Untuk meningkatkan keamanan di tempat kerja, kita perlu membuat rencana kerja, mengidentifikasi potensi bahaya, menciptakan komunikasi dan meningkatkan pengawasan. Pekerja perlu mengetahui tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau kita sering mengenal K3 Elektrik agar tidak terjadi kecelakaan kerja kelistrikan di tempat kerja.

Ada beberapa jenis energi yang biasa digunakan di tempat kerja. Baik operasi perkantoran maupun produksi. Beberapa energi tersebut antara lain energi listrik, energi gravitasi, energi kinetik, energi mekanik, energi fisik, energi panas, energi tekanan dan energi kimia. Dari energi ini, beberapa digerakkan secara elektrik, sementara yang lain membutuhkan listrik untuk menghasilkannya.

Contoh listrik yang menghasilkan energi adalah energi listrik, dan yang membutuhkan listrik untuk penggeraknya adalah energi mekanik dan energi termal. Banyak hal yang bisa terjadi terkait dengan Listrik K3 di tempat kerja. Sifat manusia sebagai penghantar listrik juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan saat membuat rencana kerja dan mengidentifikasi bahaya kelistrikan.

Beberapa bahaya yang dapat menimbulkan efek serius adalah sengatan listrik, serangan percikan api (Arc Flash) dan ledakan eksplosif (Arc Blast), serta kebakaran. Baik Arc Flash maupun Arc Blast berpotensi menyebabkan kebakaran yang dapat memengaruhi perusahaan besar. Oleh karena itu, setiap pekerja yang bersentuhan langsung dengan sumber ketenagakerjaan dituntut untuk lebih waspada dan waspada agar tidak menimbulkan kecelakaan kerja.

Oleh karena itu listrik K3 harus diterapkan pada perusahaan agar setiap pekerja dapat bekerja di lingkungan yang aman dari potensi bahaya kelistrikan. Banyak perusahaan yang menanyakan tentang K3 Listrik, beberapa menanyakan tentang cara sederhana untuk meningkatkan kesadaran pekerja dan melindungi mereka dari bahaya listrik.

Baca selengkapnya mengenai dunia elektrik di wiraelectrical dengan nama url lengkapnya di https://wiraelectrical.com.

Sosialisasi tips K3 Listrik kepada pekerja dapat meningkatkan kewaspadaan dini bagi pekerja agar tidak ada bahaya listrik dan dapat bekerja dengan aman. Anggota Synergy Solutions Group Proxsis by School Safety ISC membantu perusahaan meningkatkan kompetensi dan kesadaran karyawan melalui pelatihan, seminar, dan forum diskusi yang rutin diadakan.