Sagu merupakan salah satu jenis makanan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat di wilayah Indonesia Timur.  Sagu biasa diolah menjadi bubur sagu atau papeda yang kemudian dinikmati bersama sayur ikan kuah kuning sebagai lauknya.

Tekstur sagu yang cukup kenyal membuat makanan ini lebih mudah untuk dicerna dan juga mengenyangkan.  Selain papeda, sagu juga sering diolah menjadi aneka menu masakan dengan keunikan rasa yang tak kalah menggoda, salah satunya adalah kapurung.

Kuliner khas dari Sulawesi Selatan ini berasal dari wilayah Palopo, tepatnya Desa Luwu.  Cita rasa kapurung sangatlah enak, tidak kalah sedap dari sajian khas lainnya.  Menu berbahan sagu ini menawarkan sensasi rasa gurih, asam dan pedas yang sangat menggoda.  Cocok sekali buat disantap sebagai pelipur lapar di siang hari.

Kapurung dibuat dari adonan tepung sagu yang dilarutkan dengan air panas dan dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil seperti bakso.  Untuk kuahnya terdiri dari aneka bumbu seperti bawang putih, lada, kemiri, kunyit  garam, dan juga cabe.  Sementara rasa asam pada kapurung berasal dari buah patikala.  Cita rasanya akan semakin asam jika ditambahkan dengan air perasan jeruk nipis atau lemon sesuai selera.

Kapurung juga dilengkapi dengan aneka macam sayuran yang membuat kombinasi rasanya semakin istimewa.  Selain bayam dan jagung manis, kapurung biasa dimasak bersama kacang panjang, kangkung, terong, jagung manis, dan jantung pisang.  Sensasi rasa kapurung paling nikmat jika disantap selagi panas.

Kapurung bisa disajikan menjadi beberapa variasi menu, diantaranya adalah kapurung ikan, kapurung ayam, kapurung udang, dan kapurung campur.

Untuk menu kapurung ikan, selain sayuran dan bumbu juga diperlukan ikan.  Jenis ikan yang digunakan bisa berupa ikan tongkol, ikan cakalang, bandeng maupun tuna sesuai selera.  Ikan yang akan diolah menjadi kapurung dihaluskan dan direbus bersama bumbu yang telah disiapkan.  Sehingga menjadi kuah kaldu ikan yang cukup kental.

Selanjutnya aneka sayuran dan udang juga dimasukkan ke dalam kuah tersebut.  Langkah terakhir adalah memasukkan bola-bola sagu yang telah disiapkan dan hidangan kapurung ikan pun siap untuk disantap.  Sebagai pelengkapnya kapurung bisa ditambahkan dengan suwiran daging ikan sesuai selera.

Kamu bisa membuat sendiri menu kapurung di rumah sesuai kreasimu atau berburu kapurung di beberapa tempat makan yang ada di Sulawesi Selatan.  Sebagai referensinya berikut ini adalah beberapa tempat makan yang bisa disambangi untuk menikmati seporsi kapurung.

Yang pertama ada Rumah Makan Aroma Luwu yang berada di Jalan Beruang No. 63, Bonto Biraeng, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Rekomendasi selanjutnya adalah Rumah Makan Aroma Palopo yang beralamat di Ruko Mirah 2, Jalan Pengayoman No. 2, Pandang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.  Selain kapurung, rumah makan ini juga menyediakan menu khas Palopo lainnya yang tak kalah menggoda.

Ada juga Rumah Kapurung yang berlokasi di Tidung, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.  Tempat makan ini menyediakan menu kapurung ikan, kapurung ayam, kapurung udang dan campur dengan porsi yang cukup banyak sehingga sangat mengenyangkan.

Yang terakhir ada Kapurung Kasuari yang berlokasi di Jalan Kasuari No. 2, Kunjung Mae, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.  Di tempat ini kamu bisa menikmati seporsi kapurung yang cukup banyak dengan rasa yang menggugah selera.  Selain kapurung, tersedia juga aneka menu khas Sulawesi Selatan lainnya yang bisa dicicipi.

Sumber