Seperti yang sudah kita tahu bahwa Pipa PVC ini merupakan pipa yang paling umum digunakan di sebuah rumah untuk talang maupun saluran air. Ukuran pipa juga mempengaruhi tentunya berbeda untuk setiap kebutuhan.

Bahan baku untuk pembuatan pipa biasanya berupa plastik yang berbahan dasar Poly Vinyl Chloride, bahan yang satu ini termasuk material yang cukup umum dalam pembuatan saluran air hujan, untuk harga pipa pvc ini juga tidak semahal seng dan juga alumunium. Jika kamu berencana menggunakan pipa ini untuk pebuatan talang air, PVC tak perlu kamu rakit, karena sudah siap pasang dari pabriknya. Untuk Material plastik PPVC ini biasanya memiliki masa pakai satu sampai dua tahun. hal ini disebabkan oleh sifatnya yang tidak tahan terhadap panas dan juga berbagai kondisi cuaca lain dalam waktu yang terlalu lama.

Jika kamu gunakan pipa ini dengan jangka waktu yang lama, hal ini bisa membuat pipa PVC menjadi kaku. Selain itu pipa ini juga jadi mudah retak dan akan mengalami kebocoran dan mengharus kan kamu ganti dengan yang baru. Pada kesempatan kali ini mari kita ulas mengenai 4 macam standarisasi pipa PVC yang ada di Indonesia:

  1. Standar Nasional Indonesia

Standar Nasional Indonesia ini merupaka standarisasi industri yang tentunya dikeluarkan oleh otoritas Panitia Teknis yang sudah ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional atau BSN. Standar SNI ini hanya berlaku secara nasional yaitu, hanya di seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

  1. Japanese Industrial Standards

JIS ini mengatur standarisasi kegiatan pada industri Jepang. Untuk standarisasi yang satu ini dikoordinasi oleh Komite Standar Industri Jepang yang tentunya dirilis oleh Japanese Industrial Standards Association  atau bisa juga  Asosiasi Standar Jepang. Sebagai salah satu negara industri, Jepang ini perlu memiliki standarisasi sendiri supaya kualitas dari hasil industrinya akan tetap terjaga.

  1. British Standards

Standarisasi yang satu ini dikeluarkan oleh British Standard Institution atau BSI yang sudah ada sejak tahun 1901 dan dibuat atas dasar sistem kualitas,aspek rekayasa, keselamatan, dan juga keamanan. Standarisasi dari BS ini biasanya digunakan mengatur seluruh produk industri barang ataupun jasa di seluruh wilayah Kerajaan Inggris dan juga negara persemakmurannya .

  1. American Society for Testing and Material

ASTM ini didirikan oleh para insinyur dan juga ilmuwan yang berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1898. Pada awalnya untuk membuat standar baku untuk rel kereta api ketika industri perkeretaapian sedang berkembang dengan pesat. Standarisasi ini adalah standarisasi yang paling tua, dulu ASTM ini digunakan juga oleh negara maju dan negara berkembang, dan bukan hanya wilayah Amerika Serikat saja.

Dalam sistem JIS ini terdapat 3 jenis pipa PVC yang bisa kamu pilih diantaranta ada:

  • PVC Kelas AW

Jenis pipa ini memiliki bahan yang paling tebal dan bisa menahan tekanan hingga 10kg/cm2. Pipa yang satu ini sangat cocok digunakan untuk membuat saluran air yang memiliki tekanan tinggi atau saluran air yang menggunakan pompa air.

  • PVC Kelas D

PVC Kelas D ini biasanya digunakan untuk tekanan yang tidak terlalu besar karena pipa ini memiliki ketebalan yang sedang. Pipa yang satu ini bisa menahan tekanan hingga 5 kg/cm2.

  • PVC Kelas C

Pipa kelas C ini merupakan pipa paling tipis di antara pipa yang lain. Pipa ini biasanya digunakan untuk membuat saluran buangan air atau bisa juga di buat untuk pelindung kabel listrik.