PT Dongin Prabhawa (DP), anak perusahaan dari Tunas Sawa Erma (TSE) Grup, memberi kontribusi peralatan sekolah ke 380 pelajar/siswi di teritori Merauke dan Mappi, Papua pada Senin (9/8) sampai Kamis (12/8). Kontribusi ini menjadi satu diantara usaha perusahaan dalam menggerakkan semangat belajar anak-anak pedalaman di tengah-tengah limitasi kegiatan pada periode wabah Covid-19.

Tipe kontribusi yang diberi bermacam, dari 112 buku gambar A4, 932 buku gambar A3 dan 997 pak buku tulis. Lebih dari 112 buah pensil warna, 25 ribu pensil, 550 buah penghapus, 784 penggaris,  684 goodie bag dan 912 buah rautan ikut didistribusikan.

Semua kontribusi dibagi secara rata ke pelajar/siswi di empat sekolah, yaitu SD Negeri Inpres Banamepe, SD YPK Salamepe, SD YPK Nakias dan SD YPK Tagaepe. Peralatan sekolah ini diharap dapat menolong anak-anak dalam menuntut pengetahuan di dalam rumah selama saat wabah Covid-19. Seperti kita ketahui bersama, bahwa media pendidikan seperti alat tulis, tas, dan alat sekolah juga fasilitas, sarana dan prasarana diwilayah Merauke dan Mappi masih sangat minim. Ditambah lagi dengan adanya wabah covid 19, distribusi hal tersebut, menjadi terhambat. Sehingga perusahaan berinisiatif untuk memberikan perhatian lebih terhadap pendidikan di daerah tersebut.

Aktivitas ini disongsong baik oleh guru dan pelajar/siswi. Kepala Sekolah SD YPK Tagaepe Lodwik Blamen berterima kasih atas kontribusi yang telah diteruskan. “Kami benar-benar suka. Ini ialah awalnya untuk menolong kami untuk penuhi keperluan perlengkapan di sekolah. Puji sukur Tuhan masih memberi jalan untuk kita bekerja bersama,” katanya.

Penyerahan kontribusi alat catat dan buku gambar jadi sisi dari Corporate Social Contribution (CSC) TSE Grup lewat anak-anak perusahaannya yang memiliki komitmen untuk tingkatkan kualitas sumber daya manusia Papua. Satu diantaranya lewat pemerataan akses pengajaran.

Awalnya, perusahaan yang beroperasi di sektor perkebunan kelapa sawit ini telah teratur memberi kontribusi di bagian pengajaran. Salah satunya salurkan beasiswa ke pelajar/siswi tingkat SD sampai perguruan tinggi dan memberi gaji ke tenaga pendidik di pedalaman Papua.

Serangkaian program ini sebagai wujud bentuk kepedulian perusahaan pada kesejahteraan warga sekitaran tempat perusahaan.