Kupas tuntas Chemical Peeling – Pernah mendengar istilah Chemical Peeling? Chemical Peeling sebenarnya adalah langkah untuk mengelupas sel kulit mati pada kulit. Membuat sel kulit yang meregenerasi kulit yang lama adalah kulit yang lebih sehat dan lebih halus. Nha, untuk mendapat hasil kulit yang diidamkan, mungkin kulit kamu perlu mengalami pengelupasan ini beberapa kali. Untuk tahu prosedur pengelupasan kulit sepenuhnya, simak lebih lengkap bagian ini.

 

Maklon Kosmetik

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

Penjelasan Chemical Peeling

Chemical peeling adalah pengelupasan kulit secara kimiawi adalah salah satu metode perawatan kecantikan yang dapat diterapkan pada kulit wajah, tangan dan leher. Manfaat prosedur ini dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit.

Proses prosedurnya adalah mengoleskan larutan kimia pada area kulit yang diinginkan. Kulit perlahan akan mengelupas mengangkat sel kulit yang mati dan kotoran yang sebelumnya menempel di kulit.

Biasanya chemical peeling dilakukan pada kulit yang sehat dan tidak sensitif. Sebaliknya kulit yang kendur dan penuh dengan kerutan akan melalui proses pengelupasan yang kurang baik.

 

Jenis-jenis perawatan chemical peeling

Chemical peeling adalah prosedur pengelupasan dan pelapisan ulang kulit.

Tergantung masalah kulit yang dialami ini adalah jenis-jenis prosedur chemical peeling

Prosedur ringan

Pengelupasan kulit ringan yang bermanfaat menghilangkan lapisan kulit terluar yaitu epidermis.

Prosedur ini bermanfaat untuk mengatasi kerutan halus, jerawat, warna kulit yang tidak merata dan kulit kering. Prosedur ringan rutin dilakukan setiap dua hingga lima minggu.

Prosedur sedang

Prosedur Chemical Peeling sedang bertujuan mengelupas sel-sel kulit epidermis dan bagian atas lapisan tengah kulit yaitu dermis. Pengelupasan kulit secara sedang ini bermanfaat untuk kulit yang keriput, warna kulit yang tidak merata dan bekas jerawat. Disarankan melakukan prosedur ini berkali-kali.

Prosedur Dalam

Pengelupasan Chemical Peeling untuk bagian kulit yang lebih dalam.

Prosedur Chemical Peeling bagian dalam direkomendasikan untuk kerutan kulit yang lebih dalam, bekas luka, dan kulit dengan sel kanker. Prosedur Chemical Peeling bagian dalam tidak perlu pengulangan untuk mendapat hasil yang maksimal.

 

Baca juga: Raphael Michael CEO Pabrik Maklon

 

Manfaat Chemical Peeling

Chemical Peeling biasanya dilakukan di rumah sakit atau klinik kecantikan.

Sebelum prosedur dilakukan alangkah baiknya merapikan rambut, membersihkan wajah dari make up, dan mengenakan penutup mata seperti kacamata atau kain kasa terlebih dahulu.

Manfaat yang diberikan oleh Chemical Peeling antara lain

 

Mencegah jerawat

Jerawat adalah kondisi inflamasi pada kulit yang umum terjadi. Pengobatan jerawat dapat menggunakan salep atau obat oral. Salah satu manfaat dari chemical peeling adalah menghambat pertumbuhan jerawat pada wajah.

Selain itu chemical peeling juga memecah komedo (folikel rambut yang tersumbat) dan menurunkan produksi sebum dan minyak berlebih.

Di samping itu chemical peeling juga berperan dalam membunuh bakteri, mengurangi radang dan meningkatkan penyerapan obat seperti salep jerawat.

Chemical peeling tingkat ringan dan sedang biasanya digunakan untuk mencegah jerawat.

 

Mengangkat sel kulit mati

Manfaat yang biasanya dicari banyak orang dengan melakukan chemical peeling adalah mendapatkan kulit yang lebih halus. Tidak hanya itu chemical feeling juga meningkatkan dan meratakan warna dan tektur kulit.

Prosedur chemical peeling juga dapat ditambahkan dengan larutan kimiawi lainnya.

Area kulit yang sel kulit mati telah terangkat oleh proses pengelupasan chemical peeling akan menjadi lebih sehat, kenyal dan bernutrisi.

Ini juga adalah langkah untuk membuat kulit kamu bersinar dan cerah.

 

Menghaluskan kerutan dan garis wajah

Chemical Peeling bermanfaat untuk mengurangi munculnya kerutan-kerutan halus pada wajah.

Pertama adalah mengelupas lapisan luar kulit yang berkerut dan meregenerasinya dengan lapisan kulit baru yang cerah, halus dan tidak berkerut.

 

Menghilangkan bekas jerawat

Setelah jerawat mengempis, muncullah bekas jerawat. Kemudian kulit menghasilkan serat kolagen untuk meregenerasi area kulit yang merupakan bekas luka karena kulit yang meradang. Seiring kolagen melapisi bekas kulit yang rusak, bekas luka tersebut akan terlihat menonjol dan bergelombang atau disebut bekas luka atrofi yang membuat kulit terlihat seperti tertekan.

Chemical Peeling berperan dalam mengelupas kelebihan kolagen yang menumpuk di lapisan kulit atas atau epidermis.

 

Mengatasi Sunburn

Menurut penelitian paparan sinar matahari berkontribusi sekitar 90 persen dari tanda-tanda penuaan dini.

Nah, salah satu manfaat prosedur chemical peeling adalah membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari pada wajah, leher, dada dan tangan.

Prosedur pengelupasan secara ringan dapat mengobati flek hitam, bintik-bintik dan masalah pigmentasi lainnya pada kulit.

 

Mendukung khasiat skincare

Membahas perawatan wajah, tentu juga membahas mengenai skincare. Chemical Peeling mendukung untuk memaksimalkan khasiat skincare pada kulit wajah.

Setelah sel kulit mati mengelupas, skincare akan lebih mudah terserap ke dalam lapisan kulit yang baru.

 

Mengobati Rosacea

Rosacea adalah keadaan kulit ketika mengalami inflamasi yang tandanya adalah kulit kemerahan, bengkak dan benjolan kemerahan. Rosacea juga berperan dalam munculnya jerawat yang disebut sebagai acne rosacea. Peran chemical peeling adalah mengobati rosacea ini.

 

Meratakan warna kulit

Salah satu gangguan hiperpigmentasi pada kulit wajah yang sulit diatasi adalah Melasma. Terlebih lagi Melasma adalah gangguan hiperpigmentasi yang umum terjadi dan berpengaruh pada Kesehatan kulit seseorang. Biasanya Melasma terjadi karena lonjakan hormon, namun chemical peeling dapat membantu dalam membersihkan kulit secara menyeluruh, termasuk melasma ini.

 

Baca juga: Urutan Skincare Remaja

 

Resiko dan efek samping chemical peeling

  • Merubah warna kulit
  • Jaringan parut
  • Infeksi
  • Membahayakan jantung, hati atau ginjal