Industrial real estate secara luas dapat didefinisikan sebagai semua tanah dan bangunan yang menampung kegiatan industri termasuk produksi, manufaktur, perakitan, pergudangan, penelitian, penyimpanan, dan distribusi.

Ada area khusus di setiap kota yang ditunjuk untuk properti industri yang ditunjukkan pada peta zonasi, yang menggambarkan di mana ruang-ruang ini dapat dibangun dan dioperasikan, sehingga aktivitas di situs ini tidak mengganggu bisnis atau tempat tinggal yang mungkin ditempatkan berdekatan. Penting untuk mengenali perbedaan di setiap jenis properti industri sebelum menentukan mana yang akan diinvestasikan, sehingga Anda sepenuhnya memahami risiko dan hasil yang dibawa masing-masing. Silahkan klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Tipe Kelas Industrial Real Estate

  • Class A Industrial

Industrial Kelas A biasanya mewakili struktur terbaru dan berkualitas terbaik yang ada di pasar. Aset industri yang dibangun saat ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan memiliki fasilitas seperti langit-langit tinggi dan sistem mekanik dan utilitas terbaik.

Karena ruang-ruang ini adalah “The Cream of the Crop”, mereka biasanya memiliki penyewa berpenghasilan tinggi dengan tingkat kekosongan rendah. Properti industri papan atas ini memberi investor keamanan yang mengharuskan mereka untuk berinvestasi lebih jauh ke dalam aset mereka.

Aset Kelas A biasanya dihargai tinggi dengan tingkat CAP yang lebih rendah yang terkait dengannya, terutama jika mereka sepenuhnya disewakan, tetapi aset Kelas A ini membawa risiko yang jauh lebih kecil bagi investor dan dapat menjadi pilihan bagus bagi seseorang untuk mempertahankan modal atau berinvestasi secara pasif di beberapa kasus.

  • Class B Industrial

Properti Kelas B biasanya adalah bangunan tua, tetapi juga bisa berupa bangunan baru. Pendapatan sewa biasanya lebih rendah daripada tarif yang akan dilihat oleh pemilik Kelas A, namun bangunan Kelas B seringkali terpelihara dengan baik, sehingga investor dapat melihat aset ini sebagai “peluang nilai tambah” karena terkadang dapat dikonversi menjadi bangunan kelas A atau B+ melalui renovasi dan perbaikan.

Di tingkat properti industri Kelas B ini, terkadang lebih mudah untuk menemukan kesepakatan yang menarik, karena aset ini dipandang sebagai risiko yang lebih tinggi bagi pembeli karena potensi masalah kekosongan.

Properti Kelas B bisa menjadi pilihan yang bagus bagi investor yang ingin segera mendapatkan arus kas dan duduk di aset mereka sementara tanah terapresiasi, jika properti berada di lokasi yang diinginkan.

Beberapa real estat industri sekarang sedang diubah menjadi situs multi-keluarga atau penggunaan campuran untuk meningkatkan kepadatan kota, sehingga investor dengan pandangan jauh ke depan dapat menebak dengan baik apakah investasi properti industri mereka mungkin termasuk dalam kategori ini.

  • Class C Industrial

Properti Kelas C adalah bangunan yang biasanya berusia 20 tahun atau lebih, memiliki beberapa masalah pemeliharaan yang ditangguhkan, dan terkadang terletak di area yang kurang diinginkan. Bangunan Kelas C biasanya menghasilkan tarif sewa terendah di pasar, yang membuat peluang investasi pasif kurang tersedia.

Bagi investor yang bersedia meluangkan waktu, uang, dan kreativitas dalam jenis properti ini, properti industri Kelas C dapat diubah menjadi aset bernilai lebih tinggi dengan beberapa renovasi dan pembaruan yang signifikan, dan menciptakan keuntungan yang signifikan jika dijalankan dengan benar.

Properti Kelas C juga bisa menjadi peluang luar biasa bagi pemilik/pengguna jenis bisnis karena perbaikan yang Anda lakukan tidak hanya membantu bisnis Anda, tetapi juga menambah nilai properti yang sudah Anda miliki!

Jika Anda ingin berinvetstasi di industrial commercial real estate di Karawang, maka Surya Cipta adalah jawabannya. Area seluas 1400 Ha ini dibangun dengan berbagai area dan fasilitas yang sangat lengkap untuk mendukung kebutuhan para pelaku industri dalam skala besar sehingga sangat menguntungkan dan efisien termasuk dalam akses lokasi yang strategis dan lingkungan industri yang tidak akan mengganggu area lain.