Pencari kerja pas ini didominasi oleh milenial dan Generasi Z yang lebih menyukai berburu lowongan pekerjaan secara online di perusahan iklan jakarta. Situs pencarian kerja jadi tempat yang terkenal untuk browsing begitu banyak ragam tipe pekerjaan, bersama langkah menuliskan kata kunci di kolom pencarian.

Iklan lowongan kerja yang paling kerap nampak berpotensi lebih banyak dicermati dan mendatangkan lamaran kerja, pas iklan yang tenggelam tidak dapat menarik perhatian. Karena itu, iklan yang efektif bukan hanya mempunyai konten yang menarik, tetapi termasuk mudah dicari di job portal.

Iklan jadi awal dari proses rekrutmen, di mana sebuah posisi terbuka di perusahaan dipublikasikan lewat bermacam saluran. Selain web site pencarian kerja, platform online yang termasuk potensial meraih pelamar adalah tempat sosial dan laman karier di web site perusahaan.

Lalu, apa pentingnya iklan lowongan kerja dalam proses rekrutmen?

Menginformasikan lowongan kerja

Bagaimana pelamar kerja mengerti bahwa perusahaan Anda perlu karyawan jikalau bukan lewat iklan lowongan kerja? Job ad adalah undangan terbuka bagi pencari kerja yang mencukupi syarat untuk mengirimkan resume dan surat lamaran kerja.

Iklan memberi tambahan informasi lengkap tipe pekerjaan yang dapat direkrut, uraian pekerjaan, kualifikasi, imbalan pekerjaan yang ditawarkan, langkah melamar, syarat dokumen yang harus dikirim, batas waktu, dan sebagainya.

 

Mengenalkan perusahaan Anda

Iklan lowongan kerja jadi salah satu bagian dari recruitment marketing atau pemasaran rekrutmen. Selain logo perusahaan yang dicantumkan untuk menonjolkan identitas organisasi, konten iklan termasuk didesain untuk mempromosikan employer brand.

Salah satunya adalah bersama Employer Value Proposition (EVP) atau nilai keuntungan yang dapat diperoleh oleh kandidat yang berhasil dalam rekrutmen dan terima tawaran pekerjaan. Paket kompensasi dan benefit yang disebutkan dalam iklan adalah perumpamaan dari EVP, yang sanggup menggambarkan perusahaan Anda sebagai tempat terbaik untuk bekerja.

 

Menyeleksi pelamar di awal

Iklan lowongan kerja mendeskripsikan pekerjaan secara jelas, apa saja tanggung jawab dan daftar tugas, termasuk kualifikasi untuk mobilisasi peran/posisi tersebut. Tujuannya adalah menghambat atau mempersempit kandidat bersama menyeleksi mereka di awal sebelum saat melamar pekerjaan.

Job description dan beberapa syarat peran mendukung pencari kerja untuk menilai diri mereka sendiri sebelum saat mengambil keputusan apakah dapat mengirimkan lamaran atau tidak: apakah mereka tertarik bersama pekerjaan tersebut, apakah mereka sanggup mobilisasi bersama tugas dan tanggung jawab dari peran itu, dan apakah mereka mencukupi kualifikasi.

 

Menggoda kandidat hebat

Kebanyakan kandidat hebat tidak bebas di pasar tenaga kerja, tetapi mereka udah bekerja di perusahaan. Meski termasuk kandidat pasif, sebagian dari mereka, terlebih milenial, terbuka untuk meninggalkan pekerjaannya dan ubah ke perusahaan yang memberi tambahan tawaran lebih baik.

Jika mereka menyaksikan iklan lowongan kerja yang menarik, baik dari tempat sosial atau keterangan job board yang dikirim ke email mereka, maka ada kemungkinan mereka tergoda untuk melamar. Apalagi jikalau tawaran selanjutnya memberi tambahan apa yang paling diinginkan kandidat selama ini, maka kesempatan untuk menarik kandidat selanjutnya semakin besar.

 

Memudahkan proses screening

Salah satu tips cepat melaksanakan screening kandidat adalah bersama fokus pada kandidat yang tidak mencukupi syarat. Caranya, perekrut menuliskan kembali daftar kualifikasi kandidat dalam iklan lowongan kerja, lantas mencocokkan semua resume dan menyingkirkan yang tidak mencukupi daftar tersebut.

Eliminasi itu menyisakan sedikit kandidat, yang semuanya mencukupi syarat. Pekerjaan setelah itu lebih ringan, gara-gara perekrut tinggal mengakibatkan peringkat kandidat dan pilih sebagian yang terbaik untuk diwawancarai.

 

Pilih tempat posting iklan lowongan kerja yang tepat

Karena peran pentingnya dalam proses rekrutmen, iklan lowongan kerja harus dibuat secara pas dan efektif.

Selain itu, yang tidak kalah perlu adalah mencari tempat posting iklan lowongan kerja yang mendatangkan kandidat berkualitas. Anda sanggup menggunakan Glints untuk job posting.

Aplikasi lowongan kerja Glints mempunyai ratusan ribu pengunjung yang kebanyakan adalah millennial berbakat bersama bermacam keterampilan dan pengalaman. Keuntungan lainnya, memasang iklan lowongan kerja di Glints semuanya gratis dan tanpa batas.

Karena gratis, job portal ini mendukung Anda menghemat cost rekrutmen. Klik https://employers.glints.id untuk mendaftarkan account pengguna dan menggunakan sarana posting iklan tanpa biaya.

Jika Anda ingin merekrut kandidat bersama keterampilan spesifik, menggunakan TalentHunt dapat lebih efisien. TalentHunt adalah jasa rekrutmen dari Glints yang mendukung perusahaan merekrut top talent lewat proses yang cepat dan hemat biaya.

Kami mengkombinasikan proses seleksi berbasis AI dan tim memiliki pengalaman untuk menyaring ribuan kandidat terbaik di database kami, dan pilih yang paling sesuai bersama profil yang Anda cari. Anda terima anjuran kandidat terbaik dalam 2-3 minggu.

Anda sanggup mewawancarai mereka dan menilai apakah kandidat selanjutnya memadai mengesankan Anda, pas untuk direkrut, dan apakah mereka mempunyai kecocokan bersama budaya perusahaan Anda.

Setelah Anda merekrut, TalentHunt dapat memberi tambahan garansi 90 hari. Apabila kandidat ternyata tidak sanggup mobilisasi peran yang Anda berikan bersama baik, kami dapat merekrut kandidat pengganti untuk Anda tanpa biaya.