Manfaat Dan Efek Samping Jarak Tintir – Jarak tintir, merupakan tanaman tropis dengan nama latin Jatropha multifida yang diketahui dari marga Euphorbiceae, tanaman satu berasal dari kawasan Amerika Selatan, yang kemudian menyebar ke Asia, termasuk di Indonesia.

Di tempat asalnya sana tanaman satu ini merupakan tanaman liar yang mudah tumbuh di sembarang tempat, sedangkan di Indonesia tanaman jarak tintir lebih ditanama sebagai tanaman hias dengan sebutan lain jarak gurita, jarak cina, pohon yodium dan pohon betadine.

Ciri khas tanaman satu ini ialah pohonya lurus yang dapat tinggi sekitar 3 meter, daunya menjari yang membuatnya mirip dengan tangan gurita atau singkok daun jari, mempunyai bunga kecil berwarna merah yang cantik, serta memiliki kandungan getah yang banyak.

Tahukah kamu bahwa tanaman jarak satu ini juga bisa digunakan sebagai obat, letak pemanfaatnnya ada pada bagian getahnya yang berwarna bening kekuning-kuningan. Selain ditanam sebagai tanaman hias tanaman jarak tintir kerap kali dimanfaatkan getahnya untuk mengatasi beberapa masalah kulit luar tubuh.

Getah tanaman jarak mengandung senyawa flavonoid, tanin, saponin, senyawa fitokimia berupa multifidone, (4E)-jatrogossidentadione acetate, labaditin, multifidol, biobellein, multifidol glucoside dan multifidin A. Disisi lain dari beberapa senyawa tersebut mempunyai efektivitas dalam mencegah infeksi, antiinflamasi, antimikroba, analgesik, antimikroba, antifungi dan mampu menyembuhkan luka layaknya obat antiseptik betadine. Itulah mengata tanaman satu ini juga biasa di kenal dengan nama pohon betadine.

Manfaat jarak tintir

Berikut beberapa manfaat dari tanaman jarak tintir alias jarak gurita, jarak cina, pohon yodium. pohon betadine.

1. Mengobati berbagai luka.

Beberapa luka kulit bisa kamu obati menggunakan tanaman jarak tintir loh, contonya sperti luka bakar, luka bernanah, luka tetusuk paku, luka lecet dan luka berdarah. Caranya cukup oleskan getah daun jarak ke area yang terluka secara teratur, maka dalam beberapa hari kedepan luka akan sembuh dengan cepat.

2. Mengobati sariawan.

Getah tanaman jarak juga bisa mengobati masalah sariawan di bibir, lidan dan gusi. Jadi jika kamu mempunyai masalah sariawan cukup gunakan getah tanaman satu ini dalam mengobatinya.

3. Menyembuhkan bisul dan jerawat.

Mengoleska getah jarak tintir ke jerawat dan bisul mampu mempercepat penyembuhan dan memperkecil ukuran, hal ini karena getah jarak tintir bersifat antibakteri yang mampu membunuh kuman penyebab jerawat dan bisul.

4. Meningkatkan produksi sel darah merah.

Getah dari pohon betadine di ketahui mampu meningkatkan hemoglobin dalam darah merah. Hemoglobin sendiri berguna dalam mengikat oksigen yang kemudian membawanya keseluruh tubuh.

Namun penelitian terhadap penggunaan getah tanaman satu ini belum diketahui secara menyeluruh, terutama dalam berapa banyak atau dosis dari pemakaian yang aman untuk tubuh.

5. Mengatasi kudis, kurap dan panu.

Kudis, kurap dan panu merupakan masalah kulit yang biasa di sebabkan oleh tunggau (untuk kudis) dan jamur (kurap, panu). Untuk itu jika kamu mempunyai masalah tersebut cukup oleskan getah daun jarak secara rutin dan teratur disetiap harinya.

Nah itulah beberapa manfaat jarak tintir untuk kesehatan tubuh baik luar maupun dalam.

Efek samping jarak tintir.

Adapun efek samping jarak tintir untuk kesehatan juga loh, akan tetapi selama penggunaan getah tanaman hanya untuk uar tubuh maka masih di katakan aman-aman saja, jika pun mungkin kamu hanya akan merasakan pedih diarea kulit saat mengoleskan getah jarak ke luka.

Namun jika kamu mengkonsumsinya jalam jumlah yang banyak makan kemungkinan bisa menyebabkan masalah mual, sakit perut, sakit kepala, muntah serta bisa menyebabkan aglutinasi dan hemolisis sel darah merah. Untuk itu harap berhati-hati jika ingin mengkonsumsinya.

Ref : https://www.healty99.com