Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merekomendasikan Google Kelas sebagai platform pembelajaran online sepulang kerja dari rumah (WFH) karena pandemi virus corona (Covid-19). Apa saja fiturnya dan bagaimana Google Classroom digunakan?

Google Classroom adalah layanan dalam produk G Suite Education yang dapat diakses di web atau didownload melalui aplikasi seluler.

Karena Google Kelas adalah bagian dari G Suite, ini mengacu pada Google Drive, Kalender, Jamboard, Formulir, Hangouts Meet, Dokumen, Spreadsheet, Dukungan Slide, dan Gmail. Artinya, semua layanan ini terhubung dalam proses pembelajaran di kelas.

Google Kelas memungkinkan guru dan siswa untuk berinteraksi dan membuat pembelajaran online lebih produktif. Platform yang dirilis pada 12 Agustus 2014 ini dapat menyederhanakan tugas, meningkatkan kolaborasi, dan meningkatkan komunikasi.

Menurut Google, Kelas akan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih produktif. Platform ini dikembangkan bekerja sama dengan guru untuk menghemat waktu, mengatur pelajaran, dan meningkatkan komunikasi dengan siswa.

Google Kelas juga memiliki fitur yang memudahkan pengajar dan siswa untuk menggunakannya. Siswa dapat menggunakan kode tersebut untuk menghadiri kelas dan mengundang asisten pengajar ke kelas.

Kemudian semua materi dan tugas juga dapat dikelola dengan baik dengan dukungan Google Drive sebagai media penyimpanan folder. Selain itu, materi dan tugas seperti video YouTube, polling Google Formulir, PDF, dan item lainnya dapat ditambahkan melalui Google Drive.

Siswa juga dapat mengakses materi seperti dokumen pendaftaran, kurikulum atau teks online dan melihat tugas yang akan datang melalui Google Kalender. Ini juga memudahkan guru untuk melihat siapa yang telah menyelesaikan tugas dan siapa yang belum, termasuk memberikan nilai dan umpan balik secara real-time.

Dengan Google Kelas, interaksi antara siswa dan guru dapat dibuat lebih efektif. Yang paling penting adalah platform ini terjangkau dan aman karena disediakan secara gratis dan tidak pernah menggunakan konten pengguna atau data siswa untuk tujuan periklanan.

Itulah cara google classroom bekerja untuk kita-kita, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih sudah membaca.

Selengkapnya tentang panduan menggunakannya: https://www.hops.id/cara-google-classroom.