Menentukan tipe tata letak gudang adalah ketetapan mutlak untuk menunjang aktivitas di di dalam warehouse sebagai salah satu bagian berasal dari proses memproses sampai distribusi. Tata letak gudang atau warehouse layout merupakan suatu langkah untuk mengatur penempatan barang dengan metode spesifik untuk menunjang aktivitas pergudangan yang efektif dan efisien.

Aktivitas pergudangan sendiri meliputi penerimaan barang masuk, pengiriman barang keluar, dan juga penyimpanan stok. Kegiatan ini sanggup melibatkan bahan baku dengan kata lain raw material, barang setengah jadi, maupun hasil memproses yang siap dikirim. Tujuan utama pengaturan tata letak warehouse yakni menemukan metode paling tepat sehingga pergerakan barang di di dalam gudang berlangsung lancar.

Selain itu, obyek pengaturan layout gudang juga untuk memaksimalkan luas daerah warehouse sehingga cost penanganan kegiatannya tetap rendah. Biaya ini meliputi aktivitas pergudangan yakni transportasi barang masuk dan nampak dan juga penyetokan. Berikut ini lebih dari satu tipe layout warehouse yang harus Anda ketahui sehingga sanggup diterapkan.

 

Metode Dedicated Storage yang Sering Disebut dengan Penyimpanan Tetap

Salah satu tipe tata letak untuk gudang adalah metode dedicated storage. Jenis ini juga kerap disebut dengan penyimpanan tetap. Definisi penyimpanan tetap adalah telah ditetapkan titik-titik penyimpanan secara spesifik untuk tiap-tiap barang. Misalnya lokasi A spesifik untuk barang A, lokasi B spesifik untuk barang B, dan seterusnya.

Jika ingin menjadikan gudang Anda dengan metode dedicated storage ini, pastikan untuk menyadari berapa luas daerah warehouse tersebut. Dengan begitu, Anda sanggup memilih seberapa banyak daerah yang diperlukan untuk penyimpanan barang-barang tertentu. Usahakan sehingga daerah warehouse sanggup digunakan secara maksimal sehingga cost penanganan lebih hemat.

 

Metode Randomized Storage yang Bersifat Relatif Random

Jenis tata letak gudang selanjutnya adalah metode randomized storage. Sesuai dengan namanya, penyimpanan ini berupa relatif random menjadi tersedia potensi barang-barang disimpan secara kurang teratur. Terdapat barangkali perpindahan letak penyimpanan berasal dari titik A ke titik B atau sebaliknya. Biasanya metode penyimpanan ini cuma memperhatikan jarak terdekat dengan lokasi pengambilan.

Tata letak gudang memanfaatkan metode randomized storage ini dinilai kurang efektif dikarenakan perpindahan lokasi barang sehingga sanggup saja memicu staff kesusahan kala hendak memindahkan barang. Di samping itu, metode randomized storage ini juga dinilai kurang baik berasal dari faktor keamanannya. Sehingga metode ini memadai jarang diaplikasikan.

 

Metode Class Based Dedicated Storage

Metode ini menyerupai tipe tata letak penyimpanan tetap. Akan tapi terdapat sedikit perbedaan yakni pembagian klasifikasi berdasarkan parameter tertentu. Jadi, pembagian lokasi penyimpanan tidak harus berdasarkan satu macam barang secara khusus. Namun lebih kepada meninjau klasifikasi barang-barang di di dalam gudang.

Tidak menutup barangkali Anda menaruh lebih dari satu tipe barang di dalam satu daerah tapi tetap memperhatikan kelasnya. Jadi, metode penyimpanan ini sanggup dibilang lebih beri tambahan keleluasaan bagi pengelola warehouse. Sistem transportasi barang nampak dan masuk pada metode ini juga dinilai memadai efektif.

Untuk proyek properti logistik Anda, percayakan kepada inproperti.com sebagai salah satu marketing team Gudang PIK 2 . Kami beri tambahan pelayanan paling baik sehingga telah digandeng untuk bekerja mirip dengan puluhan perusahaan ternama baik lokal maupun multinasional. Ini tidak terlepas berasal dari kualitas standar dan juga spesifikasi yang memenuhi standar internasional. Oleh dikarenakan itu, tidak harus meragukan kinerja Inproperti .