Siapa yang tidak kenal panci presto signora? Panci presto dari brand ternama itu banyak menjadi bahan pembicaraan di kalangan chef ternama dunia. Pasalnya, panci presto yang didesain dengan teknologi modern ini memiliki beberapa fitur yang menggiurkan untuk memasak. Tidak hanya bisa untuk merebus saja. Panci presto signora juga memiliki fungsi lain yang tak kalah hebat.

Signora Pressure Cooker Untuk Memasak Lebih Cepat

Fungsi pertama panci presto adalah untuk memasak lebih cepat dan hemat energi. Waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan panci biasa dikarenakan memanfaatkan uap air dengan tekanan yang cukup tinggi. Proses pemasakan menggunakan panci presto signora dilakukan saat suhu mencapai titik didih atau 100 derajat celsius sehingga pematangan makanan akan membutuhkan waktu lebih cepat.

Memasak menggunakan panci presto membutuhkan waktu lebih cepat 30% dibandingkan dengan panci konvensional. Maka tak heran jika lebih hemat gas hingga 70 persen dibandingkan dengan panci biasa. Terlebih lagi jika digunakan untuk memasak daging. Tekstur daging akan lebih cepat empuk dan lembut.

Panci Presto Signora Untuk Kandungan Gizi Makanan yang Tetap Terjaga

Kandungan gizi dalam makanan yang dimasak akan terbuang melalui uap air. Semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk memasak, semakin banyak pula air dan uap air yang dihasilkan. Alhasil, akan banyak pula kandungan gizi makanan yang terbuang melalui uap air. Inilah alasan mengapa perlu menggunakan panci presto signora. Karena waktu memasak yang lebih singkat akan membantu mempertahankan kandungan gizi pada makanan tetap terjaga.

Selain itu, pemanasan yang tinggi menggunakan panci presto akan membantu membunuh berbagai bakteri dan virus yang ada pada bahan makanan. Saking panasnya panci ini hingga bisa melunakkan tulang pada ikan. Sehingga tulang yang penuh dengan kandungan kalsium bisa dimakan tanpa menimbulkan hal berbahaya bagi tubuh.

Cara Menggunakan Presto Signora

Setelah mengetahui apa saja fungsi panci presto signora, tentu langsung ingin tahu. Bagaimana kira-kira cara menggunakan panci ini. Perlu diketahui bahwa cara penggunaan panci presto tidak seperti panci pada umumnya. Ada cara-cara tersendiri yang wajib diikuti.

Cara pertama adalah dengan tidak mengisi panci secara penuh. Karena jika dipaksakan mengisi panci secara penuh, akan mengakibatkan pemanasan kurang maksimal dan makanan tidak akan matang secara sempurna.

Cara kedua terkait dengan penggunaan api. Ketika awal meletakkan di atas kompor, gunakan api besar. Tapi jika uap air sudah terdengar melengking, kecilkan api dan gunakan api kecil saja. Karena panci sudah menggunakan pemanasan maksimal.

Dan cara yang terakhir adalah jangan membuka panci jika uap air masih terdengar melengking. Karena jika dipaksa membuka, maka akan terdengar bunyi ledakan akibat tekanan udara dalam yang masih tinggi. Jadi bukalah panci presto signora saat desisan uap air sudah tidak terdengar lagi.