Oleh Prof. Madhuri K. Rathi,Mr.Ajinkya K. PatilPerguruan Tinggi Teknik Amrutvahini, Sangamner

AbstrakElemen aluminium ditemukan 200 tahun yang lalu. Setelah periode awal pengembangan teknologi, https://canopybandung.com/harga-kusen-aluminium-bandung/ paduan aluminium digunakan dalam banyak aplikasi struktural, termasuk bidang teknik sipil. Aluminium adalah logam kedua yang paling banyak ditentukan dalam membangun setelah baja, dan digunakan di semua sektor dari bangunan komersial hingga tempat tinggal domestik.

Makalah ini berisi gambaran lengkap penggunaan aluminium dalam konstruksi bangunan. Bagaimana hal itu bermanfaat dalam konstruksi bangunan zaman modern. Makalah ini juga berisi sifat, kelebihan. Beberapa pertanyaan muncul bahwa apakah aluminium berkelanjutan, dibuat untuk jalur cepat, membutuhkan perawatan, dijelaskan secara rinci dalam makalah ini.PERKENALAN1.1 Mengapa aluminium?Aluminium adalah logam kedua yang paling banyak ditentukan dalam bangunan setelah baja, dan digunakan di semua sektor konstruksi, dari bangunan komersial hingga tempat tinggal domestik. 40% dari produksi aluminium tahunan Inggris digunakan dalam industri konstruksi, yang setara dengan sekitar 150.000 ton aluminium per tahun, di mana sekitar 65.000 ton adalah produk yang diekstrusi, dan 25.000 ton bahan lembaran.

Sektor pasar utama adalah jendela, atap, cladding, dinding tirai dan kaca struktural, bangunan prefabrikasi, perangkat keras arsitektur, H &V, pemasangan toko dan partisi. Aluminium juga digunakan secara luas di pabrik, tangga dan perancah.

Aluminium smelter primer murni dan, dengan demikian, memiliki kekuatan yang relatif rendah. Untuk ekstrusi dan komponen manufaktur lainnya, bahan ini dicampur untuk meningkatkan kekuatannya, meskipun bahkan aluminium tempa yang paling banyak dicampur masih 92% murni.

Dua seri paduan yang paling banyak digunakan dalam konstruksi adalah paduan magnesium kerja-mengeras seri 5000 dan paduan silikon magnesium 6000 seri yang dapat diobati dengan panas. Yang terakhir lebih ekstrusi dan, oleh karena itu, menawarkan ruang lingkup yang lebih besar untuk bentuk yang kompleks. Paduan silikon (seperti LM6) dan paduan mangan (seperti 3103) juga digunakan untuk aplikasi konstruksi tertentu.

Dengan memilih paduan yang tepat, perancang ditawari berbagai sifat termasuk kekuatan tinggi (hingga 400 MPa atau 26 ton per inci persegi), kehttps://canopybandung.com/ padatan rendah, konduktivitas termal yang tinggi, dan karakteristik pembentukan dan penggabungan yang baik. Pilihan paduan yang paling tepat dari seri 6000 untuk ekstrusi tertentu tergantung pada sifat tugas yang harus dilakukan. Keseimbangan harus dipukul antara kekuatan, kemudahan pembentukan dan penyelesaian. Paduan 6063, misalnya, memiliki ekstrusi yang baik, ketahanan korosi dan permukaan selesai; dan dengan demikian banyak digunakan dalam fenestrasi. Sifat-sifat paduan individu diperkuat oleh bentuk die ekstrusi. Desain yang cermat dan berpengetahuan luas dapat memanfaatkan kemampuan proses ekstrusi untuk mendistribusikan materi di seluruh bagian ke tempat yang tepat di mana diperlukan untuk persyaratan kinerja tertentu.

1.2 Aluminium – Bahan bangunan zaman modernBangunan dan konstruksi modern lebih dari sekadar mendirikan bangunan sefungsikan mungkin. Selain kriteria fungsional dan ekonomi, pertimbangan estetika dan desain bersama dengan tuntutan ekologis yang ditempatkan pada proyek bangunan memainkan peran yang sama pentingnya. Ini berarti bahan yang digunakan sangat penting. Aluminium, bahan bangunan untuk zaman modern, memantapkan dirinya sebagai faktor penting dalam industri bangunan dan konstruksi selama abad ke-20. Aluminium memungkinkan setiap konsep arsitektur yang mungkin untuk direalisasikan – terlepas dari apakah itu adalah bangunan baru atau modernisasi. Aplikasi yang mungkin berkisar dari fasad dan atap dan dinding produsen sistem produk bangunan Aluminium untuk dekorasi interior dan desain hidup adalah pemimpin dunia teknologi – tidak terkecuali ruang, dan termasuk jendela dan pintu, balkon karena perusahaan telah memajukan dan konservatori pengembangan jendela modern dan fasad di bidang pengolahan permukaan,isolasi termal dan kedap suara, AC dan pemanas matahari. Dengan permintaan domestik tahunan sekitar 500.000 ton, industri bangunan dan konstruksi adalah pasar terbesar kedua untuk produk aluminium di Jerman. Pangsa dari total pasar aluminium adalah 15 persen.

Ini adalah prasyarat terbaik untuk aluminium menempatkan kualitasnya sebagai bahan bangunan modern dan kontemporer untuk digunakan penuh di abad ke-21 juga.

MASALAH UTAMA2.1 Kekuatan versus berat Salah satu daya tarik utama Aluminium untuk menentukan adalah kekuatan yang luar biasa terhadap rasio berat. Pada 2,7g / cm2, Aluminium 66% lebih ringan dari baja. Hal ini juga jauh lebih rentan terhadap fraktur rapuh. Memang, ketika struktur aluminium dan baja dibandingkan, modulus elastisitas Aluminium yang lebih besar berarti bahwa rasio berat 1: 2 mudah dicapai.

Sementara Aluminium memiliki co-efisien ekspansi linier yang relatif tinggi, pada 24 X 10-6 / ‘C – dalam bentuk murni, modulus elastisitas material yang rendah (65.500N / mm2 untuk paduan 6063) memungkinkan tekanan yang diinduksi suhu untuk diakomodasi. Memang, ini umumnya jauh lebih rendah daripada dalam struktur baja yang sebanding (M dari E = 210.000N / mm2). Ini secara grafis diilustrasikan oleh kurva defleksi beban Aluminium, yang terus menerus, tanpa titik hasil.

Bagian aluminium umumnya lebih tipis dan lebih dalam dari bagian baja yang setara untuk mencapai kekuatan dan kekakuan yang diperlukan karena, Aluminium tidak terpengaruh oleh polusi dan jendela aluminium tidak melengkung, menempel atau membusuk. Dalam konstruksi pintu, biasanya menggunakan ekstrusi bagian berongga, garis pandang ditingkatkan karena kunci multi-titik dan furnitur pintu lainnya dapat dipasang di dalam bingkai. Ini selain ringan intrinsik, kekuatan dan kekakuan bingkai Aluminium.

2.2 Perawatan rendah – biaya penggunaan rendah Sementara Aluminium memiliki daya tahan alami dan built-in (membentuk lapisan pelindung oksida segera setelah terkena udara), sebagian besar produk konstruksi Aluminium diperlakukan atau dilapisi. Salah satu cara di mana proses oksidasi dapat ditingkatkan adalah anodisasi; proses elektrolitik yang meningkatkan ketebalan lapisan oksida alami dari 0,00001mm menjadi antara 0,005 dan 0,025mm (25 Mikron). Ini meningkatkan kemampuan Aluminium untuk menahan serangan di lingkungan yang agresif. Anodisasi alami menghasilkan hasil keperakan yang sama dengan Aluminium teroksidasi, tetapi juga dapat memperkenalkan berbagai warna.

Ini karena, setelah anodisasi, film permukaan tetap berpori, memungkinkannya untuk menerima agen pewarna, seperti mati organik, pigmen, elektrolit atau logam. Emas yang menarik, perunggu, abu-abu, hitam dan bahkan biru selesai biasanya dicapai dengan cara ini. Untuk pilihan warna yang lebih luas, sebagian besar penentu memilih lapisan bubuk poliester yang disemprotkan secara elektrostatis. Ini adalah hasil akhir yang umum untuk dinding tirai, barang-barang air hujan dan panel cladding, di mana lapisan bubuk digunakan untuk memberikan ketahanan terhadap keasaman air hujan. Dalam proses ini, partikel cat bermuatan ditiup ke ekstrusi (yang telah menjalani proses pra-perawatan dua belas tahap) dan kemudian Harga Kusen Aluminium kompor, antara 200 dan 210’C, selama 10 hingga 12 menit. Ini memberikan permukaan berkualitas tinggi dengan adhesi yang sangat baik, pewarnaan yang akurat dan ketebalan film yang sangat merata.

2.3 Dibuat untuk jalur cepat Salah satu alasan utama popularitas Aluminium yang bertahan lama dan berkembang adalah kompatibilitasnya dengan teknik konstruksi jalur cepat saat ini dan pemesanan tepat waktu. Tidak ada tempat ini terlihat lebih jelas daripada di dinding tirai, di mana keakuratan bagian yang sudah jadi pabrik memungkinkan ereksi cepat di lokasi dan, dalam dirinya, memungkinkan finishing internal untuk melanjutkan lebih cepat. Hasil akhirnya adalah membangun hunian sebelumnya dan margin keuntungan yang lebih besar untuk pelanggan utama. Front toko aluminium, sistem jendela dan rakitan pintu menawarkan manfaat di tempat yang sebanding, yang sekarang sedang ditingkatkan oleh rig pemesinan yang dikendalikan komputer perakit yang dapat mengebor, miter, menggiling dan melawan toleransi yang tepat yang memungkinkan pemasangan ironmongery, manik-manik kaca dan komponen sekunder lainnya yang paling mudah.