Jika Anda telah diberi resep terapi oksigen untuk suatu kondisi medis, maka Anda tahu persis bagaimana sesi terapi yang menguras tenaga dan stres di luar rumah. Bepergian ke mana saja dengan tangki oksigen yang salah dapat melelahkan secara fisik, karena tangki yang lebih besar bisa sangat berat. Kabar baiknya adalah saat ini ada banyak produk terkait oksigen di pasaran yang dapat mengirimkan oksigen dengan kualitas yang sama untuk penggunaan terapeutik, dan semuanya dapat dengan mudah dikirim dan dipasang di rumah Anda. Tidak perlu lagi bepergian untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dengan peralatan usang.

Jenis Sistem Pasokan Oksigen

Produk terpenting terkait oksigen yang akan kita bahas di sini adalah sistem pengiriman yang tersedia di pasaran saat ini. Teknologi telah maju pesat sejak sistem rumah pertama dikembangkan dan peralatan oksigen medis saat ini jauh lebih ramah pengguna, dan jauh lebih mudah dioperasikan daripada sebelumnya. Jenis utamanya adalah sistem oksigen cair, sistem konsentrator oksigen, dan sistem konservasi oksigen.

Jenis yang paling populer adalah mesin konsentrator oksigen, yang beroperasi dengan mengambil udara dari lingkungan rumah, memisahkan oksigen darinya dan kemudian melepaskannya ke pasien dalam bentuk terkonsentrasi. Meskipun mesin ini mengandalkan listrik untuk beroperasi, tidak perlu menyimpan oksigen di dalamnya, sehingga tidak terlalu berbahaya di rumah.

Sistem konservasi oksigen lebih kecil dan mengirimkan oksigen sesuai kebutuhan Anda dengan perangkat aliran pernapasan yang melepaskannya saat Anda menghirup dan mematikannya saat Anda menghembuskan napas. Ini berarti pasokan oksigennya akan bertahan hingga enam kali lebih lama dibandingkan sistem lain. Mereka juga sangat portabel, dan lebih mudah bepergian daripada kebanyakan.

Sistem oksigen cair membutuhkan mesin yang jauh lebih besar di rumah untuk digunakan. Intinya, reservoir oksigen cair berada di dalam unit dan bila diperlukan untuk pengeluaran, unit pemanas akan mengubah cairan menjadi bentuk gas normal oksigen. Dikombinasikan dengan perangkat aliran konservasi dan kemampuan untuk mengisi tangki portabel dari unit utama, sistem ini semakin populer, meskipun ukurannya lebih besar.

Topeng dan Kanula

Bagian penting berikutnya dari sistem terapi oksigen di rumah adalah banyaknya masker dan kanula yang tersedia untuk mengalirkan oksigen ke pasien. Kebanyakan masker oksigen dibuat untuk menutup dan menutup hidung dan mulut serta memiliki tali untuk menahannya dengan kuat. Untuk pasien pengguna kronis, masker Venturi adalah yang paling direkomendasikan oleh dokter, terapis, dan praktisi rumahan. Sebagai masker oksigen, masker Venturi adalah yang terbaik, menggunakan pengukur aliran untuk memberikan jumlah oksigen yang paling tepat kapan pun pasien membutuhkannya.

Karena tidak semua orang dapat atau akan menggunakan masker dengan nyaman, pilihan alternatifnya adalah nasal cannula. Ini adalah perangkat yang memiliki dua port keluaran seperti cabang yang langsung masuk ke hidung pasien, dan dilengkapi dengan tabung panjang dan ringan yang dapat dipasang ke selang nilon dari mesin oksigen apa pun. Menggunakan kanula hidung juga berarti lebih banyak kebebasan bergerak, lebih sedikit tekanan pada leher dan bahu, dan dengan pipa setinggi 100 kaki yang tersedia untuk dipasang, bergerak di sekitar rumah menjadi jauh lebih mudah. Kanula juga dapat dengan mudah dipasang ke suplai oksigen portabel untuk digunakan di luar rumah.

Sistem Portabel

Oksigen portabel sangat penting bagi siapa saja yang masih memiliki kehidupan aktif di luar rumah, dan tidak ingin terapi oksigen memperlambat atau membatasi aktivitasnya. Oksigen terkompresi disimpan dalam tangki kecil dan ringan, dan dilepaskan dalam dosis yang tepat dengan bantuan pengukur aliran dan regulator. Jenis ini paling sering digunakan oleh mereka yang hanya membutuhkan oksigen saat melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki.

Sistem Helios adalah salah satu produk terkait oksigen paling populer di pasaran saat ini. Mengandung oksigen cair, dapat dipakai sebagai tas punggung, dan memiliki sistem konservasi sehingga memungkinkan untuk digunakan lebih lama daripada rata-rata tangki portabel di luar rumah. Seluruh unit beratnya kurang dari dua puluh pon, sangat ringan jika dibandingkan dengan tanki lainnya.

 

Sumber Artikel: https://umkm.momsharing.id/