Alat USG, Jual USG

Ultrasound (USG) adalah metode diagnostik yang menggunakan teknologi gelombang suara frekuensi tinggi untuk menampilkan organ dalam. Ultrasound sendiri merupakan teknologi yang sangat membantu komunitas medis mendeteksi masalah atau penyakit organ yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Selain sebagai alat pendeteksi penyakit organ dalam,

USG juga dapat digunakan untuk memantau kondisi janin dan alat untuk prosedur pembedahan, seperti pengambilan sampel jaringan atau biopsi.

Meskipun pada awalnya USG lebih banyak digunakan sebagai alat bantu pengobatan, lambat laun USG juga digunakan sebagai alat untuk mendeteksi atau mendiagnosis penyakit. Tidak hanya karena dapat menggambarkan organ dalam melalui suara frekuensi ultra tinggi, tetapi juga karena metode ultrasound sangat aman, terutama untuk ibu hamil, karena tidak memancarkan radiasi.

Peralatan ultrasound yang umum digunakan Dalam bidang medis, ada tiga alat USG yang umum digunakan, yaitu USG ekstrakorporeal, USG ekstrakorporeal, dan USG ekstrakorporeal.

Ultrasonografi internal dan ultrasonografi endoskopi. Ultrasonografi ekstrakorporeal adalah perangkat ultrasound yang menggunakan probe dengan sensor di ujungnya untuk menangkap gelombang suara dari permukaan kulit. Alat USG ini biasa digunakan untuk memantau kondisi kehamilan atau janin, dan untuk memeriksa kelainan pada organ tubuh, seperti rahim, hati, ginjal, dan bagian dalam sendi.

 

Tidak seperti ultrasound eksternal yang menangkap suara dari permukaan kulit, ultrasound internal dan ultrasound endoskopi dimasukkan ke dalam tubuh untuk memeriksa kondisi organ. Ultrasonografi internal dilakukan dengan memasukkan probe selebar dua jari ke dalam vagina, dan biasanya digunakan untuk memeriksa organ dalam di sekitar panggul, seperti rahim atau ovarium. Pada saat yang sama, USG endoskopi menggunakan tabung tipis yang panjang dan fleksibel dengan kamera, cahaya dan sensor ultrasonik di ujungnya. Alat tersebut akan dimasukkan melalui mulut untuk memeriksa organ dalam bagian atas, seperti kerongkongan hingga lambung.

Menggunakan alat ultrasound 3D lebih rumit

 

Metode pemeriksaan ultrasound pertama kali muncul pada tahun 1960-an. Dengan perkembangan teknologi, munculnya gambar ultrasound juga berevolusi dari gambar hitam putih statis menjadi dimensi bergerak secara keseluruhan. Alat USG kini terbagi menjadi 3 jenis yaitu 2 dimensi, 3 dimensi dan 4 dimensi yang masing-masing memiliki perbedaan tersendiri.

 

Dalam pemeriksaan janin, USG dua dimensi merupakan alat yang paling umum digunakan di Indonesia saat ini. Alat yang menghasilkan gambar hitam putih datar ini dapat menampilkan ukuran bayi, volume cairan ketuban, dan kelainan fisik yang dapat dideteksi. Sayangnya, USG dua dimensi hanya bisa menampilkan gambar datar dan posisi janin di dalam rahim. Tidak seperti alat USG 3D dan 4D, yang dapat menampilkan gambar nyata, menunjukkan gerakan dan perkembangan janin.

 

Gunakan USG 4D untuk detail dan akurasi lebih lanjut

 

Jika USG 3D dapat melihat organ dalam, maka USG 4D dapat merekam gerakan janin secara real time. Dokter membutuhkan kondisi ini sambil mengamati lebih lanjut perilaku janin dan menentukan tindakan dan pengobatan lebih lanjut. Selain itu, USG 4 dimensi juga dapat membantu menentukan usia janin, kondisi janin, dan posisi plasenta yang berisiko terhadap kehamilan.

 

Ultrasonografi 4D meningkatkan hubungan ibu-janin

 

Dengan gambar yang lebih realistis seperti video yang dihasilkan oleh USG 4 dimensi, Anda dapat melihat gerakan dan aktivitas janin dengan lebih jelas, seperti tersenyum atau gerakan lainnya. Ini dapat membantu orang tua mendeskripsikan bayi mereka, dan juga dapat disimpan di CD atau flash drive untuk diputar kapan saja. Tentunya ini menjadi pengalaman dan memori berharga yang dapat meningkatkan hubungan ibu-janin.

 

Dalam kedokteran, USG adalah metode yang sangat penting dan berguna. Selain dapat mendeteksi penyakit, juga sangat berguna dalam tes kehamilan. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin banyak jenis peralatan ultrasound yang dapat digunakan. Jika Anda ingin mengetahui berbagai jenis alat USG yang digunakan dalam industri medis, Anda bisa mengunjungi Setia Manggala Abadi yang ahli dalam bidang penyediaan mesin USG bersertifikat CDAKB (Cara Baik Distribusi Alat Kesehatan).

 

Dalam kedokteran, USG adalah metode yang sangat penting dan berguna. Selain dapat mendeteksi penyakit, juga sangat berguna dalam tes kehamilan. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin banyak jenis peralatan ultrasound yang dapat digunakan. Jika Anda ingin mengetahui berbagai jenis peralatan ultrasound yang digunakan dalam dunia medis, Anda dapat mengunjungi Setia Manggala Abadi untuk mendapatkan penawaran terbaik.

 

Jual USG