Sebelum dialirkan ke pelanggan, air baku melalui serangkaian proses pengolahan di IPA  hingga menjadi air bersih. Terdapat 5 tahap proses pengolahan sampai menjadi air bersih. Tahapan proses pengolahan tersebut adalah koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi, dan desinfeksi.

Rekomendasi : Macnaught Flow Meter

Tahap pertama adalah koagulasi yaitu proses pencampuran bahan kimia (koagulan) dengan air baku sehingga membentuk campuran yang homogen dengan disertai pengadukan cepat. Tipe koagulator terdiri dari tipe hidrolis dan tipe mekanis. Koagulan yang digunakan antara lain Aluminium Sulfat dan Polyaluminium Chloride (PAC). Waktu pengadukan 30 – 120 detik dengan nilai gradien kecepatan (G/detik) > 750.

Tahap kedua adalah flokulasi yaitu proses pembentukan partikel flok yang besar dan padat dengan cara pengadukan lambat agar dapat diendapkan. Tipe flokulator terdiri dari tipe hidrolis, mekanis, dan clarifier. Waktu kontak berkisar 20 – 100 menit. Nilai G/detik berkisat 100 – 5.

Tahap ketiga adalah sedimentasi yaitu proses pemisahan padatan dan air berdasarkan perbedaan berat jenis dengan cara pengendapan. Tipe bak sedimentasi terdiri dari bak persegi (aliran horizontal), bak persegi aliran vertikal (menggunakan pelat/tabung pengendap), bak bundar (aliran vertikal – radial dan kontak padatan), serta tipe clarifier. Kedalaman bak berkisar antara 3 – 6 meter (bak persegi dan bak bundar) serta 0,5 – 1 meter (clarifier). Waktu retensi 1 – 3 jam (untuk tipe bak persegi horizontal dan bak bundar), 0,07 jam (waktu retensi pada pelat/tabung pengendap), dan 2 – 2,5 jam (tipe clarifier).

Tahap keempat adalah filtrasi (saringan pasir cepat) yaitu proses pemisahan padatan dari air melalui media penyaring seperti pasir dan antrasit. Jenis saringan terdiri dari saringan biasa (gravitasi), saringan dengan pencucian antar saringan, dan saringan bertekanan. Kecepatan penyaringan 6 – 11 m/jam (saringan biasa dan saringan dengan pencucian antar saringan) dan 12 – 33 m/jam (saringan bertekanan).

Tahap kelima adalah desinfeksi yaitu proses pembubuhan bahan kimia untuk mengurangi zat organik pada air baku dan mematikan kuman/organisme. Desinfektan yang digunakan antara lain gas khlor dan kaporit.