1. Pemilihan Nama laundry yang tepat
Kita masuk ke strategi pemasaran laundry yang nomor wahid. Kalau Anda pernah membaca beberapa ebook soal pemasaran. Mungkin nomor 1 ini sudah amat sering Anda dengar. Oh ya, pemilihan nama yang ”eye catching” itu penting sekali. Makanya, tak heran banyak pemilik usaha meluangkan waktu khusus seperti merenung misalnya, brainstorming, acak kata dengan tujuan hanya untuk menemukan nama usaha yang mudah diingat, membawa hoki, serta akan membangun daya tarik tersendiri. Coba deh, Anda lihat beberapa brand laundry besar… namanya mudah diingat atau cukup interested kan. Ada kilo laundry, rumah laundry ada juga Melia.

Selain faktor itu, pemilihan nama juga harus memperhatikan segi filosofi. Cita-cita, maksud dan tujuan yang diinginkan oleh pendirinya. Misal Ayu Laundry… filosofinya ialah usaha laundry yang akan selalu Cantik sampai kapanpun bahkan di masa2 krisis moneter sekalipun.

Atau bisa juga Fast Laundry… yang mempunyai filosofi bahwa usaha laundry yang akan Anda usung nanti bakal selalu memberikan pelayanan yang cepat, garapan yang cepat, secepat yang tidak pernah diduga oleh para pelanggan.

Atau bisa juga Garasi Laundry, dimana namanya cukup nyentrik. Gerai ini dibuka karena menggunakan sebuah lahan garasi mobil yang disulap menjadi sebuah tempat pelayanan laundry. Bisa juga dengan yang lebih nyentrik lagi, yakni Bengkel Laundry misalnya… dan seterusnya. Layanan antar jemput laundry gratis palembang

Oke, jadi nama-nama yang kami sebutkan di atas ialah nama percontohan saja sekedar untuk membuka jalannya ide / inspirasi. Jika Ada kesamaan, sifatnya kebetulan saja…

Pemilihan nama juga harus berhati-hati, jeli dan juga teliti, kita sangat disarankan untuk memakai nama yang belum pernah dipakai oleh brand lain sebelumnya. Agar pelanggan tidak dibuat bingung, dan mengira oh itu perusahaan yang sepemilik padahal sudah beda managemen dan sistem.

Cara paling mudah ialah dengan cek di internet. Ketik nama usaha laundry yang akan anda pakai. Apakah nama tersebut sudah ada atau belum. Ini contoh cara pertama. Karena, biasanya usaha laundry rata2 sudah terdaftar di google map atau setidaknya memiliki sebuah akun media sosial yang biasanya muncul di pencarian. Jadi, ketika brand nama tersebut disebut akan muncul, jika ada nama yang bersangkutan.

Jika tidak muncul satupun nama yang ada di mesin pencari. Kemungkinan untuk pemberian nama Anda makin besar kemungkinanya.

Lalu, bagaimana solusinya jika kita sudah terlanjur suka dengan sebuah nama tapi ada brand dengan nama yang sama. Wah, berarti sudah gak ada kesempatan lagi dong. Padahal sudah lama nih cari inspirasinya…

Anda bisa menambahkan karakter tambahan atau suku kata tambahan. Misal, Anda pengin bikin dengan nama Rumah Laundry…. caranya sangat gampang. Bisa Anda tambahkan karakter tambahan… misalnya Rumahku Laundry, Rumah Laundry Go, D’rumah Laundry dan seterusnya.

Dalam pembuatan sebuah nama. Kreatifitas sangat diperlukan juga…

Nah, sepertinya untuk tips pemasaran nomor pertama ini sudah cukup dipahami ya. Jadi, tidak perlu kami panjang lebarkan lagi hehehe

2. Pemilihan Pewangi Parfum Laundry yang Tepat & Cocok
Kita masuk ke bagian nomor 2 dalam hal pemasaran laundry yang cukup strategis dan juga tidak kalah berbobot dengan yang sebelumnya. Dan kadang sering kita pandang sebelah mata dan jarang sekali dibahas. Nah, untuk nomor 2 ini rasanya kita punya salah satu contoh unit bisnis yang bisa kami jelaskan secara simple yang berkaca langsung dari salah satu contoh real di lapangan. Karena, kebetulan kami dulu pernah sempat menjadi pelanggannya dengan kurun waktu yang sangat lama. Dan hampir beberapa kawan kami juga menyukai menggunakan jasa tsb karena wannginya cocok.

Ada sebuah usaha brand Laundry di Borobudur Magelang. Dimana rata2 pelanggan suka dengan brand satu ini. Wanginya enak, tidak terlalu menyengat, pas dan banyak yang cocok. Harapannya, Anda bisa mencontohnya, namun mungkin saat ini Anda bingung caranya… Bagaimana sih biar seperti tu… Tenang saja kami akan berikan tipsnya sehabis ini

Nah, brand yang kami ulas tersebut cukup sukses menggaet para pelanggan di lingkungannya. Dimana yang menjadi ciri khasnya ialah wangi khas yang dimilikinya. Nah, namun ternyata wangi yang dimiliki brand tersebut hampir rata2 banyak yang menyukai.

Karena sukses memilih jenis wangi khusus pewangi laundry yang hampir disukai banyak orang. Maka, brand ini sukses menjaring banyak pelanggan.

Bagaimana kalau salah dalam memilih pewangi dan hanya sedikit yang suka dengan wangi tersebut ? [ Kebanyakan kita lebih suka memilih pewangi yang hanya suka menurut pandangan subyektif kita saja, sehingga kita tidak tahu… apakah orang2 juga suka dengan pewangi yang kita suka…, atau malah jangan-jangan hanya kita saja yang suka. Ini sangat penting untuk mendapatkan penilaian obyektif dari banyak orang ]

Asal memilih pewangi, kesempatan untuk mendapatkan pelanggan besar sedikit dong / kurang maksimal dong ? Waduh ku harus bagaimana nih…

Wangi yang bagus ialah wangi yang berkarakter, enak dihirup, tidak terlalu menyengat namun banyak yang cocok. Coba deh Anda lakukan tes 3 atau 4 aroma parfum dengan 10 orang relawan yang bisa Anda mintai bantuannya.

Anda bisa membeli parfum laundry ke salah satu toko / distributor penyedia parfum laundry. Beli 2 atau hingga 4 sample yang bisa Anda bawa pulang untuk uji ke 10 orang yang siap menjadi relawan Anda.

Dari 4 yang Anda punyai. Mana yang mendapatkan penyuka aroma terbanyak. Disitulah yang pantas Anda pilih …

( Anda tidak perlu mengumpulkan 10 orang relawan tersebut ke dalam sau tempat, Anda bisa mendatangi satu persatu di tempat mereka masing2 dengan langsung membawakan 4 sample yang sudah Anda bawa, jangan lupa untuk mencatat penilaian setiap orang yang Anda temui ) Dari situlah kita bisa mendapatkan hasil seperti gambaran dibawah ini

Sebagai contoh :

Parfum A : Hanya mendapatkan 5 orang yang menyukai 5 orang tidak

Parfum B : Hanya 3 orang yang suka, selebihnya 7 orang memilih tidak

Parfum C : Mendapatkan 7 orang suka, artinya hanya 3 yang tidak menyukai

Parfum D : Punya 9 penyuka, dan hanya 1 yang tidak cocok

Dari 4 bahan sample yang sudah beli di atas. Dengan mudah Anda bisa memutuskan mana yang paling cocok untuk Anda gunakan untuk wewangian khas Usaha Laundry Anda, yakni dengan parfum D.

Dari situ, kita perlu menghindari penggunaan parfum yang B karena mendapatkan sedikit yang suka sedangkan 70% selebihnya ialah angka yang tidak menyukai. Kalau kita pilih untuk usaha, maka akan mendapatkan respon pelanggan yang sangat rendah.

Nah, setelah membaca cara ”menemukan wangi yang cocok dan banyak yang suka” mungkin Anda akan berfikir wah kok baru kepikiran juga ya. Kenapa gak dari kemarin…

Tenang saja masih bisa kok di evaluasi dan diperbaharui…

Anda bisa mengganti kok dan mengubah parfum laundry Anda ke yang lebih baik lagi.

Boleh gak saya menggunakan relawan lebih dari 10 ? Misal 20 atau bahkan sampai 25 orang ? Boleh-boleh saja. Makin banyak teman, sahabat, rekan yang mau mencoba aroma tersebut. Makin besar pula Anda mendapatkan aroma terbaik yang Anda cari-cari…

3. Membuat Poster / Stiker Promosi Laundry
Nah, memasuki ke trik cara pemasaran laundry bagian ke 3 sebenarnya cukup konvensional dan sudah umum dipakai. Namun mungkin dari judul yang kami sebutkan di atas rupanya Anda sudah bisa menangkap maksud dari penjelasan kami. Ide promosi laundry yang ketiga ini sangat sederhana tapi sebenarnya bisa dibilang cukup efektif digunakan, walau sudah mulai banyak yang beralih ke pemasaran ala digital. Tapi jangan salah, ini tidak kalah berguna loh ….

Buatlah sebuah iklan promosi penawaran jasa iklan Laundry Anda dengan berbagai ide yang bisa dituangkan ke dalam sebuah poster atau stiker yang bisa Anda cetak dalam jumlah puluhan atau ratusan. Dimana Anda bisa memesannya ? Yakni ke sebuah percetakan….

Dalam percetakan, ada bermacam2 jenis stiker. Ada yang stiker cutting, ada yang terbuat dari kertas, ada yang plastik. Untuk yang kertas, umumnya mudah sobek, juga mudah rusak jika terkena air. Namun mampu terpasang awet setidaknya 1 bulan. Hanya saja, keunggulannya ialah harga lebih murah. Tanyakan ke pihak percetakan, mana yang cocok untuk Anda gunakan dan mintalah detail pricelistnya.

Untuk stiker / poster ini bisa ditempel ke beberapa lokasi yang mungkin banyak dilalui orang, atau di tempat yang cukup ramai. Dimana terkadang ada beberapa orang yang mungkin sempat untuk membaca poster iklan yang Anda buat.

Tapi Anda juga harus mengetahui, area mana saja yang ingin Anda layani. Semisal Anda hanya ingin fokus ke area 1 kecamatan saja. Maka, memasang poster stiker iklan di luar kecamatan akan menjadi tidak efektif lagi.

Ada beberapa titik yang bisa Anda sasar. Misal di tempel di daerah komplek perumahan, pertokoan, sekolahan, pasar, terminal, gang dan masih banyak lagi titik keramaian lagi lainnya.

Tapi untuk menghindari masalah. Ada saran penting yang wajib Anda catat.

Anda mungkin membutuhkan ijin untuk pemasangan di tiap titiknya agar pihak yang bersangkutan berkenan dengan maksud dan tujuan Anda.

Misal, Anda ingin memasang stiker poster di sebuah toko pulsa di jarak 1 kilometer dari Laundry Anda. Setiba disana, Anda bisa meminta ijin dengan pihak pengelola atau pemilik toko pulsa untuk pemasangan poster, syukur2 Anda bisa ngobrol dengan pihak toko mengenai produk yang Anda punya.

4. Mandaftarkan Usaha Laundry di Google My Business
Anda mungkin pernah melihat iklan Google di Televisi. Dimana alur ceritanya, seorang aktor iklan mulai menanyakan sesuatu melalui smartphone dengan sebutan ”OK Google” lalu dilanjutkan dengan perintah ”restoran di Jakarta” atau perintah lain ”tempat wisata di Bogor” atau bisa juga dengan sebuah pilihan perintah lain ”Barbershop di Bandung” … lalu dengan sigap Google akan menampilkan beberapa daftar restoran di jakarta disertai jarak, jam buka, petunjuk kesana, ulasan berbintang dan banyak lagi lainnya.

Mungkin Anda akan berfikir. Loh, bagaimana sih para restoran tersebut terdaftar di direktori pencarian Google ? Anda mungkin akan bertanya kepada beberapa orang yang paham dengan teknis Internet Marketing, ahli komputer atau teman yang sudah biasa bermain gadget. Anehnya, Anda belum mendapatkan jawaban yang menemui titik terang.

Sebenarnya sederhana, untuk bisa masuk dalam direktori bisnis di pencarian google kuncinya hnya mendaftakan di Google Map / Google My Business. Dan untuk saat ini, tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Selagi masih gratis manfaatin aja yukk,,,

Caranya sangat sedehana, untuk mendaftarkan kita memang harus mempunyai akun google, atau akun Gmail juga bisa.

Kemudian Anda bisa memilih Sign Up di Google My Business. Anda bisa data lengkap nama Usaha, titik kordinat lokasi dengan pin yang bisa Anda drag, menambahkan kategori usaha, jam buka dan jam tutup, kisaran harga jika ada, dan nomor telepon. Namun setelah isi data tsb, ada satu langkah lagi yang perlu Anda lewati, yakni harus melewati proses veriikasi pin yang akan dikirimkan melalui jasa kantor pos yang biasanya akan tiba dalam waktu 1 mingguan setelah dikirim dari Google Pusat. Setelah verivied, tinggal tunggu tayang saja…

Hasilnya, misal Anda tinggal di Ungaran Semarang misalnya.

Ketika Anda ketik ”Jasa Laundry di Ungaran” maka di hasil pencarian, akan muncul salah satu laundry Anda.

Widiih keren amat ya….

5. Buat Orang Bercerita pengalaman menggunakan Laundry Anda
Setiap orang pasti punya pengalaman menggunakan suatu jasa, atau membeli suatu produk di suatu tempat. Dan biasanya, mereka akan saling bertukar cerita dan meminta pendapat kepada teman2nya terhadap apa yang sedang dibutuhkan. Dan membangun sebuah track record bagus ini penting dalam hal promosi usaha.

Salah satu contoh mungkin seperti ini. Pak, kalau cari jasa servis komputer yang bagus dimana ?

Kemudian salah satu orang yang punya catatan pelayanan akan menjawab. Oh di servis A, Garapannya bagus, cepat, pelayanan ramah, kadang bisa ditunggu, jarang ada problem. ( menawarkan 5 keunggulan )

Kalau yang B deket komplek gimana pak ? Yang sana jadinya sering lama, harganya mungkin sama, terkadang harga setelah jadi suka berubah. Tapi hasil bagus… ( menawarkan 1 keunggulan )

Oke, jadi saya akan ke yang A saja ya pak… soalnya sangat recomended ya pak kayaknya.

Itu ialah contoh catatan yang menawarkan 4 keunggulan. Bisa saja kita fokus dengan 1 keunggulan untuk track record.

Misal fokus ke harga yang paling murah, pelayanan paling murah atau apa saja. Dan pastikan 1 poin yang ingin Anda unggulkan tersebut, Andalah yang paling menonjol diantara rival Anda. Untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih baik

Buatlah sebuah konsep, dimana setiap pelanggan yang menggunakan jasa laundry Anda akan suka bercerita untuk menawarkan jasa Anda ke teman2 mereka.

Apa yang ingin orang lain ceritakan tentang pengalaman menggunakan jasa laundry Anda…

Wah kalau ke Laundry A suka dikasih es teh gratis, atau snack gratis. Atau cerita wah kalau pakai Laundry A harganya selalu di korting. Wah, disana pelayannya muda2 semua hehehe… bikin betah hehehe

Ini hanya percontohan saja.

Hindari membuat 1 pengalaman buruk pada pelanggan yang membuat kecewa. Misal ada barang yang tertukar, barang yang jadi sampai telat 2 hari.

Kalaupun Ada, gantilah kerugian pelanggan dengan 2 kali lipat atau 3 kali lipat yang dia dapat.

Ini seperti cerita salah satu pengusaha legendaris Indonesia yang bernama Bob Sadino. Beliau pernah berjualan telur,

Sampai ada cerita, ada pelanggan mendapatkan 1 butir telur busuk. Tak mau kehilangan masa depan usaha. Bob Sadino menggantinya dengan 10 butir telur untuk 1 telur yang busuk.

Akhirnya cerita dilapangan menjadi menarik. Oh beli telur saja di Pak Bob, soalnya kalau ada yang busuk diganti 10. Kan lumayan…

Memang akan terasa merugikan di awal. Tapi, justru disitulah strategi promosi usaha sedang berlanjut dan membawa manfaat jangka panjang.

Untuk strategi pemasaran Laundry nomor 5 sudah dipahami ya. Intinya, buatlah sebuah pengalaman yang menarik untuk setiap pelanggan dan hindari pengalaman buruk atau segera menggantinya namun dengan nilai yang 2 kali lebih baik.

6. Buatlah Sebuah Program Promo di Bisnis Laundry Kamu
Di dalam sebuah program promo di bisnis apapun. Terkadang kita harus merelakan u=mengesampingkan untuk mengambil untung besar seperti biasanya, terkadang kita justru tidak mendapatkan untung sama sekali atau bahkan lebih buruk terkadang bisa rugi namun itu semua demi kepentingan promosi Laundry Anda.

Namun, disitulah momen kita untuk menggaet pelanggan sebanyak mungkin untuk lebih mengenal usaha kita sekaligus menjadi calon pelanggan tetap kita di kemudian hari.

Dari 100 pelanggan yang mengambil promo Anda. Anda bisa mengharapkan setidaknya 30 pelanggan untuk melakukan repeated order di saat sedang tidak promo.

Atau bisa mendapatkan pelanggan tetap baru sebanyak 20 orang. Lumayan bukan, sering2 saja untuk membuat program promo.

Bahkan ada manfaat lain dalam program promo tsb. Anda bisa menyimpan database pelanggan2 baru, dimana Anda bisa menawarkan berbagai penawaran melalui kontak2 pelanggan yang sudah tersimpan.

Apa saja sih contoh promo yang cocok untuk bisnis laundry ini :

Diskon Laundry 50% atau separuh harga
Laundry 2 kilogram dihitung 1kg
Hari Jumat atau Minggu 10 pelaundry pertama gratis
Flash sale 1 hari diskon 70% lebih
Dan lainnya
Silahkan Anda melakukan eksplorasi ide sebanyak mungkin. Untuk menemukan ide promo yang paling menarik buat usaha Laundry kamu.

Ingat, ide promo ini Anda lakukan dengan waktu-waktu tertentu saja. Da n Anda harus memperhitungkan betul berapa dana yang Anda butuhkan, kapasitas pegawai serta berbagai aspek lainnya.

Jangan sampai dana habis hanya karena promo yang terlalu over sampai Anda tidak tahu sampai mana pengeluaran yang sudah Anda habiskan.

Atau Anda tidak tahu kapasitas pegawai laundry Anda. Jadi, ini juga perlu dicermati juga untuk hindari over dana dan over kemampuan tenaga SDM.

7. Antar Jemput Gratis Pakaian Pelanggan
Ada salah satu layanan yang sangat efektif yang pernah berhasil diaplikasikan oleh salah satu bisnis Laundry milik seorang pengusaha muda di suatu tempat di desa.

Pemuda ini menawarkan pelayanan antar gratis tis tanpa sepeserpun biaya antar jemput. Dan justru hal ini menuai respon pelanggan yang sangat besar.

Banyak pengguna jasa laundry yang pada mulanya sama sekali tdk terbiasa pakai jasa laundry akhirnya menggunakan jasanya.

Bbahkan tak tanggung-tanggung, banyak yang mulai beralih ke jasa nya karena kebanyakan pelanggan ialah mereka yang mempunyai kesibukan cukup tinggi dan tdak sempat untuk keluar rumah.

Terlebih untuk yang punya rutinitas kerja padat, akan sangat suka memilih laundry antar jemput gratis ini.

Anda bisa membuat zona gratis untuk 1 desa, atau 1 kecamatan, atau lebih ekstrem lagi bisa membuat penawaran gratis untuk zona 1 kota.

Makin besar zonanya, makin banyak calon pengguna Anda. Hanya saja dibutuhkan sebuah managemen yang betul agar tidak berantakan nantinya.

Dibutuhkan juga tenaga khusus antar jemput, jika nanti suatu ketika order melebihi target.

Kemudian untuk jenis kendaraan, pilihlah kendaraan motor yang hemat bahan bakar. Hemat BBM ini penting, dan ini juga banyak dilakukan oleh para abang2 gojek dan abang Taxi Online.

Kendaraan yang hemat bahan bakar tetap untung banyak. Kalau boros ya untungnya tipis.

Untuk tenaga antara jemput ini apakah bisa merangkap dari tenaga pencuci atau tenaga setrika ? Atau lebih bagus fokus saja

Untuk laundry dengan kepasitas pelanggan kecil, sistem merangkap mungkin masih bisa terback up. Tapi untuk yang sudah memiliki kapasitas pelanggan atau garapan laundry banyak. Justru merangkap akan menjadi sangat beresiko. Pegawai akan jadi susah atur pekerjaan, ambil barang dulu atau cuci dulu, dikhawatirkan akan ada 1 job yang tidak beres.

Nah, ketika hal ini terjadi kita mungkin akan menyalahkan pegawai. Cara terbaik ialah, memfokuskan pekerjaan antar jemput tanpa dilibatkan di pekerjaan dalam baik mencuci, menyetrika, atau mengeringkan pakaian.

8. Kerjasama dengan Instansi, Lembaga / Perusahaan Sistem Harga Khusus
Dalam memasarkan laundry ternyata tidak lepas dari mencari mitra tambahan, yakni dengan menggandeng beberapa instansi atau perusahaan. Terapkan sebuah penawaran khusus kepada pihak yang akan Anda ingin ajukan kerjasama.

Bisa harga khusus, atau prioritas khusus. Salah satu pihak yang bisa Anda ajukan kerjasama dalam hal ini ialah bisa ke sebuah perusahaan akomodasi yang meliputi hotel, villa, homestay atau juga guest house.

Pihak akomodasi akan dengan senang hati menerima penawaran Anda dan mempertimbangkan tawaran khusus yang Anda berikan.

Untuk perusahaan, Anda bisa tawarkan harga khusus untuk pegawai2 nya…

Untuk tempat sebuah club olahraga, bisa tawarkan harga khusus untuk membernya. Atau sistem bonus kepada pemilik club olahraga jika bisa menetapkan anggotanya menggunakan jasa laundry Anda.

Bahkan Anda juga bisa gandeng sebuah komplek asrama yang ditempati pelajar, santri ataupun bahkan mahasiswa.

Tentukan harga penawaran spesial, namun Anda tetap untung disitu. Untuk kemitraan ini, terkadang kita akan lebih fokus mencari keuntungan dari segi kuantiti. Tapi kita tidak boleh sampai melupakan aspek kualiti, karena jika jelek. Kita akan membuat pelanggan kecewa dan tidak akan menggunakan jasa kita lagi

9. Menggunakan Media Sosial
Hampir tiap orang di generasi saat ini sudah banyak menggunakan internet. Beberapa diantaranya hampir selalu menggunakan media sosial untuk sarana hiburan dan akses komunikasi. Di media sosial kita tak hanya bisa mempublikasi banyak hal tentang status kita, atau koleksi foto yang kita punya.

Lebih dari itu. Sebenarnya kita juga bisa gunakan sebagai wahana untuk promosi usaha, termasuknya untuk promosi iklan layanan Laundry Anda. Terlebih menggunakan medsos itu sifatnya gratis kok. Tidak membutuhkan biaya banyak untuk mencetak leaflet, brosur dan sebagainya.

Iklan yang dibutuhkan hanya berbentuk teks, atau gambar yang bisa di share dan dilihat oleh beberapa pengguna sosmed.

Jika akun sosmed Anda mempunyai follower banyak. Maka, Anda akan lebih mudah dalam menjaring banyak pelanggan.

Nah, ada banyak sekali aplikasi media sosial yang cukup membantu dalam urusan promosi bisnis Anda. Salah satunya ialah Instagram dan juga Facebook.

Keduanya cukup bagus, karena hampir 2 aplikasi tersebut hampir digunakan oleh pengguna saat ini. Dengan total sudah milyaran pengguna. Anda tentu bisa gunakan aplikasi tersebut dengan lebih bijak untuk keperluan yang lebih produktif dan hasilkan uang.

Buat Anda yang ingin usahanya lebih fokus dikenal di daerah. Utamakan untuk menambah pertemanan media sosial dengan beberapa pengguna yang 1 daerah saja, untuk dapatkan calon pelanggan yang lebih menyasar.

10. Membuat sebuah website
Untuk yang nomor 10 ini memang sebuah langkah besar dalam pemasaran Laundry, yang menjadikan usaha Anda nampak lebih professional daripada sebelumnnya.

Website sendiri selain sebagai company profile usaha yang berwujud online juga bisa jadi lahan promosi usaha sendiri.

Banyak pelanggan yang akan dapat mengakses informasi update online yang akan Anda tawarkan.

Banyak hal baru yang bisa Anda bagikan ke publik.

Website bisa diakses oleh publik yang cukup luas. Hanya saja untuk website baru memang butuh sering2 di update agar bisa mempunyai visitor yang stabil.

Kadang kita sering berfikir, untuk bikin website pribadi sarana promosi bisnis biaya yang dibutuhkan mencapai puluhan juta. Ternyata tidak !

Hanya dengan budget 1 juta saja, kita sudah punya website pemula yang siap pakai. Tinggal nanti fokus ke optimasi dan sering2 saja update agar website bisa berkembang lebih baik.

Untuk urusan ini, Anda bisa konsultasi dengan Tim Indomediapromo, konsultan IT atau dengan developer website. Ada banyak sekali paket yang akan ditawarkan beserta keunggulan masing-masing.

Dalam website, Anda bisa membagikan informasi penawaran promo harian, mingguan Laundry Anda. Dimana kita bisa menata header, menambahkan sebuah elemen logo, menu navigasi, konten artikel, foto, contact informasi, daftar harga, dan penawaran2 lainnya yang tinggal Anda upload saja, seperti upload foto di sosmed.

Bikin website seperti bikin toko. Makin bisa dana yang Anda keluarkan, makin besar hal yang bisa dibangun dalam toko tersebut. Jadi, tidak heran… kenapa ada perusahaan yang bikin website sampai keluarkan dana di atas 10 juta.

Website tersebut sudah menjelma seperti ruko, atau bahkan bisa sekelas MALL online. Namun, ini butuh biaya yang besar bisa di atas 10 juta lebih. Bagaimana dengan website untuk jenis usaha Laundry.

Estimasi biaya 1 juta hingga maksimal 5 juta sudah cukup bagus.

11. Membuat Brosur dan Membagikannya
Nah, ini mungkin Anda juga akan berkata… wah ini mah saya udah tahu… eh malah saya sudah biasa pakai ini.

Karena sudah paham betul dengan cara promosi laundry dengan tips yang ke 11 ini. Jadi, kita akan bahas secara singkat saja.

Buat Anda yang belum tahu. Oke deh, kita kasih tahu prosesnya.

Bikin brosur cukup gampang. Media iklan ini biasa ditawarkan oleh pihak Advertising atau percetakan. Biaya yang ditawarkan akan dihitung per lembar, atau bisa juga per 1 rim. Pilihlah percetakan yang sedang tidak lagi over job, untuk menghindari Anda harus antre memasukkan proyek Anda, atau harus nunggu lebih lama pesanan jadi. Mintalah informasi ke teman, dimana percetakan yang garapanya cepat dan murah, namun recomended.

Harga per 1 rim, tidak ada patokan pasti ada yang 150 ribu hingga 400ribu per 1 rimnya tergantung dari jenis kertas dan kualitas. Untuk msalah desain tenang saja. Anda cukup menyampaikan isi materi dalam brosurnya akan di isi materi apa saja ? Pihak percetakan mempunyai tenaga khusus desain ( ada yang gratis, ada yang dihitung per jam ).

Desain brosur sudah mendapatkan ACC dari pihak Anda. Tinggal siap cetak.

Untuk materi ini biayanya tidak terlalu besar kok. Setelah brosur jadi, Anda tinggal membagikannya kebanyak orang. Anda tidak perlu menjelaskan brosur ke tiap orang yang Anda beri, kecuali jika Ada yang bertanya. Karena, semua materi penjelasan sudah Anda masukkan dalam brosur tersebut.

3 materi yang paling penting untuk di isi dalam brosur ialah contact person, alamat usaha dan nama usaha. Selebihnya mau Anda isi apa saja bisa ! Tanyakan ke pihak desain grafis, biasanya materi apa saja yang perlu di isikan.

12. Beriklan di Direktori Bisnis seperti Indomediapromo Bisnis
Mungkin Anda membutuhkan referensi tempat beriklan di media massa online yang bisa tayang lebih lama namun dengan budget rendah. Nah, dengan hadirnya Indomediapromo Bisnis ini menjawab segala kebutuhan promosi Anda.

Kami menawarkan paket reguler dan paket prioritas. Keduanya mempunyai masa tayang iklan selama 1 tahun. Wah, lumayan lama juga ya.

Indomediapromo Bisnis mempunyai jangkauan pasar yang sangat luas. Jadi, Anda bisa membuat branding usaha Laundry yang lebih luas dan dikenal oleh banyak market baru.

13. Beriklan di Koran / Tabloid dan sebagainya
Dalam media massa koran, terdapat sebuah halaman khusus untuk periklanan. Dimana hitungan biaya dihitung per milimeter kolomnya. Tanyakan ke pihak redaksi koran untuk informasi lebih detailnya.

Koran biasanya akan dicetak dalam oplah yang massal. Dalam satu kali produksi, koran mampu membuat seratus ribu lembar sekaligus.

Koran, hingga saat ini masih banyak digunakan oleh kalangan2 tertentu sehingga tetap bisa dikatakan efektif hingga saat ini.

14. Beriklan di Radio
Selain beriklan di koran, jika Anda punya media promosi lain yang lebih berbeda juga tidak jadi masalah. Ada media massa seperti Radio yang menyajikan format iklan dalam bentuk Audio.

Jangkauan Radio biasanya untuk 1 kota.

Nah, buat yang ingin beriklan di Radio. Anda juga perlu tuh ke kantor radio yang ingin Anda gunakan.

Jika Anda merasa usaha laundry Anda untuk jangkuan 1 kota. Maka iklan radio bisa Anda pilih.

Namun Anda harus siap dana lebih banyak lagi dibandingkan membuat sebuah brosur.

15. Menjadi sponsor dalam acara / event di daerah usaha Laundry kamu
Pernah kefikiran gak, kalau selama ini berbagai acara yang ada di sekitar daerah keberadaan bisnis Laundry kamu bisa dijadiin sebagai pusat promosi yang berbeda.

Selama ini jika ada perlombaan olahraga, kirab budaya, pesta buah, turnamen, lomba mancing, gowes, jalan sehat, lari marathon dan sebagainya kok rasanya kita hanya jadi peserta atau penonton saja.

Kok gak kepikiran ya buat ikut sponsor. Berapa sih biayanya ?

Besar kecilnya biaya tergantung dari panitia yang menyelenggarakan. Hubungi mereka dan tanyakan soal biaya sponsor.

Jika dirasa biaya tersebut cukup masuk dan on budget. Gunakan saja kesempatan emas tersebut.

16. Menjadi Penyedia sarana Fasilitas Umum / Fasilitas Bisnis
Cara promosi bisnis laundry nomor 16 ini dirasa hampir jarang sekali dilakukan. Namun, sebenarnya bisa mencontoh dengan beberapa perusahaan yang juga melakukan pola marketing dengan hal ini. Salah satu contoh kongrit yang mungkin Anda sering temui ialah adanya beberapa toko minimarket, warung yang papan nama usahanya terbuat dari banner dimana ada logo atau iklan usaha rokok. Selama identitas banner toko ini masih dipakai, selama itu pula iklan tersebut bisa dibaca oleh banyak orang. Termasuk orang2 yang lalu lalang belanja ke toko minimarket / kelontong tersebut.

Di sini, penyediaan sarana fasilitas yang diberikan pihak pengiklan ialah berwujud banner papan nama toko.

Ada juga sebuah tempat wisata, komplek kos, asrama dimana ada tempat2 sampah yang di bagian atas terdapat logo sebuah produk.

Bisa juga Anda menjadi penyedia papan mading di sekolahan, dengan selipan iklan logo yang tidak besar namun terlihat agar tidak terlalu mencolok namun mempunyai pesan marketing terhadap produk Anda.

Pilihlah jenis fasilitas yang ingin Anda berikan ke suatu pihak, baik instansi, pemilik usaha ataupun bisa juga ke lembaga.

Mungkin pemberian tersebut tidak selalu semua pihak bisa mudah menerima dengan adanya sematan selipan iklan di fasilitas tsb. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati. Karena, tak sedikit yang bersedia menerima fasilitas tsb, karena hal tsb juga tidak merugikan mereka… terkadang malah menguntungkan.

Apalagi jika Anda memberikan hadiah tambahan bagi yang mau menerima fasilitas tsb.

Apakah pemberian fasilitas ini membutuhkan biaya yang besar ?

Tergantung dari jenis benda apa yang ingin Anda berikan. Anda bisa menentukan besar kecilnya anggaran, dan tentukan sesuai dengan budget Anda.

17. Membuat Kalender Brand Laundry Anda
Jika kita membuat brosur kepada orang2 namun kadang tidak akan disimpan dirumah. Maka, pemberian fasilitas kalender kepada perorangan atau instansi ini dijamin akan disimpan. Karena, ini mempunyai fungsi dan akan ditaruh dalam sebuah papan tembok rumah masing-masing.

Tidak sedikit beberapa usaha Toko Besi, Toko Emas, bahkan juga agen tour di daerah Anda menyempatkan membuat kalender dan dibagikan kepada banyak orang.

Bagaimana dengan bisnis laundry Anda ? Padahal ini kesempatan yang bagus, kalender akan di simpan dan akan sering2 dilihat.

Tiap penerima kalender akan mengenal betul nama usaha Anda karena hampir sering melihatnya dirumah muncul iklan laundry Anda dalam sebuah kalender.

Kalender ada banyak sekali jenisnya, bahannya. Ada yang 1 kalender 5 halaman dengan 1 lembar isi 3 bulan, ada yang 1 lembar 1 bulan jadi total 12 lembar, ada pula yang 1 lembar isi full 12 bulan ( yang ini mungkin lebih low budget hehehe ).

Di percetakan ada banyak sekali penawaran katalog kalender beserta harga2nya.

18. Broadcast Message Online ( WA, SMS, Line, Bbm dan sebagainya )
Kak, kok dari tadi bahas tips2 promosi laundry yang berbayar ya, dan keluarin duit mulu. Ada gak sih yang gratis, yang keluar pulsa internet doang atau pulsa sms ? )

Yakni dengan broadcast message online..

Buatlah sebuah pesan promosi.., contoh :

”Telah dibuka Andini Laundry, Samping Bank Bri pasar,

harga per kilo hanya 2000 saja …

info lengkap WA : 0821-XXXX-XXXX”

Nah, Anda bisa kirim pesan masal ini ke seluruh kontak di aplikasi Whatsaap Anda, atau Line…

Masih kurang cukup banyak. Manfaatkan broadcast massage dari kontak pasangan, saudara, kerabat, atau bahkan pegawai untuk share isi broadcast Anda.

Sepertinya ide nomor 18 ini cemerlang sekali ya. Dan kayaknya bakal2 sering BC ya biar banyak pendaftar pelanggan baru yang masuk.

Coba bayangkan, 1 ponsel smartphone mempunyai 100 kontak, jika ada 10 ponsel yang dipakai untuk BC. Maka, iklan Anda akan tersampaikan kepada 1000 kontak.

Widiih kelihatan sederhana namun gak bisa dipandang sebelah mata kan ?

Nah, untuk BC melalui aplikasi online sendiri murah banget dibanding melalui sms. Tapi gak masalah, keduanya worth it kok…

19. Membuat Program Hadiah Bulanan / Tahunan yang diundi
Cara ke 19 ini sangat terbukti ampuh dalam meningkatkan jumlah pelanggan dengan jumlah yang signifikan dalam kurun waktu yang bertahap atau juga instan.

Terkadang banyak sekali para pelanggan rela membeli suatu produk bukan karena menginginkan produk tersebut, melainkan karena ingin mendapatkan keberuntungan hadiah yang ditawarkan perusahaan.

Anda mungkin sudah terbiasa melihat sebuah perusahaan Bank seperti BRI yang menawarkan hadiah undian mobil tiap musimnya. Cara ini efektif membuat banyak nasabah menjadi suka menabung dan suka meningkatkan saldo tabungan. Dan kita sangat mengapreasiasi strategi luar biasa ini.

Beberapa restoran menawarkan juga hadiah undian motor yang diberikan kepada tiap pelanggannya. 1 kali makan = 1 kupon, makin banyak kupon makin banyak kesempatan untuk menang.

Hadiah ini tidak harus selalu yang bernilai jual mahal. Terkadang hadiah dengan budget murahpun sudah cukup membuat pelanggan terus menggunakan produk jasa Anda.

Untuk usaha Laundry, Anda bisa pilih produk elektronik misalnya seperti kipas, radio, jam dinding, rice cooker… dispenser… semua item ini sudah cukup sangat menggebrak minat customer.

Cara ini selain bisa membuat pelanggan sering menggunakan jasa kita. Juga akan mendatangkan pelanggan2 baru karena tertarik dengan reward yang akan diundi di periode yang sudah Anda tentukan.

Pastikan Anda memberikan 1 kupon undian untuk 1kg nya, atau tiap kali memesan.

Berani memberikan hadiah lebih besar. Lebih besar lagi penjualan yang Akan Anda dapatkan. Seperti menawarkan smartphone dengan harga 1 juta hingga 3 juta. Atau sebuah Laptop… hemmm… bakal banyak yang ngiler deh.

Part nomor 19 ini harus siap dengan konsekuensi. Mau tidak mau, entah kita untung banyak atau tidak balik modal, kewajiban penyerahan reward / hadiah tetap harus kita berikan.

Buatlah sebuah perhitungan matang. Jenis hadiah apa dengan harga berapa yang tidak merugikan usaha ? Namun cukup menjanjikan.

20. Strategi Pricing Yang tepat

Ini ialah sebuah strategi untuk menentukan suatu harga yang tepat sesuai dengan kondisi kebutuhan di daerah Anda. Dalam menentukan tarif, kita harus jeli betul…

Kalau terlalu mahal… bisa berimbas dengan sepinya usaha.

Sebaliknya, jika itu terlalu murah. Orang akan berfikir, wah beneran gak nih… wah abal-abal gak nih….. kira2 kualitasnya buruk gak ya…

Lakukan konsultasi kepada yang ahli di bidang bisnis ini..

Atau Anda bisa berkaca dengan penentuan pricing dengan bisnis yang serupa dengan Anda.

Nah, berhubung sudah ada 20 ide yang kami tulis di sini. Rupanya akan kami tutup dulu pembahasan kali ini. Kami mohon maaf jika ada kekurangan yang Anda temui…

Terima kasih