.

Host awal selajutnya hendak mulai silih berkukar informasi dengan host kedua.

TCP memakai proses jabat tangan yang sama buat mengakhiri koneksi yang terbuat. Perihal ini menjamin 2 host yang lagi terkoneksi tersebut sudah menuntaskan proses transmisi informasi serta seluruh informasi yang ditransmisikan sudah diterima dengan baik. Seperti itu sebabnya, kenapa TCP diucap dengan koneksi yang profesional.