Pengertian Antropogeografi

Pengertian Antropogeografi

Pengertian antropogeografi ialah sebuah cabang pengetahuan dalam geografi yang khusus pelajari mengenai penyebaran manusia di atas bumi dan dalam hubungan dengan lingkungan geografi, yang mana ini diperuntukkan untuk analitis distribusi, lokasi dan organisasi spasial yang terjadi. Pengertian antropogeografi ialah cabang antropologi yang terkait dengan distribusi geografis manusia. Secara singkat, pengertian antropogeografi ialah cabang pengetahuan geografi hasil hubungan di antara manusia dan lingkungan mereka.

Contoh Antropogeografi

Contoh dari antropogeografi ialah riset yang sudah dilakukan di sejumlah daerah di Papua yang mempunyai tujuan untuk cari daerah tebaran beberapa suku asli Papua yang menempati daerah / teritori tertentu di pulau itu.

Pada praktiknya, dalam pelajari antropogeografi secara eksklusif atau geografi pada umumnya, akan dibutuhkan beberapa fasilitas tolong yang bakal dipakai untuk menyaksikan otomatis berlangsungnya tanda-tanda fisik dan sosial antara manusia, ada jalinan dan penyebaran, dan formasi keruangan yang terbentuk. Beberapa fasilitas tolong yang wajar dipakai ialah:

  • Tabel

Tabel bisa dijadikan fasilitas tolong geografi karena tabel bisa berisi beragam jenis data (baik itu yang berbentuk kata, kalimat, atau angka) yang menerangkan beragam jenis peristiwa yang terjadi di permukaan bumi. Umumnya sebuah tabel akan berisi data yang diatur secara struktural, yakni: urut ke bawah atau ke samping, dalam deret dan jalur tertentu, dan dikasih garis pemisah di antara satu sama yang lain hingga gampang untuk dibaca. Info yang termuat dalam suatu tabel, umumnya akan disamakan dengan topik atau topik yang dikatakan.

  • Grafik

Grafik sebagai salah satunya fasilitas tolong yang perlu dalam georafi, di mana alat ini akan dipakai untuk menerangkan beragam jenis peristiwa geosfer yang terjadi. Ini akan diterangkan dengan menggambarkan bagian-bagiannya dan langkah kerjanya secara berurut, yang mana ini biasa dikatakan sebagai grafik arus.

  • Diagram

Diagram ialah fasilitas tolong geografi yang dipakai untuk memperlihatkan naik dan turun / pasang kering nya satu tanda-tanda atau peristiwa tertentu yang terjadi antara waktu tertentu, ini umumnya akan diterangkan dengan memakai garis.

  • Peta

Peta sebagai fasilitas tolong geografi, yang mana alat ini akan berisi berbagai macam data dari permukaan bumi yang bisa diumumkan.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/