Khasiat Bengkoang merupakan tidak benar satu model tanaman umbi yang nyaris tidak dulu absen ke dalam menu rujak. Selain nikmat dimakan langsung, bengkoang juga sedap diolah jadi salad, lumpia, tekwan, sampai choipan.
Sayuran yang bernama latin Pachyrhizus spp ini memiliki kandungan banyak variasi nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh, meliputi serat, gula, karbohidrat, zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, zinc, tembaga, vitamin C dan E, asam folat, mangan, natrium, dan juga kalium.

Sederet Khasiat Bengkoang untuk Anak

Dengan kandungan gizi yang dimiliki oleh bengkoang, udah sepantasnya Bunda memberikan sayuran ini ke dalam menu harian Si Kecil. Beragam khasiat yang bisa diperoleh anak dari mengkonsumsi bengkoang adalah:

1. Menyehatkan saluran pencernaan

Kadar serat yang tinggi dalam bengkoang berperan penting dalam menyehatkan saluran pencernaan anak. Serat bisa membawa dampak tinja bergerak lebih lancar, sehingga anak terhindar dari gangguan pencernaan, layaknya sembelit.

Selain itu, bengkoang juga merupakan sumber prebiotik yang bisa meningkatkan kuantitas bakteri baik pada saluran cerna.

2. Mencegah dehidrasi

Bengkoang juga sayuran yang kaya bakal air. Bahkan, 85% dari kandungan bengkoang adalah air. Jadi, sayuran ini bisa Bunda menggunakan untuk jadi tambahan asupan air untuk Si Kecil, khususnya saat ia tengah banyak berkeringat. Ini bisa mencegah terjadinya dehidrasi pada anak.

3. Meningkatkan kekuatan tahan tubuh

Saat pandemi COVID-19 layaknya saat ini, miliki kekuatan tahan tubuh yang kuat merupakan tidak benar satu kunci sehingga tidak gampang tertular virus Corona. Nah, manfaat meningkatkan kekuatan tahan tubuh Si Kecil, Bunda direkomendasikan untuk memberikannya buah atau sayur yang memiliki kandungan vitamin C. Salah satunya adalah bengkoang.

Kandungan vitamin C pada bengkoang bisa memperkuat sistem imun tubuh dalam melawan bermacam virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, kandungan antioksidan pada sayur ini pun berperan penting untuk merawat sel-sel tubuh anak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Meningkatkan faedah otak

Walau jumlahnya sedikit, vitamin B6 pada bengkoang dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan anak. Vitamin ini berperan penting dalam meningkatkan faedah otak dan mood. Untuk memaksimalkan faedah ini, Bunda bisa memberikan sumber vitamin B6 lainnya kepada Si Kecil, layaknya pisang dan salmon.

5. Mencegah obesitas

Walau miliki rasa yang manis, bengkoang jauh lebih sehat dibandingkan camilan atau minuman manis yang sering kali digemari oleh anak-anak. Selain itu, sayur ini juga memiliki kandungan inulin, yaitu tidak benar satu model serat larut air yang bisa mengontrol gula darah dan membawa dampak kenyang lebih lama.

Dengan khasiatnya ini, bengkoang sesuai dijadikan camilan sehat dan lezat untuk anak, tanpa meningkatkan risiko terjadinya obesitas.

Itulah sederet khasiat bengkoang untuk kebugaran anak. Sayur yang berwujud umbi ini bisa dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan jus bersama buah atau sayur lainnya. Pastikan Bunda selalu pilih bengkoang yang segar, dan juga mencucinya sampai bersih dan mengupasnya sebelum diberikan kepada Si Kecil, ya.

Walau jarang, mungkin terjadinya alergi saat mengkonsumsi bengkoang selalu ada. Jadi, andaikata Si Kecil mengalami gejala alergi sehabis makan bengkoang, layaknya gatal-gatal, ruam, diare, dan muntah, langsung bawa ia ke dokter untuk beroleh penanganan yang tepat.