5 Alasan Kenapa Anak Harus Mendapat MPASI yang Tepat

Seperti yang kita ketahui menurut panduang dari WHO bahwa pada usia 6 bulan bayi sudah mulai boleh diberikan makanan pendamping ASI. Pada usia ini kebutuhan gizi harian pada bayi meningkat drastis sehingga pemberian ASI saja dirasa sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan gizi tersebut. Bagi orangtua baru tentunya hal ini menjadi pengalaman dan tantangan tersendiri, karena orangtua harus mempersiapkan menu makanan tiap harinya pada anak dan juga harus memperhitungkan kecukupan gizi yang masuk dari makanan yang diberikan. Maka dari itu kita akan memberikan kumpulan menu masakan sehari-hari untuk MPASI anak agar orangtua tidak kebingungan mencari ide menu hariannya dan bisa menyesuaikan makanan apa saja yang kira-kira cocok dan tidak cocok untuk diberikan pada anak. Berikut kumpulan menu yang bisa anda pilih :

  1. Bubur Beras dan ASI

Menu ini sangat cocok untuk diberikan pada bayi yang baru pertama kali memulai makan karena menu ini hanya terdiri dari nasi yang dihaluskan kemudian diberi campuran ASI. Menu ini cocok karena dari segi rasa tentunya anak sudah mengenal rasa ASI hanya saja bedanya terdapat perbedaan di tekstur makanan tersebut.

  1. Buah Alpukat dan ASI

Menu ini juga sangat cocok untuk bayi yang baru mulai untuk makan, pemberian campuran buah alpukat ini juga sangat baik karena buah ini kaya akan serat, vitamin, dan juga mineral. Hal tersebut nantinya dapat membantu melancarkan pencernaan pada bayi.

  1. Puree Brokoli dan Edamame

Menu makanan ini juga salah satu yang disukai bayi karena kaya akan rasa dan aroma. Proses pembuatan makanan ini hanya melewati proses pengukusan yang ditambah dengan sedikit bumbu kemudian semua bahannya dihaluskan. Menu ini juga kaya akan gizi yang baik.

  1. Bubur Nasi Ayam Brokoli

Menu makanan ini merupakan menu yang termasuk paket komplit karena didalamnya terdapat bubur nasi, kukusan ayam, kukusan tahu, brokoli, dan juga jagung yang dihaluskan dan diberi tambahan bumbu aromatik. Menu makanan ini mempunyai kadar protein dan lemak yang tinggi.

  1. Bubur Nasi Ikan Tongkol

Menu makana ini terdiri dari nasi yang dimasak lembek, ikan tongkol yang sudah ditumis dengan bumbu aromatic, kukusan brokoli, dan kacang polong. Kemudian semua bahannya dihaluskan dan diberi tambahan bumbu dan juga virgin coconut oil yang kandungannya sangat baik untuk anak bayi.

  1. Puree Wortel dan Kacang Polong

Menu makanan ini dibuat dengan bahan-bahan wortel dan kacang polong yang telah dikukus kemudian semua bahan tersebut di haluskan Bersama dengan kaldu ayam agar sedikit memberi rasa pada makanan tersebut. Makanan ini tinggi akan kandungan protein dan juga karbohidratnya.

Kumpulan menu-menu diatas merupakan contoh beberapa menu makanan yang bisa anda buat untuk makanan pendamping ASI pada bayi anda. Jangan lupa bahwa semua resep tersebut juga harus disesuaikan dengan selera si bayi, karena terkadang beberapa jenis makanan tertentu tidak cocok untuk diberikan pada bayi yang memiliki kelainan reaksi alergi. Selain makanan pokok tersebut jangan lupa berikan juga cemilan buah atau fingerfood pada anak, agar anak belajar mengenggam makanannya sendiri. Selain itu ciptakan juga suasana makan yang kondusif dan nyaman setiap kali anak akan memulai makan, karena itulah yang akan dijadikan kebiasaan sampai kedepannya. Semoga beberapa pilihan menu diatas dapat berguna ya untuk para ibu-ibu dirumah.