Menurut Asosiasi Baja Dunia, Amerika Serikat adalah negara produsen baja terbesar ketiga di dunia. Orang Amerika menggunakan baja di berbagai sektor industri, mulai dari makanan kaleng hingga gedung pencakar langit. Ada banyak kategori baja yang berbeda yang dialokasikan untuk tujuan yang berbeda, tetapi salah satu yang paling umum adalah baja struktural. 

Baja struktural digunakan dalam proyek konstruksi atau bangunan. Dalam definisi paling dasar, baja struktural didefinisikan sebagai baja yang dibentuk untuk digunakan dalam konstruksi, tetapi itu tidak memberikan gambaran yang jelas tentang apa sebenarnya baja struktural itu. Sebagai perusahaan baja struktural lokal utama Anda di Indiana, kami ingin membantu memberi Anda pemahaman yang lebih jelas tentang apa yang membedakan baja struktural dari bentuk baja fabrikasi lainnya dengan mencakup dua karakteristik utamanya: komposisi dan bentuk.

Baca Juga : Baja Ringan Merk Taso

Komposisi 

Baja struktural adalah baja karbon, artinya memiliki kandungan karbon hingga 2,1 persen berat. Setelah besi, karbon adalah unsur terpenting dalam baja karbon. Peningkatan jumlah karbon dalam komposisi baja menghasilkan material yang memiliki kekuatan tinggi dan daktilitas rendah. Tergantung pada bagaimana baja akan digunakan akan menentukan tingkat atau kandungan karbon yang dibutuhkan.

Baja karbon rendah, juga dikenal sebagai baja ringan, adalah bentuk baja karbon yang paling banyak digunakan dan paling umum digunakan untuk keperluan konstruksi, itulah sebabnya baja karbon rendah adalah yang paling sering dipikirkan ketika mengacu pada baja struktural. Baja karbon rendah biasanya mengandung 0,04 persen hingga 0,30 persen kandungan karbon, yang membuatnya kuat namun lebih ulet daripada bentuk baja lain dengan kandungan karbon lebih tinggi. Meskipun baja karbon menengah dan tinggi (baja dengan kandungan karbon berkisar antara 0,31 persen hingga 1,50 persen) juga dapat dianggap sebagai baja struktural, ini biasanya digunakan untuk keperluan teknik mesin.

 

Shaping 

Tinjauan tentang baja struktural tidak akan lengkap tanpa membahas berbagai bentuk baja struktural. Kembali ke definisi dasarnya, baja struktural hanyalah baja yang dirancang untuk berbagai kegunaan dalam konstruksi bangunan. 

Bentuk baja struktural adalah profil yang dibentuk dengan penampang tertentu. Di bawah ini adalah beberapa bentuk baja struktural umum:

I-beam: Penampang berbentuk I yang ditutup dengan flensa di kedua sisinya

 

Bentuk-Z: Setengah flensa mengarah ke arah yang berlawanan menyerupai “Z”

Sudut: Penampang berbentuk L

Tee: Penampang berbentuk T

Batang: Sepotong baja persegi panjang dengan penampang melintang

Batang: Sepotong baja bulat atau persegi panjang

Karena keuletan baja struktural, berbagai bentuk, ketebalan, dan bahkan ukuran dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bangunan tertentu. Di Benchmark Fabricated Steel, perusahaan baja struktural tepercaya Anda di Indiana, kami merancang dan memproduksi baja struktural untuk memenuhi kebutuhan proyek Anda. 

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang kualitas dan komposisi baja struktural kami atau berbagai desain dan bentuk yang kami miliki, hubungi kami hari ini! Apakah Anda sedang mempertimbangkan proyek kecil pribadi atau pekerjaan konstruksi skala besar, tim ahli kami yang terdiri dari perakit dan desainer baja berpengalaman siap memberikan penawaran untuk proyek Anda.