Di bawah ini kami akan membahas cara untuk mengoptimalkan setiap halaman di situs web Anda untuk meningkatkan peluangnya ditemukan oleh Google dan muncul dalam pencarian yang relevan.

  1. Optimalkan Judul

Judul adalah teks hyperlink halaman Anda yang muncul di hasil pencarian. Judul penting untuk peringkat SEO karena judul adalah hal pertama yang dilihat pengguna saat memindai halaman hasil untuk melihat hasil mana yang akan diklik.

Untuk meningkatkan SEO situs web Anda , setiap halaman membutuhkan judul dan setiap judul harus:

Menarik: Judul SEO Anda harus menonjol bagi pengguna yang mencari informasi di halaman Anda.

Akurat: Judul SEO Anda harus mencerminkan tentang halaman tersebut, dan tidak boleh membuat janji apa pun hanya untuk memikat pengunjung.

Untuk perusahaan yang tidak memiliki Tim SEO Website sendiri, sebaiknya menggunakan Layanan SEO Bulanan untuk memastikan ranking websitenya, lihat penjelasan disini: www.seoelite.id/seobulanan

Ringkas: Mesin pencari hanya menampilkan 65-75 karakter pertama dari tag judul Anda di hasil pencarian.

Dalam bahasa yang lebih teknis, judul halaman web Anda dalam kode HTML adalah tag <h1>. Google melihat tag <h1> dari sebuah halaman untuk mengkategorikan, mengindeks, dan menyajikan halaman Anda dengan benar untuk pencarian yang sesuai. Oleh karena itu, judul Anda harus mengandung:

Kata kunci: Setiap halaman harus menargetkan kata kunci yang berbeda. (Kita akan membahas kata kunci nanti di artikel ini.)

 

  1. Optimalkan Meta Description

Deskripsi meta, atau deskripsi SEO, untuk halaman web adalah uraian kecil yang muncul di bawah judul dalam hasil pencarian. Deskripsi meta memberi pengguna gambaran tentang halaman Anda, membantu mereka dengan cepat memutuskan apakah halaman Anda berisi informasi yang mereka cari (dan karena itu apakah akan mengkliknya dari halaman hasil mesin pencari).

Untuk meningkatkan SEO Anda, pastikan setiap halaman di situs web Anda memiliki deskripsi meta, dan pastikan setiap deskripsi meta:

Secara singkat mencakup tentang apa halaman itu.

Ditulis dalam konteks apa yang pembaca akan dapatkan darinya.

Berisi kata kunci yang ditargetkan halaman tersebut.

Deskripsi meta yang solid akan mengarahkan lalu lintas yang lebih relevan ke halaman situs web Anda dari daftar hasil mesin pencari — yaitu, pengguna yang akan tetap berada di halaman Anda begitu mereka tiba dan melihat halaman lain di situs Anda (sehingga mengurangi rasio pentalan yang dapat berdampak negatif pada Anda peringkat SEO).

  1. Optimalkan Gambar dengan Teks Alt

Menambahkan gambar pendukung ke halaman situs web Anda meningkatkan pengalaman pengguna halaman itu dan membuatnya lebih disukai di mata Google. Namun, Google tidak dapat melihat gambar; dibutuhkan alternatif teks dari gambar tersebut untuk dapat mendeteksi dan memahami apa yang diwakilinya (karenanya istilah “teks alt” atau “tag alt”).

Untuk meningkatkan SEO situs web Anda melalui gambar , pastikan Anda menandai setiap gambar yang Anda unggah ke situs web Anda dengan tag alt/ teks alt. Dengan cara ini, Google dapat membaca gambar, mengumpulkan bukti lebih lanjut tentang relevansi halaman Anda, dan juga mengindeks gambar untuk pencarian gambar saja.

Sama seperti tag judul dan deskripsi meta, teks alternatif harus berisi kata kunci yang relevan dengan halaman yang diketik pengguna ke dalam kotak pencarian. (Sekali lagi, kami akan membahas kata kunci secara lebih mendalam nanti.)

  1. Tautkan Halaman Situs Web Anda Secara Internal

Tautan internal adalah tautan di halaman situs web Anda yang mengarah ke halaman lain situs web Anda. Google menyukai situs web yang halamannya ditautkan secara internal karena ini menciptakan jaringan yang koheren sehingga dapat dijelajahi dengan lebih mudah. Google juga menyukai tautan internal karena menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya.

Untuk anda yang baru belajar seo, sebaiknya pahami cara kerja seo terlebih dahulu. Barulah masuk pada tahapan sEO Website berikutnya.

Ketika pengguna dapat menavigasi situs Anda dengan mudah, mereka menghabiskan lebih banyak waktu di sana, terlibat lebih banyak, dan lebih mungkin untuk kembali — mengirimkan sinyal ke Google bahwa halaman Anda bernilai, yang akan meningkatkan SEO Anda.

  1. Bersihkan URL Anda

URL Anda adalah alamat setiap halaman di situs web bisnis Anda. URL muncul di bawah judul dalam hasil penelusuran, jadi penting untuk memastikannya bersih dan terlihat aman bagi para pencari.

Misalnya, URL yang berantakan dengan angka dan huruf, seperti localiq.com/34948_39879_jef890 adalah:

Membingungkan: Tidak mudah dibaca dan sulit diingat.

Tidak jelas: Tidak menunjukkan tentang apa halaman tersebut.

Tidak dapat dipercaya: Banyak angka dan huruf dapat terlihat seperti spam, dan pengguna tidak tahu ke mana mengklik tautan ini akan membawa mereka.

URL yang bersih, di sisi lain, seperti localiq.com/blog/seo-website-design mudah dibaca, jelas tentang apa halaman itu, dan menciptakan risiko minimal bagi pengguna. Dengan gagasan yang jelas tentang ke mana URL itu akan membawa mereka, mereka cenderung mengkliknya. Lebih banyak lalu lintas dan lebih banyak kepercayaan diterjemahkan ke peningkatan SEO .

  1. Sertakan Kata Kunci di URL Anda

Pastikan juga untuk menyertakan kata kunci yang Anda targetkan di URL halaman Anda. Ini memberikan lebih banyak bukti kepada Google mengenai konten dan relevansi setiap halaman. Selain itu, saat menautkan ke halaman lain melalui teks jangkar, cocokkan teks jangkar ke URL sebanyak mungkin. Ini membantu pengguna menavigasi situs Anda dengan lebih percaya diri dan mudah, dan mempromosikan kepercayaan, koherensi, dan konsistensi — semuanya berfungsi untuk meningkatkan SEO dan peringkat Google Anda.