jenis jenis akuntansi

Akuntansi adalah proses yang berfungsi mencatat transaksi keuangan pada bisnis, perusahaan dan organisasi. Seorang akuntan (orang yang berprofesi di bidang akuntansi) membuat ringkasan, analisa dan laporan sesuai dengan aturan akuntansi.

Laporan akuntansi selain bermanfaat untuk melihat perkembangan bisnis juga digunakan oleh pihak lain seperti pemerintah, lembaga pengawas dan untuk kebutuhan perpajakan.

Jadi akuntansi digunakan untuk meringkas transaksi dan posisi keuangan perusahaan selama perusahaan tersebut masih beraktivitas.

Namun pembuatan laporan akhir biasa diadakan dalam waktu 6 bulan sampai 1 tahun.

Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah proses yang didalamnya meliputi pencatatan keluar masuk kas, pendapatan, beban dan hutang perusahaan selama periode berjalan. Ada 2 jenis akuntansi terpenting yang dibutuhkan jika Anda ingin belajar akuntansi yaitu akuntansi manajemen dan akuntansi biaya.

Akuntansi manajemen adalah laporan akuntansi yang bisa membantu manajemen untuk menilai perusahaan guna perbaikan dan pengembangan bisnis.

Sedangkan akuntansi biaya menyangkut laporan biaya yang perusahaan tanggung selama periode berjalan dan akan digunakan dalam pengambilan keputusan tentang harga pokok produk.

Proses Akuntansi

Mungkin akan ada pertanyaan, bagaimana sih proses akuntansi itu? akuntansi bisa dianggap sebagai urat nadi perusahaan, dimana semua peredaran transaksi dicatat dan dibukukan. Laporan tersebut menyangkut semua lini bisnis, dari hulu ke hilir dari atas sampai bawah. 

Dengan adanya laporan akuntansi yang baik, maka manajemen dan pihak yang terkait bisa menentukan keputusan yang baik pula. Misalnya dalam periode tertentu perusahaan menanggung banyak biaya untuk produksi, maka manajemen akan mengelola biaya tersebut supaya makin efisien.

Pada akhir periode, akan diperoleh laporan akuntansi yang melaporkan tentang keadaan posisi dan arus kas keuangan perusahaan.

Jenis Jenis Akuntansi

Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen adalah akuntansi keuangan yang dibuat oleh akuntan dalam jangka waktu tertentu, misalnya 1 bulan sekali atau tiap 3 bulan sekali. Laporan ini diberikan kepada tim manajemen, supaya bisa dilakukan perbaikan secepatnya jika terdapat hal yang urgent.

Akuntansi Biaya

Akuntansi Biaya adalah akuntansi yang berisi tentang laporan biaya, misalnya biaya produksi, meliputi biaya operasional gaji, listrik, bahan, sewa alat dan yang terkait produk lainnya. Sehingga laporan  dari akuntansi biaya penting untuk menentukan harga jual produk.