Semen ini  merupakan bahan bangunan siap saji dengan komposisi bahan-bahan homogen dengan takaran yang pas dan berkualitas tinggi. Semen ini memudahkan Anda dalam mendirikan bangunan. Di samping itu, semen ini memberi kemudahan saat Anda ingin merenovasi bangunan tersebut. Berikut ini adalah perbandingan antara semen instan dengan semen konvensional.

Perbandingan Semen Instan dan Semen Konvensional

No Semen Instan Semen Konvensional
1 Belanja bahan semen ini lebih hemat karena tidak membutuhkan lagi bahan baku lain misalnyakapur dan pasir. Membeli semen konvensional membutuhkan belanja bahan lainnya seperti pasir dan kapur.
2 Cara mengerjakannya tingal langsung dicampur air lalu dipergunakan jadi lebih hemat waktu. Sedangkan semen konvensional harus dicampur kapur dan pasir. Baru kemudian kedua bahan itu dicampur air.
3 Semen ini terdiri dari campuran homogen bahan-bahan dasar yang berkualitas tinggi untuk digunakan. Jadi bangunan tahan terhadap retak rambut yang akan timbul pada dindingnya. Sedangkan semen konvensional jika campuran bahamnnya kurang pas maka akan menimbulkan retak rambut pada dinding.
4 Bangunan yang dihasilkan cenderung lebih kuat karena memiliki daya rekat tinggi. Sebab hal ini terjadi karena bahan-bahan khusus yang berkualitas. Semen konvensional campurannya tidak homogen sehingga tidak memiliki daya rekat tinggi.
5 Semen ini memiliki campuran homogen dengan ukuran yang pas sehingga hasil bangunannya bertekstur sama dan rapi. Sedangkan semen konvensional campurannya tidak homogen sehingga teksturnya tidak sama dan hasilnya kurang rapi.

Semen ini menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi yang terdiri dari:

·         Semen PC1

·         Pasir yang khusus

·         Bahan pengisi atau premium filler

·         Dan bahan tambahan aditif

Bahan-bahan tersebut dicampur dengan komposisi yang tepat sehingga menghasilkan bahan dasar bangunaan yang homogen. Dengan begitu, campuran semen homogen itu memiliki banyak keunggulan seperti bagan di atas dari pada semen konvensional.

Berdasarkan keunggulan-keunggulan tersebut, maka semen instan ini dibuat menjadi beberapa jenis yang disesuaikan untuk kebutuhan bangunan tertentu misalnya:

·         Untuk perekat bata ringan

·         Perekat pada keramik

·         Plester pada tembok

·         Plester acian untuk tembok

·         Perekat batu alam

·         Pengisi celah atau nat keramik

·         Sebagai pelapis kedap air atau pelindung dari rembesan air

Dengan tersedianya semen ini maka pembangunan rumah semakin mudah. Selain itu, Anda juga bisa merenovasi rumah atau bangunan lainnya dengan lebih hemat dalam segi keuangan. Sebab dengan hanya membeli semen ini maka Anda tidak perlu lagi membeli bahan lainnya.

Sekarang ini, semen instan semakin menjadi pilihan dalam membuat berbagai macam bangunan. Hal ini karena semen tersebut memiliki banyak keunggulan dari pada semen konvensional. Dengan begitu, semen tersebut membantu Anda agar lebih hemat dalam mengeluarkan anggaran belanja bahan-bahan bangunan. Kini Anda semakin mantap untuk menggunakan semen ini dari pada yang konvensional, bukan?