Siapa sich yang tidak mau mengadakan pernikahan yang irit namun tetap memberi kesan-kesan yang eksklusif? Hampir semua orang ingin lakukan pernikahan yang semacam ini, hingga mereka coba cari langkah agar kemauannya ini dapat terwujud.

Panduan Nikah Irit tetapi Eksklusif

Beberapa hal yang perlu jadi perhatian saat akan lakukan pernikahan yang irit tetapi eksklusif semacam ini. Baik dari sisi gedung acara, catering, aksesori, pakaian pengantin, dan cincin kawin penting diingat dengan benar-benar.

Saat Anda memerhatikan segala hal yang tersangkut hari pernikahan secara baik dan cermat, karena itu ini dapat memperhitungkan berlangsungnya ongkos pernikahan yang membesar. Apa lagi, saat ini juga pernikahan yang tidak keluarkan dana yang banyak tidak berarti pernikahan itu tidak memberi kesan-kesan yang eksklusif, saat ini Anda bisa membuat acara pernikahan yang eksklusif tetapi dengan bujet yang memenuhi, hingga Anda tidak perlu cemas akan ongkos pernikahan yang membesar.

Panduan mengirit bujet untuk hari pernikahan

Mempersiapkan bujet adalah hal yang paling mengambil alih pikiran dan waktu saat menyiapkan acara pesta atau acara pernikahan. Dalam mempersiapkan bujet ini, saat yang diperlukan tidak cuma 1-2 bulan saja, tetapi dapat sampai sekian tahun lama waktunya. Nach, jadi tidaklah heran bila demikian beberapa orang yang ingin mengirit bujet acara pernikahannya tetapi tanpa kurangi kesan-kesan eksklusif didalamnya.

Saat Anda sanggup mengirit ongkos pernikahan, karena itu ini bisa menolong Anda untuk memotong pengeluaran pada hari pernikahan. Ingin ketahui triknya? Berikut sejumlah panduan yang dapat Anda turuti untuk mengirit bujet pada hari pernikahan:

  • Tentukan dan pakai gedung yang umum saja

Sebetulnya, Anda lebih dianjurkan untuk memakai gedung pernikahan yang umum saja, karena walau gedung itu berkesan biasa tetapi Anda bisa membuat dekorasi gedung itu lebih kembali berlanjut. Keunggulan dari cara semacam ini tidak cuma berada pada penghematan ongkos saja, namun Anda menjadi lebih dapat sesuaikan penampilan gedung jadi lebih sesuai kemauan Anda dan pasangan Anda.

  • Turunkan jumlah tamu

Ya, memang di Indonesia sendiri acara pernikahan telah sama dengan tamu undangan yang banyak. Tetapi, bila kita pertimbangkan kembali, makin bertambah tamu undangan yang datang karena itu makin besar bujet yang perlu dikeluarkan. Oleh karena itu, bila Anda ingin mengirit ongkos atau bujet pernikahan, lebih bagus turunkan jumlah undangan yang ditebar dan cuma undang beberapa orang yang dekat sama Anda atau beberapa orang penting di sekitar Anda.

  • Pakai cincin peninggalan dibanding membeli sendiri

Cincin kawin merupakan hal paling penting yang harus disiapkan. Tetapi, tidak berarti cincin itu harus yang berharga lumayan mahal. Anda dapat menyiasatinya dengan memakai cincin peninggalan agar ongkos pengeluaran pernikahan dapat menyusut dan bisa dipakai untuk kepentingan yang lain. Tetapi, bila pasangan Anda tidak inginkan akan hal tersebut, Anda dapat terus beli cincin kawin tetapi mencari cincin yang mempunyai harga yang lebih bersaing.

  • Persiapkan bujet yang cukup sampai acara pernikahan sudah selesai diadakan

Ingat, Anda harus mempertimbangkan semua hal secara tepat, baik itu ongkos gedung, aksesori, baju, catering, atau cincin kawin. Semenjak awalnya penyiapan, Anda perlu memprediksi semua ongkos keperluan agar bujet yang hendak disiapkan akan memenuhi sampai acara betul-betul sudah usai. Targetkan pernikahan Anda dengan masak dan sesuai kekuatan keuangan yang Anda punyai.