Pahami Langkah dan Cara Membuat Video Promosi Berikut Ini! Saat ini bisnis di bidang penjualan berbagai jenis produk maupun jasa tengah meningkat seiring berkembangnya UMKM. Namun sayangnya, tidak semua orang sukses menjalankannya dan memiliki bisnis yang berhasil. Mengatasi hal ini, ketahuilah bahwa ada kunci sukses untuk membuat bisnis Anda semakin laris. Salah satunya mengandalkan teknik promosi menggunakan video.

Cara Membuat Video Promosi untuk Bisnis Anda

Cara Membuat Video Promosi dengan Evaluasi Konten

Pastikan sebelum Anda membuat video promosi untuk melakukan evaluasi konten video terlebih dulu.Tujuann evaluasi ini adalah untuk membuat yang relevan dan lebih tertarget. Tahap untuk melakukan evaluasi konten ini ada 2 tahapan, yang pertama adalah menentukan jenis konten yang sekiranya tepat dan sesuai dengan bisnis. Sedangkan yang kedua adalah mencari tahu siapa saja audiens atau target bisnis Anda.

Membuat Rancangan Video

Cara membuat video promosi selanjutnya adalah dengan menetapkan dan membuat rancangan video. Tujuan rancangan ini adalah supaya video tersebut hasilnya bisa semakin maksimal. Anda bisa membuat storyboard atau script, serta pilih host atau pembicara yang menarik audiens. Karena audio menjadi hal penting dalam sebuah video, di mana para pengunjung akan mendengarkan pembicaraannya.

Merekam dan Menyunting Video

Buatlah rekaman yang baik supaya memberikan hasil video yang kualitasnya baik. Dianjurkan supaya Anda menyiapkan dan menggunakan perangkat kamera, microphone, tongsis untuk penstabil gambar. Jangan lupa juga untuk menyunting video agar hasilnya lebih baik lagi. Proses sunting video ini juga bertujuan untuk mengedit adanya potongan potongan video yang sekiranya kurang tepat atau perli diperbaiki.

Terapkan Teknik SEO Video

Cara membuat video promosi selanjutnya adalah dengan menerapkan teknik SEO Video supaya lebih menyasar target. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan SEO. Diantaranya adalah membuat nama file video sebelum mengunggahnya, serta menggunakan kata kunci video tepat. Jangan lupa juga untuk menentukan judul video dan close caption yang unik dan jelas.

Platform Pemasaran Video

Terakhir, Anda harus menentukan tempat atau platform yang tepat untuk media pemasaran video tersebut. Pilih platform yang tepat seperti website, media sosial, atau bisa juga Youtube. Agar hasilnya lebih maksimal, tentu sabgat tepat dan disarankan agar Anda memilih semua platform tersebut. Sehingga nantinya calon audiens juga semakin banyak, di mana hal ini akan sangat menunjang penjualan produk maupun jasa bisnis Anda.

Itulah beberapa langkah dan cara membuat video promosi yang sekiranya perlu Anda lakukan. Selain itu, perhatikan kapan waktu yang tepat dan juga waktu yang tidak tepat untuk mengunggah video tersebut ke publik. Karena hal ini akan sangat menentukan banyaknya pengunjung video dan keberhasilan promosi Anda.