Pencemaran udara merupakan salah satu wujud pengrusakan lingkungan yang diakibatkan dari aktivitas industri manufaktur maupun industri yang lainnya. Pada konsentrasi yang lumayan tinggi polusi udara akan mencemari udara sekitar lokasi industri hingga radius khusus.
Dust collector (pengumpul debu) dipergunakan pada beberapa macam industri yang melibatkan proses penyaringan seperti pada beberapa jenis industri kimia, cerobong pengolahan baja, kapur, tangki penyaringan pada pembuatan air minum kemasan, dan alat pembersih udara dalam ruangan.
Sebagai ilustrasi, contohnya pada pabrik yang memproduksi copling atau kampas rem. Banyak sekali debu yang dikeluarkan dari proses produksi seperti pembentukan bahan, penghalusan bahan dan pemotongan bahan.
Debu kampas amat berbahaya bagi pernapasan karena tidak terbebas dari pencemaran udara. Debu ini kasat mata dan sangatlah halus Setiap pekerja diwajibkan mempergunakan masker standar dan pakaian safety untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan.
Pada bidang industri kerap terjadi persoalan debu yang dikeluarkan pada waktu proses produksi. Debu ini bisa berpengaruh tidak baik untuk kesehatan dan mencemari lingkungan.
Pada kalangan perindustrian guna menangani soal debu itu banyak yang mempergunakan mesin dust collector yang berguna untuk menghisap udara yang berbaur dengan debu sebuah ruangan dan memfilter debu itu sehingga debu bisa dipisahkan dari udara.
Udara yang sudah bersih dikeluarkan atau disalurkan ke lingkungan sehingga tak terjadi polusi dan keadaan dalam ruangan pun terbebas dari debu-debu.