Manfaat daun pandan wangi untuk manusia cukup banyak mulai dari makanan, minuman hingga obat herbal. Pandan wangi merupakan tanaman tropis yang lebih dikenal dengan warnanya yang hijau pekat serta aroma khasnya.

Tanaman hijau satu ini mempunyai aroma khas perpaduan antara vanilla, almond, yang bisa menambah aroma pada masakan. Tak sampai disitu saja, khasiat daun pandan ternyata juga banyak dan bisa digunakan untuk kesehatan.

Beberapa orang kerap mengkonsumsi daun pandan dalam bentuk ramuah teh, yaitu daun pandan direbus lalu kemudian airnya dikonsumsi secara teratur. Adapun juga yang mengkonsumsi secara mentah, dengan cara memeras sari pati dari daun pandan yang kemudian diminum sebagai obat herbal.

Maka dari itu simak apa saja manfaat daun pandan untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.

Mendetoksifikasi tubuh

Mengonsumsi air rebusan daun pandan dapat menjadi pilihan detoks bagi tubuh. Di samping air lemon atau teh hijau, lho. Daun pandan memiliki sifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas sehingga sel-sel dalam tubuh terhindar dari kerusakan. Organ tubuh pun terlindungi dari penyakit.   \

Mengatasi Ketombe

Untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala gatal, Anda bisa menggunakan daun pandan.

Daun pandan cukup efektif mengatasi masalah ini. Anda cukup menghaluskan daun pandan yang sudah dicuci, kemudian campur dengan air secukupnya. Oleskan campuran tersebut ke seluruh kulit kepala.

Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan perawatan rambut dengan sari daun pandan secara teratur.

Baca juga : manfaat tanaman jarak tintir

Meredakan Demam

Demam termasuk gejala tubuh sedang melawan infeksi. Akan ada peningkatan suhu tubuh dan bikin enggak nyaman. Jika mengalami, cobalah manfaat air rebusan daun pandan untuk meredakan demam.

Cukup siapkan daun pandan yang masih segar dan rebus daun panda, lalu minum air rebusannya. Setelah itu, panas tubuh akan turun secara perlahan dan menenangkan.

Konsumsi secukupnya dan nikmati seperti ketika mengonsumsi teh hangat pada umumnya.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Rebusan daun pandan bisa menjadi alternatif menurunkan tekanan darah tinggi. Ramuan ini cukup efektif untuk meredakan sakit kepala atau kelelahan.

Rebusan daun pandan ini juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Menambah Nafsu Makan

Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh.

Kekurangan asupan nutrisi dari makanan dapat membuat tubuh lemas, tidak berenergi, dan menurunkan fokus. Beberapa faktor penyebab malas makan bisa karena sedang tidak enak badan, suasana hati tidak baik, atau juga karena faktor usia.

Meskipun malas sebaiknya jangan sampai melewatkan waktu makan ya. Nah, salah satu khasiat daun pandan yang mungkin belum kamu ketahui adalah dapat meningkatkan nafsu makan.

Kamu bisa minum satu cangkir teh daun pandan setiap pagi untuk merasakan khasiatnya.

Itulah beberapa manfaat dari daun pandan untuk kesehatan, kamu bisa membuat ramuan herbal sendiri dirumah dengan mudah.