Banyak sekali kemajuan dalam perkembangan komputer saat ini. Tak terkecuali dalam dunia hardware lain seperti printer, scanner, mouse, keyboard, power supply dan lain-lain.

Saat ini terdapat banyak printer dengan berbagai ukuran, merk dan tipe. Sementara itu, produsen printer selalu menjadi satu-satunya penyedia, yaitu Epson, Canon, Samsung, Brother, HP.

Pengertian printer

Di Wikipedia, printer adalah perangkat yang menampilkan data yang dicetak, baik berupa teks maupun gambar / grafik, di atas kertas.

Definisi lain dari printer adalah perangkat yang dapat menampilkan teks atau gambar, aslinya dari perangkat lunak digital, pada formulir yang dicetak di atas kertas.

Printer berasal dari kata “print” yang artinya “print”. Jadi printer adalah alat untuk mencetak. Dalam dunia komputer, printer merupakan perangkat keluaran periferal yang menampilkan hasil tulisan atau gambar pada kertas atau media sejenis.

Sejarah printer

Awal mula pencetak muncul pada abad ke-19. Kemudian printer elektronik pertama kali diproduksi oleh Epson dengan nama EP-101 yang diperkenalkan pada tahun 1968. Epson sendiri adalah perusahaan Jepang.

Selain itu, printer yang dijual awalnya menggunakan sistem mesin tik listrik, tetapi banyak yang menginginkan kecepatan yang lebih tinggi untuk membuat printer lebih baik. Perkembangan printer dengan sistem baru hanya lebih spesifik untuk komputer.

Beberapa sistem printer sudah ada pada tahun 1980-an, yaitu daisy wheel, line printer, dan dot matrix. The Daisy Wheel memiliki konsep yang mirip dengan mesin tik. Sementara itu, pencetak garis dapat menampilkan keluaran yang sama, tetapi prosesnya lebih cepat.

Meskipun dot matrix dapat membingungkan teks dan grafik, kualitas cetak masih buruk. Jika Anda menginginkan hasil berkualitas tinggi, Anda perlu menggunakan plotter.

Pada tahun 1984 printer laser muncul dan mulai dijual dengan harga terjangkau, dimulai dengan diperkenalkannya HP LaserJet. Selain itu, Apple LaserWriter menambahkan PostScript pada tahun berikutnya, merevolusi dunia percetakan yang dikenal sebagai penerbitan desktop.

Printer laser yang menggunakan PostScript dapat menggabungkan teks dan gambar seperti dot matrix, tetapi kualitasnya lebih baik.

Pada tahun 1990, banyak pekerjaan cetak dibuat di komputer pribadi sebelum dicetak pada printer laser, mengabaikan sistem pencetakan yang mahal.

Sebelum 1988, HP Deskjet memiliki keunggulan yang sama dibandingkan printer laser dalam hal fleksibilitas dan harga yang lebih rendah, tetapi kualitas keluaran lebih rendah daripada printer laser.

Sistem ink jet selanjutnya dapat menggantikan dot matrix dan aster di pasaran. Faktanya, banyak printer berkualitas tinggi yang telah menggunakan sistem inkjet ini sejak tahun 2000-an sehingga sudah menjadi hal yang lumrah.

Pada 2010, pencetakan tiga dimensi (3D) menjadi topik perbincangan hangat. Printer untuk pencetakan 3D masih dalam pengembangan dan umumnya tidak dapat digunakan.

Karena teknologi berkecepatan tinggi seperti email dan Internet telah maju, printer bukan untuk semua orang. Ada banyak cara untuk mengirim file, seperti: Misalnya email, aplikasi chatting, dll.

Teman-teman juga bisa baca selengkapnya mengenai printer drivers & epson driver pada tautan tersebut, semoga bermanfaat yaa.