Sejak kebijakan bekerja dari rumah diberlakukan, kini banyak orang yang mulai memanfaatkan berbagai fitur digital untuk memaksimalkan pekerjaan mereka dengan lebih mudah dan baik. Salah satunya adalah untuk menggunakan fitur screen share Zoom melalui komputer PC atau HP yang Anda gunakan. Untuk menggunakan fitur ini Anda harus tau harga zoom premium per bulan. Bayar zoom premium Anda dengan Payor. Lalu bagaimana cara untuk memanfaatkannya dengan benar?

Cara Melakukan Screen Share Zoom Via Komputer atau HP

Salah satu jenis aplikasi yang saat ini banyak digunakan adalah aplikasi video conferencing. Di dalamnya terdapat fasilitas Zoom yang banyak dimanfaatkan untuk melakukan pertemuan secara online. Anda juga memiliki kesempatan untuk berbagi tampilan layar Zoom Anda pada semua orang yang hadir dalam pertemuan Zoom tersebut. Berikut adalah beberapa cara untuk berbagi layar Zoom dengan menggunakan perangkat komputer.

  1. Menjadi Host

Langkah yang pertama harus Anda lakukan adalah untuk menjadi host  dalam pertemuan online Zoom tersebut. Dengan begitu Anda akan secara otomatis sudah mendapatkan izin untuk berbagi layar Zoom pada peserta lainnya dalam pertemuan tersebut.

  1. Pilih materi pertemuan online

Langkah berikutnya adalah untuk membuka materi yang akan dipresentasikan di depan peserta dalam pertemuan online Zoom tersebut.

Buka aplikasi Zoom

Pada layar utama yang ada di aplikasi Zoom Anda bisa mengklik menu Share Screen yang berada di tengah bawah bagian layar komputer Anda. Kemudian layar akan memberikan tampilan beberapa menu layar yang ingin Anda bagikan kepada peserta lainnya seperti menu layar papan tulis, file materi zoom dan lain sebagainya.

Setelah Anda memilih jenis file untuk pertemuan online kemudian Anda bisa mengklik menu Start yang berada di ujung bawah kanan dari layar komputer Anda.

  1. Berbagi layar dimulai

Setelah langkah screen share Zoom tersebut dilakukan maka secara otomatis semua peserta pertemuan online zoom tersebut bisa melihat file yang Anda bagikan melalui berbagi layar tersebut. Anda juga bisa menghentikan langkah berbagi layar dengan cara mengklik menu Stop Share.

Cara Berbagi Layar dengan Menggunakan Perangkat HP

Jika Anda melakukan berbagi layar pertemuan online Zoom dengan peserta lainnya menggunakan perangkat HP, maka akan secara otomatis melakukan perekaman keseluruhan layar HP milik Anda. Maka dari itu Anda harus sangat berhati-hati jika sedang melakukan akses pada informasi pribadi melalui HP Anda pada saat kegiatan berbagi layar dilakukan.

Untuk melakukan kegiatan berbagi layar yang baru pertama kali dilakukan, maka sebelum masuk ke pertemuan online Anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini :

  • Buka aplikasi Zoom yang ada dan terinstall di perangkat HP Anda kemudian login dengan menggunakan akun Zoom yang sudah Anda miliki
  • Lakukan klik pada tombol Share yang ada atau terletak di bagian kanan atas layar HP Anda
  • Kemudian masukkan kode pertemuan online dari meeting yang akan Anda ikuti kemudian tekan menu OK.
  • Masukkan kode password pada kolom yang sudah tersedia kemudian klik OK.
  • Aplikasi zoom akan memberikan notifikasi bahwa Zoom akan melakukan perekaman pada semua aktivitas yang dilakukan pada HP Anda selama kegiatan berbagi layar dilakukan
  • Klik menu Start Now untuk memulai proses berbagi layar pertemuan online Anda
  • Jika Anda baru pertama kali ini melakukan kegiatan berbagi layar pertemuan online Zoom melalui perangkat HP, maka Anda akan diminta untuk memberikan akses pada Zoom untuk melakukan berbagi layar tersebut.
  • Cara tersebut bisa Anda lakukan dengan slide bar yang ada di sebelah kanan kemudian klik tombol Back di HP Anda untuk kembali ke aplikasi Zoom

Kini Anda sudah bisa melakukan kegiatan untuk screen share Zoom dengan mudah dan lancar.