Kemasan sebagai hal yang pertama kalinya disentuh dan disaksikan oleh calon konsumen. Karena itu, kemasan seharusnya mempunyai daya magnet yang bagus agar bisa mengundang perhatian customer saat berkunjung satu toko atau swalayan, yang memungkinkannya nanti calon konsumen akan tergerak untuk beli produk itu.

Penyeleksian Design dan Bahan Kemasan

Daya magnet kemasan sebagai salah satunya factor yang paling tentukan dalam keberhasilan marketing. Daya magnet kemasan sebagai magnet khusus yang bakal memancing ketertarikan customer untuk memerhatikan dan memandang produk sampai memengaruhinya untuk lakukan pembelian. Daya magnet kemasan ditetapkan dari penyeleksian design, wujud, bahan, material dan susunan kemasan.

Penyeleksian Design Kemasan

Menurut Kotler (2003), ada enam factor yang perlu dalam memengaruhi kemasan, yakni: size, form, material, color, teks, merek. Dengan detail diterangkan sebagai berikut ini:

a. Warna (colour)

Customer menyaksikan warna lebih cepat daripada menyaksikan wujud atau rupa dan warnalah yang pertama kalinya produk dipajangkan. Ada banyak fungsi warna dalam kemasan yakni: Untuk analisis, untuk membuat satu citra dan untuk tingkatkan daya membeli.

b. Bahan (material)

Ada beberapa jenis bahan yang dipakai untuk kemasan, salah satunya: Kertas, botol, aluminium foil, plastik dan logam.

c. Wujud (form)

Wujud kemasan sebagai simpatisan khusus terbentuknya semua daya magnet visual. Wujud umumnya ditetapkan oleh sifat produknya, alasan mekanis, keadaan pemasaran, alasan pemajangan dan langkah pemakaian. Berikut beberapa hal yang perlu jadi perhatian dalam sebuah kemasan: wujud kemasan yang simpel, satu wujud yang teratur memiliki daya magnet yang lebih, satu wujud yang imbang, wujud kemasan yang gampang kelihatan.

d. Ukuran (size)

Ukuran kemasan bergantung pada tipe produk yang dibuntelnya, bagus untuk panjang ukuran, lebar, atau tipis dan tebalnya kemasan.

e. Simbol (brand)

Merk dagang atau simbol perusahaan mempunyai peran penting dalam tingkatkan kemasan misalnya komunikatif, identitas lambang.

f. Topography (text)

Topography ialah text pada kemasan yang berbentuk beberapa pesan kita untuk menerangkan produk yang di pasarkan sekalian memberikan customer untuk berlaku dan melakukan tindakan sesuai keinginan produsen.

Kemasan harus menolong jual produk dengan memancing ketertarikan beli, mengenali produk, dan memberi argumen untuk beli. Langkah lain untuk menyaksikan sebuah kemasan dengan mengaplikasikan tes VIDP pada tiap pasar sebagai berikut ini:

  • Visibility. Kemasan harus dengan gampang diperbedakan dari persaingan visual.
  • Informatif. Kemasan harus secara cepat sampaikan sifat kandungannya.
  • Dampak Emosional. Kemasan harus membuat kesan-kesan yang memberikan keuntungan dalam pikiran konsumen setia.
  • Ringkas. Fungsi kemasan untuk perlindungan dan dipakai di rumah tangga.

Itu dia cara Pemilihan Desain dan Bahan untuk Kemasan. Nah bagi kamu yang ingin memesan kemasan makanan, minuman, spare part, ataupun Box Kemasan Masker. Kamu bisa mengunjungi website percetakanmurah.co.id.

Jika kamu ingin bertanya dan konsultasi perihal percetakan kemasan, jangan sungkan untuk menghubungi kami Percetakan Murah, kami senantiasa membantu kamu dan memberikan solusi yang terbaik untuk kebutuhan Packagingmu, Klik tautan WhatsApp ini untuk berdiskusi dengan kami.